Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendaftar Alamat Rumah di Google Maps

Bagaimana cara mendaftarkan alamat rumah di google maps? Kalau kamu sering menggunakan salah satu layanan dari google ini, pastinya pernah menemui berbagai tempat menarik yang ditandai dengan icon tertentu sesuai dengan tempatnya, bukan? Misalnya rumah makan, homestay atau sekedar tempat usaha kecil kecilan dengan brand mereka, terpampang di google maps. Bagi orang awam, mungkin membuat alamat di google maps pasti berbayar dan mahal. Tapi sebenarnya menampilkan alamat toko atau rumah kita disitu tidaklah berbayar, alias gratis

Semua tempat yang sudah muncul di aplikasi gmaps sebenarnya sudah didaftarkan oleh si pemilik menggunakan akun Google My Business mereka. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan toko atau bisnis yang mereka miliki.

Cara membuat alamat di google maps bisa saja lewat hp atau laptop, yang penting sobat kosngosan harus punya google account (alias gmail) terlebih dahulu.

Platfrom Google Bisnisku merupakan fitur gratis yang diberikan oleh Google kepada pengguna internet, yang mudah digunakan oleh para pebisnis untuk mengelola tempat penting mereka supaya lebih mudah ditemukan oleh pengguna lewat maps atau peta google.

Tempat komersial yang sudah muncul di Google pun tentu saja akan melalui proses verfikasi dan review oleh tim Google selama beberapa waktu setelah di daftarkan


Panduan Daftar Alamat Rumah Google Maps

cara daftar alamat rumah

Alamat rumah yang sudah terdaftar di Google Maps akan memudahkan orang lain bila ingin mencari lokasi tersebut. Bila kalian memiliki usaha rumahan, tentu saja dengan mendaftarkan alamat rumah akan semakin membantu konsumen dalam menemukan alamat usaha kalian

Selain itu banyak keuntungan yang diperoleh apabila kalian mendaftarkan alamat rumah di Google Maps, misalnya semakin mempermudah ojek online atau kurir yang ingin mengantar barang orderan banyak, serta bila ada event-event tertentu akan memudahkan tamu undangan dalam pencarian lokasi.

Lantas, bagaimana cara untuk mendaftarkan alamat rumah di Google Maps? simak ulasan artikel dari kosngosan berikut agar lebih jelas.


1. Mendaftarkan Alamat Rumah dengan iOS atau Android

Pengguna Smartphone pasti tidak asing lagi dengan aplikasi Google Maps, pertama hal yang harus kalian lakukan tentu saja mendownload aplikasi tersebut melalui Google Playstore maupun App Store. Tenang.. aplikasi sejuta umat ini dapat di download secara gratis dengan cepat dan aman, yang terpenting pastkan memori handphone kalian cukup untuk mengoperasikan aplikasi.

Namun, biasanya Google Maps ini adalah aplikasi bawaan dari handphone sehingga kita tidak perlu repot untuk menginstall ulang.

Langkah-langkah untuk mendaftarkan alamat rumah di Google Maps sebagai berikut :

Pertama, sobat kosngosan aktifkan lokasi perangkat handphone kalian, tujuannya adalah untuk memudahkan google saat ingin melacak lokasi kalian berada.

Kemudian masuk aplikasi Google Maps, klik bagian pojok kiri atas yang menampilkan tiga garis, kemudian pilih opsi tambahkan tempat

Setelah itu akan muncul beberapa daftar yang harus diisi seperti nama tempat, alamat (isi dengan jelas dan lengkap), kategori (rumah, tempat bisnis atau lokasi lain), nomor telepon (disertai kode negara), dan pertanyaan-pertanyaan lain

Pilih bagikan lokasi tersebut berdasarkan aplikasi lain, kemudian google akan melakukan peninjauan lokasi yang telah terdaftar, kalian tinggal tunggu untuk beberapa hari hingga minggu.

Langkah selanjutnya untuk membuat pin alamat rumah pada Google Maps caranya cukup mudah, bila alamat tempat kalian berhasil ditambahkan oleh Google maka klik profile pengguna di pojok kanan atas pada aplikasi Google Maps

Kemudian pilih opsi setelan (pada opsi tersebut ada pilihan edit rumah atau kantor), pilih simbol rumah. Lalu masukan alamat rumah pada tabel pencarian (ketik alamat yang sudah terdaftar di Google Maps)

Lalu geser tanda merah penunjuk alamat pada lokasi kalian sekarang, setelah dirasa pas klik simpan. Untuk mengedit nama rumah tinggal ketik di kolom masukan tabel.


2. Mendaftar dengan Browser

Bila sobat kosngosan kebetulan sedang on PC dan kebetulan sedang mager mengeluarkan handphone, opsi lain agar dapat menambahkan alamat rumah pada google maps adalah dengan menggunakan browser. Untuk itu langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

Buka browser kalian, masuk ke pencarian google kemudian ketik kata ‘Google Maps’, lalu klik situs Google Maps tersebut.

Selanjutnya langkah yang ditempuh untuk mendaftarkan alamat rumah hampir sama dengan mendaftarkan dengan android.

Klik tiga baris horizontal di pojok kiri atas, pilih tambahkan tempat, lalu akan muncul sebuah pop up (abaikan saja), selanjutnya isi format data seperti biasa berupa nama tempat, alamat, kategori, website, nomo telepon, bisa juga dimasukkan gambar sebagai informasi tambahan.

Tempatkan pointer merah bertanda alamat sesuai dengan lokasi yang ingin dimasukkan, atur hingga pas, lalu klik submit.

Pemberitahuan dari Google Maps otomatis masuk melalui email kalian, tunggu hingga beberapa hari hingga beberapa minggu.

Google akan meninjau alamat yang telah kalian masukkan. Bila ternyata tidak ada email yang masuk maka data yang kalian masukkan tidak dapat di proses dan gagal disimpan oleh Google.

Namun jika ternyata setelah beberapa minggu google belum melakukan konfirmasi alamat, sebaiknya kalian menghubungi pihak google untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.


3. Menambahkan Alamat Menggunakan Google My Business

Langkah terakhir yang dapat dilakukan untuk menambahkan alamat di Google Maps adalah dengan menggunakan Google My Business

Fitur ini awal mulanya digunakan untuk memudahkan pengguna dalam menemukan informasi bisnis. Namun, fitur ini juga dapat digunakan untuk menambahkan lokasi rumah kalian.

Caranya adalah sobat kosngosan masuk ke dalam website Google bisnisku, kemudian log in dengan akun google yang kalian miliki.

Kemudian masukkan nama bisnis, atau nama rumah yang ingin dicantumkan, selanjutnya pilih menu next. Akan muncul pertanyaan-pertanyaan seputar lokasi yang akan dimasukkan seperti alamat lengkap disertai kota, provinsi, dan kode pos.

Lalu tandai lokasi yang kalian masukkan dan apabila kalian mencantumkan lokasi bisnis maka tentukanlah apakah kalian akan melakukan fasilitas layanan antar atau tidak, bila yang kalian cantumkan adalah alamat rumah maka langkah ini bisa di skip.

Tambahkan beberapa informasi penting bila kalian mendaftarkan alamat bisnis seperti nomor WhatsApp yang dapat dihubungi atau website aktif, kemudian pilih akan menerima pemberitahuan dari google my bussines atau tidak.

Setelah semua tahapan selesai dilakukan, google bisnisku akan melakukan verifikasi informasi dengan mengirimkan kode verifikasi pada email.

Secara umum pendaftaran alamat melalui Google Maps ini sifatnya gratis dan tidak dipungut biaya apapun, dengan turut serta menambahakan alamat pribadi kita pada Google Maps, kita akan turut serta berkontribusi dalam membantu orang-orang yang sedang kesulitan dalam mencari lokasi tertentu dan kebetulan lokasi tersebut dekat dengan alamat tempat tinggal kita.

Kalian juga dapat memanfaatkan Google Street View untuk semakin melengkapi informasi terkait lokasi yang telah kalian cantumkan di Google Maps.

Fitur Google Street View ini dapat menampilkan suasana lokasi secara nyata, fitur gambar dibuat dengan penunjuk arah 360 derajat. Terkadang, beberapa orang masih kesulitan dan kebingungan saat membaca peta di Google Maps.

Tidak dapat menginterpretasikan arah dan garis dan beberapa petunjuk yang kurang jelas sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Karena kelebihan street view tersebut, patokan-patokan jalan rumah kalian seperti gang, warung, bahkan pos ronda dapat terlihat jelas dan sangat membantu orang lain untuk menemukan lokasi anda.

Untuk menjelajahi street view, ketuk ikon kotak berlapis pada Google Maps, kemudian sobat kosngosan pilih street view, bila peta menunjukkan garis biru, maka lokasi yang kalian tuju dapat dilihat menggunakan fitur tersebut. Bila ingin melihat-lihat street view tinggal seret jari pada layar atau ketuk kompas

Sedangkan untuk berkeliling tinggal geser kanan maupun geser kiri, dan bila ingin memperbesar atau memperkecil tampilan, cukup cubit layar dan arahkan sesuai keinginan.

Kesalahan dalam memasukkan alamat bisa saja terjadi, jika kalian ingin melakukan editing pada alamat kantor atau rumah, langkah-langkah yang dapat dilakukan yakni dengan membuka aplikasi Google Maps, kemudian ketuk alamat yang disimpan di bagian ‘Daftar Anda’, ketuk berlabel.

Pilih opsi ‘Rumah’ atau ‘Kantor’ lalu pilih menu edit rumah atau edit kantor, hal yang sama dapat dilakukan jika kalian ingin menghapus alamat rumah atau kantor. Bila ingin merubah ikon rumah atau kantor, pada ikon ‘Rumah’ pilih lainnya, lalu ubah ikon. Lakukan perubahan ikon dan klik simpan.

Baca juga : Contoh Alamat Email keren untuk Daftar Google Maps


Kata Penutup

Ada banyak sekali fitur yang bisa kita nikmati setelah mendaftarkan tempat kita ke aplikasi Google Maps. Dan mungkin semakin kedepan, akan lebih ditingkatkan lagi fiturnya untuk mempermudah kita sebagai klien.

Hal ini akan lebih menguntungkan buat kamu yang punya usaha, apalagi lokasinya dekat dengan rumahmu sendiri. Semoga sobat kosngosan bisa mengetahui manfaat dari Google Maps Platform dari uraian pembahasan kita diatas ya. Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk klik tombol share dibawah ini

Oleh rezaharahap