Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Contoh Sikap Menghargai Diri Sendiri

Contoh menghargai diri sendiri merupakan perbuatan yg seharusnya dilakukan setiap hari, terutama sebelum menghargai orang lain. Perilaku yg menjadi bagian dari upaya mewujudkan "self love" dan meningkatkan kepercayaan diri. Mungkin kalian pernah merasa selama ini belum sepenuhnya menghargai diri sendiri, tidak jujur pada diri sendiri, jarang memberikannya reward atas pencapaian pribadi, dan juga masih susah untuk memaafkan diri sendiri atas kesalahan yg pernah diperbuat.

Beberapa hal tersebut memang manusiawi, tapi untuk itulah kamu harus membaca postingan dari kosngosan berikut ini mengenai beberapa cara dan contoh untuk menghargai diri sendiri. Seperti halnya menghargai orang lain, kita juga perlu untuk menghargai diri sendiri. Orang lain saja apabila dihargai pasti akan merasa senang, apalagi kalau kita sendiri yang menghargai diri kita, bukan?

Tentu saja ini menjadi bentuk refleksi sikap terhadap orang lain. Selain menghargai orang lain, kita juga harus menghargai diri sendiri sebagai suatu entitas yang didahulukan sebelum menghargai orang lain. Hal ini merupakan faktor penting untuk menjalani kehidupan yang lebih positif dan menjaga kesehatan mental (mental health)


Contoh Perbuatan Menghargai Diri Sendiri

sikap menghargai diri sendiri

Lalu bagaimana langkah yg tepat untuk menghargai diri sendiri? Nah, terkait hal ini kita dapat tips yg sangat menarik nih dari kosngosan. Setelah membaca beberapa contoh dibawah ini, kami harapkan kalian sudah mulai belajar menghargai diri sendiri dengan mengikuti beberapa tips nya seperti dibawah ini, let's check these out!


1. Menekuni Hobi atau Passion

Contoh pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan menghabiskan waktu luang menekuni hobi atau kesukaan. Misalnya kalian hobi olahraga renang, bisa pergi ke kolam pada weekend dan berenang untuk mendapatkan kepuasaan tersendiri.

Atau hobi memelihara burung kicau, pergi ke latihan bersama dan bertemu dengan komunitas kicau mania. Hobi dan passion adalah salah satu bentuk cara menghargai diri sendiri yang paling dasar. Apalagi kalau hobi tersebut menghasilkan uang.

Baca juga : Contoh Sikap Optimis dan Percaya Diri


2. Memaafkan diri Sendiri atas Kesalahan Masa Lalu

Tidak ada manusia yg sempurna. Kita semua pasti pernah berbuat kesalahan. Namun jika ada kesalahan yg membuatmu merasa terusik bahkan tertekan, itu pertanda kalian belum bisa memaafkan dirimu sendiri. Berbuat kesalahan adalah hal yg wajar dan manusiawi jadi kalian tidak perlu menjadikannya sebagai beban.

Untuk bisa menghargai diri sendiri kalian harus bisa memaafkan dirimu. Jadi yg perlu kalian lakukan cukup lepaskan masa lalu dan belajarlah dari kesalahan tersebut.


3. Menghilangkan Penyesalan

Jangan terlalu larut dalam penyesalan karena tidak ada gunanya dan hanya akan mengganggu kondisi psikologis mu kedepannya. Waktu tidak akan terulang kembali dan sobat kosngosan hanya akan dihantui rasa bersalah terus-menerus. Hal inilah yang tentu tidak baik bagi kondisi mental. Jadi menghilangkan penyesalan adalah salah satu cara untuk menghargai diri sendiri


4. Memaafkan orang lain

Mengapa memaafkan orang lain juga bisa menjadi cara untuk menghargai diri sendiri? Karena tidak cukup dengan memaafkan diri sendiri, sobat juga harus bisa memaafkan siapapun yg pernah menyakiti kalian.

Memang memaafkan bukan perkara yg mudah, namun apa gunanya menyimpan rasa sakit di dalam hati yang justru lama kelamaan akan merusak kesehatan mental kamu juga? Percaya deh kalian akan hidup dengan tenang kalau kalian sudah membuang rasa benci dan dendam terhadap orang lain.


5. Membeli Barang yang Disukai

Salah satu cara self reward yang cukup efektif untuk menyenangkan hati adalah membeli barang yang sudah kita incar sudah lama. Misalnya kamu sudah menabung selama beberapa bulan dan menyisihkan sebagian dari gaji mu untuk membeli ipad pro, itu sah sah saja.

Asalkan kamu juga memang butuh dan kamu senang akan hal itu. Menyenangkan diri sendiri dengan self reward adalah salah satu cara untuk menghargai diri sendiri dengan cara yang lebih mudah dan sederhana


6. Bergaul dengan orang yang positif

Sekalipun sudah memaafkan, tidak harus bergaul kembali dengan orang yg hanya menjadi toxic dalam hidupmu. Demi kebaikan mentalmu, sebaiknya kalian menjauhi orang yg membawa pengaruh negatif dan bisa merusak kalian dari dalam.

Tetapi mendekatlah ke lingkungan dan orang orang yang lebih positif. Carilah orang baik yg bisa menerima dirimu apa adanya dan memberikan masukan positif. Ini juga termasuk contoh sikap yg bisa kalian lakukan lho untuk menghargai diri sendiri.


7. Travelling

Mendatangi berbagai macam wisata alam terbuka, mengunjungi ikon wisata, berkunjung ke luar negeri, pantai, hutan, pedesaan atau pegunungan adalah salah satu cara yang tepat untuk self healing dan menghargai diri sendiri.

Apabila kamu sudah mulai merasa penat, lelah dan bosan dengan rutinitas yang ada, kamu bisa sesekali melakukan solo travelling atau mengajak teman mu yang se frekuensi untuk berekreasi dan berkunjung ke tempat yang kalian suka.


8. Membangun kepercayaan diri

Setiap manusia memang punya kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kalian juga demikian. Ada kelemahan, pasti ada juga kekuatan yg bisa kalian tonjolkan. Itulah sebabnya penting untuk mengenali passion dan potensi diri kalian sendiri. Jangan menjadi pribadi yg suka minder. Percayalah pada kemampuan dirimu bahwa kamu juga mampu melakukan hal yg terbaik.


9. Menerima Kekurangan dan Kelebihan diri

Akan lebih mudah untuk membangun kepercayaan diri kalau kalian sudah bisa menerima segala kekurangan dan kelebihan diri sendiri. Apa yang menjadi minus tentu harus diterima dengan lapang dada, jangan membuat kalian minder, tetapi harus bisa legowo dengan menerima kekurangan tersebut.

Sebaliknya, potensi dan kelebihan yang ada di dalam diri kalian, harus ditonjolkan dan dibanggakan, sehingga kalian bisa tampil percaya diri


10. Jujur pada dirimu sendiri

Contoh untuk menghargai diri sendiri selanjutnya adalah berlaku jujur. Jadi sobat kosngosan harus mengatakan dan bertindak hal yg sebenarnya pada dirimu sendiri. Jangan berbohong dan mengelabui diri sendiri, karena itu hanya akan melukai diri cepat atau lambat.

Kalau kalian merasa tidak cocok, ada yang mengganjal atau tidak sesuai dengan nurani, maka katakan yg sejujurnya. Termasuk kalau tidak suka terhadap sesuatu, maka katakan katakan saja tidak, hilangkan basa basi yang justru akan memaksakan dirimu


11. Memprioritaskan diri sendiri

Jangan memaksakan dirimu untuk melakukan sesuatu yg tidak diinginkan. Kalian tidak harus selalu mengiyakan omongan orang lain supaya mendapatkan pengakuan atau dihargai. Ini hidupmu dan kalian berhak menentukan perbuatan apa saja yang bisa kalian lakukan dan mana yang tidak.

Termasuk memprioritaskan diri sendiri terlebih dahulu dalam berbagai kepentingan urgen. Misalkan pastikan dirimu tercukupi terlebih dahulu sebelum memberi ke orang lain. Kalian memang seharusnya memprioritaskan diri sendiri sebelum mendahulukan orang lain. Hal ini bukan berarti egois, tapi ini hanyalah upaya supaya kalian bisa menjalani hidup lebih positif.


12. Merawat Tubuh dengan Baik

Menghargai diri sendiri, berarti juga harus merawat tubuh dengan baik dan bijak. Jagalah tubuh supaya tidak rentan terhadap penyakit. Terapkan pola hidup yang sehat, semisal rutin berolahraga, istirahat yg cukup dan mengkonsumsi makanan dengan nutrisi cukup sehingga bisa menjaga kesehatan fisik.

Selain itu kalian juga seharusnya memperhatikan kondisi mental. Kesehatan fisik memang penting, tapi yang lebih penting juga adalah kesehatan mental, karena apabial ini terganggu maka rusaklah tubuh secara keseluruhan.

Baca juga : Contoh Olahraga Ringan di Pagi Hari


13. Melakukan Me Time Berkala

Me Time atau waktu sendiri adalah momen dimana kamu bisa menikmati hari tanpa adanya gangguan dari orang lain. Kamu bisa melakukan hal hal positif yang menyenangkan dan kamu sukai, misalnya membaca buku, menonton, jalan jalan pagi atau sore dan berbagai kegiatan lainnya.

Lakukan me time secara berkala misalnya di akhir pekan. Tapi jangan lupa juga untuk memberikan waktu mu kepada orang yang kamu sayang. Hal ini tentu saja harus proporsional menurut jadwal mu


14. Jangan Membandingkan diri dengan orang lain

Setiap manusia terlahir unik. Maksud unik di sini adalah antara manusia yg satu dengan manusia yg lain pasti ada perbedaan. Bahkan orang kembar identik, meski memiliki wajah dan bentuk tubuh yg sama persis namun tentu keduanya memiliki karakter dan potensi yg berbeda pula.

Karena nya contoh ini juga penting untuk kamu lakukan. Kalau sobat kosngosan ingin menghargai diri sendiri jangan membandingkan diri kalian dengan orang lain. Fokus saja dengan apa yg kalian miliki.


15. Selalu berpikir positif

Sulit menghargai diri sendiri kalau kalian cenderung memiliki "negatif thinking". Sadar atau tidak, kita sendiri yg memang sering memberikan sugesti negatif dalam pikiran, jadi tubuh juga merespon demikian. Oleh karena itu coba sebaliknya, penuhilah pikiran dengan hal hal yang positif.

Bercengkramalah dengan dirimu di depan kaca, dan ucapkanlah kata yg bernada positif. Contohnya kamu itu kuat, mampu, sehat, bahagia dan lihatnya hasilnya nanti kamu pasti sukses! Kalian akan tumbuh menjadi orang yg berkepribadian positif.


16. Memberikan apresiasi kepada dirimu atas Pencapaian Tertentu

Kamu pasti pernah melakukan hal terbaik yg membuatmu bahagia dan orang di sekitarmu pun merasa bangga bukan? Saat itu terjadi, kalian perlu memberikan ucapan selamat kepada diri kalian sendiri. Apakah kalian pernah memuji dirimu dan mengungkapkan rasa terima kasih karena telah berhasil melalui berbagai tantangan dalam hidup?

Hal yg kecil dan sederhana tapi sering terlupakan. Sangat penting untuk kalian bisa menghargai diri sendiri dengan cara yang paling simple, yaitu memberikan apresiasi terhadap dirimu sendiri


17. Belajar Hal Baru

Mempelajari hal baru justru akan memberikan hal hal yang lebih positif dan bermakna kepadamu. Kamu harus menjadi pribadi yang dinamis dan berkembang. Jangan mau menjadi orang yang statis dan tidak mempelajari hal baru. Oleh karena itu jangan berhenti belajar, membaca buku dan bereksperimen terhadap sesuatu yang memang kamu sukai


18. Keluar dari Zona Nyaman

Terus berada di zona nyaman terlalu lama memang bisa membuat sobat kosngosan merasa bosan, lelah dan bahkan tidak bahagia. Terkadang, kamu pun melamun tentang kehidupan atau petualangan yang berbeda yang sebenarnya ingin kamu raih.

Sayangnya, kamu masih ragu atau mungkin takut untuk keluar dari luar zona tersebut. Beranikan dirimu, keluarlah dari zona nyaman karena itu merupakan salah satu bentuk menghargai diri sendiri yang justru akan memberikan dampak positif ke depannya


19. Jangan Malas

Bermalas malasan adalah racun bagi tubuh. Tidak hanya buruk untuk kesehatan fisik, tetapi juga buruk bagi kesehatan mental. Karena orang yang malas cenderung tidak memilih gairah dan semangat untuk mencapai suatu tujuan besar dalam hidupnya. Bergerak dan lakukan apa pun yang bisa kamu lakukan selama itu positif dan bermanfaat.


20. Beribadah dan Berdoa

Dan yang terakhir tapi bukan akhir adalah berdoa dan beribadah sesuai dengan agama masing masing. Tentu saja sebagai umat beragama, kita butuh Tuhan yang menjaga kita dan sebagai tujuan akhir dalam hidup ini.

Menghargai diri dengan cara mematuhi segala perintah agama adalah cara terbaik untuk tetap sehat secara mental. Yang penting beribadahlah sesuai kepercayaan dan keyakinan masing msing


Kata Penutup

Sebagaimana yg sobat kosngosan ketahui, sekarang ini memang sudah banyak orang yg mulai peduli tentang kesehatan mental. Mencintaidiri sendiri adalah salah satu upaya yg bisa kalian lakukan supaya tetap sehat secara mental dalam menjalani kehidupan yang semakin pelik ini.

Sayangnya tidak sedikit juga yg luput akan pentingnya menjaga kesehatan mental. Apalagi untuk bisa menerapkan self love dan menghargai diri sendiri sebenarnya memang tidak semudah yang kita bahas diatas.

Membahasnya saja yg kelihatan mudah, akan tetapi bentuk aplikasi dan penerapannya bisa saja sangat sulit. jadi kalau kalian sudah berusaha menerapkan tips tersebut, namun masih sulit menghargai diri sendiri maka tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan ahli profesional seperti para psikolog atau ahli konseling. Terimakasih sudah berkunjung dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian masing masing ya

Oleh rezaharahap