Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membeli Token Listrik di Shopee Terbaru

Apakah kamu ingin membeli token listrik dengan mudah dan tanpa ribet? Kamu bisa membelinya di salah satu e commerce terkenal yang ada di indonesia, yaitu shopee. kenapa beli token listrik di shopee? salah satu kelebihan membeli kebutuhan mu di platfrom ini adalah kemudahan yang bisa dilakukan lewat smartphone dan di dalam rumah.

Bagaimana pengalaman beli token listrik di shopee? nah kali ini kosngosan akan membahas beberapa panduan bagaimana kita membeli kebutuhan sehari hari seperti produk token PLN ini.

Kalau ditanya beli token listrik di shopee dapat berapa kwh? Kalau kamu beli token listrik 200k bisa dengan harga 195.500, untuk token listrik 200k bisa 137 kwh, kalau beli token listrik 100k kamu bisa dapat setengahnya dari 200k, beli token listrik 50k dapat seperempat dari 200.000


Cara Membeli Token Listrik di Shopee

token listrik shopee

Shopee sebagai salah satu e-commerce yang paling banyak diminati di Indonesia selain menyediakan fitur jasa jual beli online dan games online ternyata juga menyediakan fitur pembayaran dan berbagai macam kebutuhan tagihan

Diantaranya adalah tagihan air, tagihan internet serta tagihan listrik. Ulasan tentang panduan cara membeli token listrik di shopee akan dijabarkan pada artikel kosngosan berikut ini.

Pembelian token listrik secara umum lewat aplikasi dapat dibeli melalui langkah-langkah berikut:

Baca juga : Cara Mendapatkan Gratis Ongkos Kirim


1. Download dan Install Splikasi Shopee

Bagi kalian yang belum mendownload aplikasi shopee sebaiknya melakukan penginstallan dan registrasi dengan membuka google play. Kemudian isi data diri seperti biasa.


2. Pilih Menu Pulsa, Tagihan dan Hiburan

Dihalaman awal atau beranda aplikasi, langsung saja klik ikon yang bertuliskan Pulsa, Tagihan dan Hiburan. Selanjutnya akan muncul beberapa opsi dalam kategori ‘isi ulang’, ‘tagihan’, ‘hiburan’, ‘keuangan’, ‘tiket’, dan ‘layanan’. Cukup klik ikon bohlam lampu dengan judul listrik PLN.


3. Masukkan ID Pelanggan

Laman tersebut akan menampilkan opsi untuk membeli listrik menggunakan token dan listrik pascabayar dengan memasukkan tagihan listrik, maka langsung pilih pembelian dengan token listrik. Isilah kolom yang bertuliskan No. Meter/ No. Pelanggan dengan nomor tagihan, atau klik simbol kotak paling kanan untuk memasukkan nomor pelanggan dengan barcode.


4. Pilih Nominal yang Diinginkan

Nominal yang telah disediakan pihak Shopee untuk melakukan pembelian token sangat bervariasi diantaranya Rp. 20.000, Rp. 50.000, Rp. 100.000, Rp. 200.000, Rp. 500.000, Rp. 1000.000, Rp. 5.000.000, Rp. 10.000.000 dan yang terakhir hingga Rp. 50.000.000.

Permintaan tidak dapat diproses apabila melebihi limit yang telah ditentukan, kecuali melakukan pembelian sebanyak dua kali atau lebih. Jangan lupa untuk mengklaim voucher yang tersedia. Biasanya untuk pembelian token listrik akan dikenakan harga normal.

Namun bila kalian menggunakan voucher akan mendapat potongan beberapa persen, misal untuk pembelian Rp. 100.000 dengan potongan 3% kalian cukup membayar dengan harga Rp. 96.950. Bila sedang ada flash sale, ada potongan hingga mencapai 14% contoh dengan pembelian token sebesar Rp. 20.000 cukup membayar Rp.17.250 saja.


5. Pilih Metode Pembayaran

Setelah memilih nominal yang diinginkan, klik tombol lanjut. Kemudian akan ditampilkan beberapa menu untuk pembayaran, diantaranya adalah Shopeepay, Transfer lewat ATM melalui beberapa bank seperti BCA, BNI, BRI dan beberapa bank lain.

Bila sobat kosngosan memilih untuk melakukan pembayaran melalui transfer bank, maka akan dikenakan biaya administrasi pembayaran sebesar Rp. 2.750, lain cerita jika bayarnya menggunakan Shopee pay, maka pembayaran akan dilakukan tanpa biaya tambahan bahkan biasanya mendapatkan potongan harga.

Selain itu, bila kalian sedang tidak ada anggaran untuk membeli Shopee pay maupun melakukan pembayaran lewat ATM, Shopee Pay Later mungkin dapat menjadi alternatif bagi kalian. Dengan metode pembayaran ini, kalian dapat membeli token listrik dengan cara ‘hutang’.

Eits, jangan lupakan batas pembayaran tagihan kalian yaa supaya tidak dikenakan bunga. Selain tiga metode pembayaran diatas, pembelian token listrik dapat dilakukan di minimarket seperti Alfamart dan Indomaret/i.saku.


6. Transaksi Akhir

Setelah melakukan pembayaran, jangan lupa untuk mengecek nomor token dengan cara mengklik tombol pesanan. 

Proses transaksi akan berjalan lebih cepat jika kalian menggunakan Shopee pay. Untuk batas pembelian token listrik tidak dapat dilakukan selama 24 jam, sesuai dengan kebijakan PLN yang meng-offline kan pembelian listrik dari pukul 23.00-01.00.

Proses pembelian token setelah melakukan pembayaran terhitung sangat cepat, tidak sampai satu menit saat token dibayar menggunakan Shopee pay, saldo token listrik kalian akan langsung terisi.

Selain cara diatas, ada cara lain untuk melakukan pembelian token listrik di Shopee yakni melalui pihak kedua atau seller, caranya adalah :

1) Setelah membuka aplikasi Shopee, ketik Token PLN atau Token Listrik di kolom pencarian.

2) Kemudian pada hasil pencarian akan ditampilkan beberapa opsi toko yang menjual token listrik, hampir mirip dengan hasil pencarian saat kita ingin membeli pulsa via seller di Shopee.

3) Tentukan toko mana yang akan kita gunakan jasanya, perhatikan penilaian customer dengan membaca review toko, bintang dan performa chat.

4) Sebelum melakukan pembelian, alangkah baiknya apabila kita mengkonfirmasi ulang ketersediaan token pada seller dengan mengirim pesan melalui vitur chating yang tersedia di aplikasi.

5) Jika sudah terkonfirmasi atau ‘fix’bahwa token dengan nominal yang kita inginkan tersedia, maka lanjutkan ke langkah ‘beli sekarang’

Dan apabila sudah memesan tinggal melakukan check out. Pastikan nominal yang kalian pilih sudah benar dan langkah sleanjutnya tinggal mengikuti metode pembayaran seperti biasanya di Shopee.

6) Metode pembayaran juga dapat dilakukan dengan berbagai macam cara yakni dengan Shopee pay, kartu kredit/debit, minimarket (Alfamart atau Indomaret), lewat ATM atau Internet banking.

7) Bila kalian memilih untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan internet banking, maka akan secara otomats terkonfirmasi saat sudah melakukan transfer.

8) Apabila pesanan sudah masuk, dan pembayaran selesai di konfirmasi oleh pihak Shopee, berikutnya kalian harus melakukan chatting dengan pihak seller untuk mengirimkan nomor meteran listrik atau nomor ID pelanggan.

9) Setelah nominal token sudah masuk, lakukan pegisian token listrik ke meteran untuk memastikan kesesuaian KWH yang kita terima dari seller.

‘Make sure’ sebelum melakukan pembelian untuk mengecek kembali nilai KWH yang akan kita dapat, misal pembelian token Rp.200.000 akan mendapat berapa KWH, RP.300.000 mendapat berapa, serta nominal-nominal lain.

10) Biasanya harga token di setiap daerah berbeda-beda bergantung seberapa besar pajak penerangan jalannya. Apabila token listrik sudah berhasil masuk, kalian dapat langsung mengkonfirmasi pesanan sudah di terima dengan mengklik tombol pada aplikasi.

Langkah ini bertujuan supaya uang yang sudah kita transfer ke aplikasi dapat langsung dibayarkan menuju seller. Dalam melakukan pembelian token listrik melalui pihak ketiga, hal yang paling penting dan harus diperhatikan adalah konfirmasi nominal dan konfirmasi barang yang sudah diterima.

Selama konsumen berhati-hati dan banyak melakukan cross check ulang sebelum membeli token, maka sudah dipastikan metode untuk membeli token listrik Shopee via pihak ketiga ini aman dilakukan.

Bukti pembayaran atau invoice saat melakukan pembelian token listrik melalui aplikasi Shopee dapat dilihat dengan cara mengklik rincian pesanan dan donwlaod struk pembayaran yang terdapat pada bagian bawah informasi pesanan diterima.

Sedangkan untuk mencetak struk pln dapat dilakukan dengan cara mengklik link download struk pembayaran yang telah disebutkan diatas. Kemdian akan muncul bukti berupa PDF. File tersebut dapat dikirim melalui Google Drive maupun aplikasi lain, tinggal cetak seperti biasa.

Selain langkah-langkah pembelian diatas, terkadang dalam melakukan transaksi secara online akan mengalami beberapa kendala seperti gangguan sistem jaringan yang akan menyebabkan pembelian token tidak dapat langsung di proses, apabila tejadi hal yang demikian segera hubungi Call Center Shopee untuk memberikan solusi permasalahan.

Baca juga : Kegunaan ShopeePay dan ShopeePay Later


Kata Penutup

Saat ini memang tidak harus repot melakukan pembayaran tagihan Listrik secara manual ke tempat pembayaran. Kamu bisa melakukan pembelian token misalnya secara online ke e commerce terkenal seperti shopee.

Buat sobat kosngosan yang membutuhkan jasa pembayaran seperti ini, juga tersedia layanan membayar tagihan lainnya yang mungkin bisa bermanfaat. Demikian turorial dan solusi yang memanjakan kalian ini, semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian

Oleh rezaharahap