Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jadi Agen Lazada Express Terdekat di Kotamu

Menjalin kerjasama dengan pihak Lazada bisa menambah penghasilan. Karena salah satu ecommerce terbesar di Indonesia ini juga menawarkan kerjasama dalam bentuk keagenan. Kamu bisa menjadi agen dari salah satu layanan ekspedisi yang dimiliki oleh Lazada Express atau yang sering disingkat dengan LEX. Lalu bagaimana prosedu dan syarat lengkapnya? Berikut ini kosngosan akan bahas untuk kalian

Cara jadi Agen LEX Lazada terbilang cukup mudah.Jadi sistem kerjanya seperti ini, kamu bekerjasama sebagai Porter dengan Lazada, kamu akan dengan mudah mendapatkan penghasilan tambahan dengan menerima paket kiriman ini dari Lazada Seller yang ada di sekitar lokasi sekitarmu. Jadi usaha ini sangat potensial di daerah yang punya transaksi online besar, apalagi pengguna lazada.

Tapi untuk mendaftar juga tidak sembarangan lho. Kalau kamu sudah mendaftar, apa langkah selanjutnya? Nnati pihak lazada akan melakukan proses seleksi dan memilih beberapa Agen yang terbaik untuk menjadi Lazada Station.

Apabila sobat kosngosan memang terpilih nantinya, maka kamu bisa melakukan investasi sesuai dengan persyaratan awal. Tapi jangan khawatir, investasi ini bisa dikatakan sebagai modal awal kamu untuk perlengkapan operasional.


Panduan Cara Jadi Agen Lazada Express

agen lazada express

LEX atau Lazzada Express merupakan jasa ekspedisi keluaran dari Lazada. Sedangkan Agen Lazada Express serupa dengan Drop Of Point (DOP) yakni titik lokasi atau checkpoint pengiriman barang yang diturunkan sebelum sampai ke tangan customer. Bagi kalian yang tertarik untuk menjadi agen atau mitra Lazada Express, simak panduan dan langkah-langkah menjadi agen Lazada Express dibawah ini.

Baca juga : Cara Mencairkan Lazada Paylater


1. Kunjungi station.lazada.co.id pada browser laptop atau komputer milikmu.

Pastikan sudah mendownload aplikasi Lazada di android kamu agar saat proses pendaftaran tidak perlu log in, untuk menjadi agen LEL Express kita tidak harus menjadi seller Lazada terlebih dahulu. 

Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mendaftar adalah dengan mengunjungi website Lazada Station dengan alamat station.lazada.co.id. Pastikan koneksi internet lancar saat membuka website tersebut.


2. Pilih Opsi untuk Menjadi Mitra

Kemudian pada laman yang tertera tersebut akan muncul opsi-opsi seperti : 1) Jadilah Mitra Kami, 2) Cari tahu Seller Drop off, 3) Cari tahu Paket Sendiri. Pertama adalah opsi tentang informasi data pribadi untuk mendaftar kemitraan di Lazada. Kalian cukup klik “Jadilah Mitra Kami”. 

Kemudian ada info tentang seller Drop-off berisi persyaratan kemitraan seperti persyaratan umum dan persyaratan tambahan yang akan dijelaskan pada artikel dibawah ini. Pelanggan juga dapat mengambil sendiri paket mereka di lokasi DOP yang sudah terdaftar pada jaringan LazStation.

Misalkan lokasi DOP milik kamu berada di pusat kota, alih-alih mengirim paket langsung ke rumah, mereka dapat mengambil paket di lokasi DOP agen sesuai keinginan konsumen. Asalkan DOP sudah terdaftar di titik GPS LazStation, maka pelanggan bebas menentukan di titik mana akan mengambil paketnya secara langsung.


3. Isi Data-data Pribadi

Pada saat kalian ‘menglik’ Jadilah Mitra Kami otomatis akan muncul beberapa data pelamar yang harus diisi seperti:

a) Nama Lengkap (nama depan dan nama belakang), menjadi bagian dari kemitraan suatu perusahaan besar, apalagi Lazada adalah salah satu ecommerce terbesar di Asia Tenggara tentu data diri seperti nama sangatlah diperlukan. 

Kalian cukup mengisi kolom dengan nama depan dan nama belakang sesuai yang tertera di KTP. Namun pada registrasi untuk menjadi agen LEL Express tidak ada persyaratan untuk mengupload KTP maupun KK, karena proses pengecekan dokumen pribadi akan dilakukan langsung oleh tim dari Lazada yang datang ke lokasi DOP anda.

b) Contact Number atau nomor telepon, seperti biasa untuk melakukan registrasi apapun nomor telepon sangat diperlukan. Pastikan kamu tidak salah memasukkan kode telefon negara kita tercinta ya.. ingat (+62).

c) Alamat Email, selain nomor telefon konfirmasi bahwa kalian sudah bergabung dengan kemitraan Lazada Express atau LEL Express lewat alamat email. Alamat email yang dicantumkan dapat dari berbagai macam domain, baik berupa gmail, yahoo maupun dari domain lain.

d) Nama Toko (biasanya diberi nama sesuai dengan lokasi alamat), dapat berupa nama desa, nama kecamatan, bahkan nama kabupaten atau kota. Misalnya kalian tinggal di Desa Sukoharjo, maka nama toko kalian bisa seperti ini “Agen LEL Express DOP Lazada Sukoharjo”

e) Alamat Toko (disediakan dua kolom opsi alamat untuk alamat satu dan alamat dua, kemudian isi kolom Kota, Provinsi, Negara dan Kode Pos), usahakan dalam pengisian alamat toko disertakan dengan nomor jalan agar lebih jelas. Kemudian dalam pengisian alamat bisa hanya diisi satu saja apabila ingin mendaftarkan lebih dari satu toko dapat diisi keduanya.

f) tertarik dengan peluang kemitraan* ada dua opsi pilihan yakni : 1) Layanan Drop-off, dan 2) Collection Point. Bedanya adalah pada Collection Point tidak memiliki layanan pengiriman paket langsung ke penerima. 

Biasanya Collection Point ini adalah seller yang memiliki orderan sangat banyak sehingga untuk proses pengiriman barang dilakukan secara kolektif. Jadi bagi kalian yang berminat untuk menjadi agen silahkan pilih opsi ke 1 atau “Drop-off”,

g) apakah anda seller marketplace Lazada?* tinggal pilih ya atau tidak, dan terakhir

h) Informasi lainnya berkaitan dengan toko, tambahkan keterangan-keterangan lain yang dapat mendukung pelayanan toko. 

Misal toko anda siap melayani hingga berapa kota, atau pelayanan khusus yang anda berikan kepada setiap customer entah memberikan packing buble wrap pada setiap paket atau memberikan layanan packaging kayu untuk barang-barang yang fragile. Setelah data-data selesai diisi klik ‘kirim’.


4. Kunjungan ke Lokasi dan Pelatihan

Informasi pribadi yang telah kalian isi selanjutnya akan menunggu konfirmasi. Apabila data-data selesai terkonfirmasi langkah berikutnya adalah kemungkinan besar tempat kalian akan kedatangan agen khusus dari pihak Lazada. 

Kedatangan agen tersebut bertujuan untuk mengaudit bangunan yang akan dijadikan lokasi agen LEL Express dan akan diberikan pelatihan tentang proses operasional secara langsung dan penggunaan aplikasi logistik Pickmee.


5. Tunggu proses selesai

Tinggal menunggu pihak dari Lazada menghubungi dan proses kemitraan akan siap diaktifkan apabila proses onboarding atau penyesuaian kemitraan telah selesai.

Pada laman station.lazada.co.id/ dijelasakan adanya persyaratan untuk menjadi mitra dari Lazada Express dengan branding LEL Express ini diantaranya :


Persyaratan umum

1) Diwajibkan untuk memiliki CCTV

2) Diwajibkan menggunakan komputer desktop atau ponsel android dengan koneksi minimal 3G atau WiFi

3) Diwajibkan untuk memiliki akses jalan yang cukup agar dapat mem-pick up barang

4) Disarankan menggunakan koneksi internet yang memadai atau koneksi internet pribadi

5) Lokasi minimal gudang dapat muat untuk 200 paket barang, dan mobil pick up dapat melaui gudang

6) Maksimal jarak dari agen lain adalah 2 KM


Jam Operasional dan Tempat

1) Collection Point (CP) : jam operasional minimal delapan jam perhari dari hari Senin hingga Jumat. Luas area penyimpanan minimal 1 m3

2) Drop off Point (DOP) untuk agen: jam penyimpanan setidaknya minimal sembilan jam perhari dari hari Senin sampai dengan Jumat, dan hari sabtu lima jam per hari. Luas lokasi minimal 1.5 m x 0.6 m x 0.6 m

Kenapa lokasi yang mumpuni sangat diutamakan dalam pendaftaran menjadi kemitraan LEL Express ? karena ekspedisi tersebut mengedepankan pengiriman barang B2C (Business To Consumen) dari pick up barang sortir barang hingga pengiriman kepada konsumen. 

Berkarir menjadi mitra Lazada Express juga memiliki berbagai macam keuntungan diantaranya : Memiliki penghasilan yang bersaing hingga 10 juta per bulan, terbuka untuk semua jenis gender, mendapatkan insentif untuk pengiriman harian, pihak LEL Express juga menawarkan asuransi kesehatan dan jiwa, selain itu mitra akan difasilitasi berbagai macam pelatihan termasuk sertifikasi mengemudi untuk kurir.

Cara lain untuk menjadi agen Lazada Express apabila bukan seller dan ingin memiliki lebih dari satu agen ecommerce adalah dengan mendaftar menjadi agen Wahana Express. Setelah terdaftar, kamu dapat mendaftar lagi untuk menjadi agen LEL Express Drop Of Point (DOP) dan Shopee Express


Kata Penutup

Sebagai salah satu platfrom belanja online terbesar di tanah air, Lazada akan selalu berusaha untuk mengoptimalkan kemampuan dalam kecepatan pengiriman barang miliknya kepada para konsumen. Untuk itu, pihak Lazada pun mengandalkan Lazada Express atau yang disingkat dengan (LEX). 

Jadi kalau kamu tertarik bekerja sama dengan pihak LEX, kamu bisa mengajukan diri sebagia agen resmi di daerah kamu tinggal. Terimakasih sudah berkunjung, dan jangan lupa untuk share artikel ini ke sosial media kalian

Oleh rezaharahap