Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Cara Merawat Monitor Komputer supaya Awet

Buat kalian yang punya PC di rumah, wajib membaca postingan kosngosan kali ini mengenai bagaimana tips merawat monitor supaya tahan lama dan tidak mengalami kerusakan. Tapi sebelumnya, kita akan membahas terlebih dahulu mengenai apa yang dimaksud dengan monitor komputer. Ini adalah jenis perangkat keras atau hardware yang berguna untuk menampilkan hasil proses (output) dari komputer (PC) dalam bentuk teks, gambar dan juga video secara visual.

Jadi bisa dikatakan bahwa tanpa ada monitor, sebuah komputer tidak akan bisa dioperasikan oleh end-user. Adapun jenis dan bahan pembuat monitor saat ini sudah sangat beragam. Ada monitor dengan jenis CRT (Chatode Ray Tube) yang sering disebut sebagai monitor tabung, LCD (Liquid Crystal Display), LED (Light Emitting Diode) dan yang lebih canggih lagi ada monitor jenis Plasma

Ada berbagai pertimbangan ketika kalian hendak memilih monitor sesuai kebutuhan. Karena masing masing ada segmentasi penggunannya. Apalagi saat ini, para pabrikan monitor menproduksi barang mereka dengan jenis dan harga yang bervariasi.

Beberapa faktor penentu seseorang hendak membeli monitor antara lain :

1. Harganya (jelas kalau ini memang menjadi hukum pasar)

2. Resolusi layarnya (apakah HD, Full HD, bahkan ada yang sudah 4K dan 8K)

3. Ukuran layar (biasanya diukur dalam satuan inch)

4. Teknologi panel yang digunakan (apakah Twisted Nematic (TN), In-Plane Switching (IPS) atau yang lebih mahal OLED)

5. Akurasi Warna (biasanya buat para desainer)

6. Kecepatan refresh rate (biasanya buat para gamers)


Tips Merawat Monitor PC

cara merawat monitor pc

Nah setelah membahas sedikit mengenai monitor (semoga bisa menambah pengetahuan sobat kosngosan), maka kali ini kita akan langsung ke inti pembahasan dari artikel ini, yaitu bagaimana cara menjaga dan memelihara monitor kalian supaya tidak mudah rusak dan bisa awet muda, check these out!


1. Pastikan tegangan listrik sesuai dan stabil

Salah satu penyebab banyaknya perangkat elektronik yang sering rusak adalah karena ketidak sesuaian tegangan arus dengan perangkat monitor dan juga listrik sering tidak stabil.

Oleh karena itu untuk meminimalisir terjadinya kerusakan, kamu disarankan untuk menggunakan stabilizer atau UPS untuk meminimalisir terjadinya kerusakan perangkat monitor mu.

Selain itu aktor jaringan listrik di berbagai daerah yang memang terkadang sering tidak stabil bisa mengakibatkan perangkat monitor juga sering rusak

Baca juga : Rekomendasi SSD untuk Penyimpanan Komputer-mu


2. Hindari mati listrik tiba tiba dan monitor langsung off pas dipakai

Seperti perangkat komputer, perangkat monitor juga sangat rentan terhadap kerusakan akibat listrik padam secara tiba-tiba ketika kamu sedang menghidupkannya. Kalau monitor komputer sering mati tiba-tiba akibat listrik yang padam sementara kamu sedang memakainya, maka akan terjadi kerusakan korsleting berbagai hardware di dalamnya.

Nah untuk menghindari hal tersebut kamu disarankan menggunakan UPS, yang berfungsi sebagai power supply cadangan, jadi ketika listrik PLN mati tiba-tiba Ups akan berfungsi untuk memasok listrik sementara sehingga kamu bisa mematikan monitor dengan baik


3. Jangan menggunakan monitor sepanjang hari

Penggunaan alat elektronik memang memiliki jangka waktu tertentu. Kalau kamu memang seorang gamers yang suka streaming berjam-jam, pastinya menggunakan monitor komputer akan menjadi kebiasaanmu setiap hari.

Tapi yang namanya perangkat elektronik tentu saja tetap membutuhkan waktu istirahat untuk menjaga hardware didalamnya. Oleh karena itu sobat kosngosan wajib untuk mengistirahatkan monitor mu, jangan menggunakannya selama berjam-jam, apalagi sampai suhunya panas, sehingga bisa mengakibatkan kerusakan layar didalamnya


4. Jangan makan atau minum dekat monitor

Kenapa harus begitu? Mungkin kamu bisa makan atau minum agak jauh dari monitor supaya nanti yang namanya aroma, panas atau uap dari makanan tidak mengenai bagian sensitif dari monitor.

Tentu saja Ini adalah tips yang sederhana dan pastinya mudah untuk dilakukan. Karena seperti yang kamu ketahui monitor sangat sensitif terhadap panas dan juga uap air yang bisa merusak bagian elemen penting di dalamnya


5. Menghindari kontak fisik yang membuat monitor rusak

Segala bentuk kontak fisik yang bisa merusak bagian monitor seperti memukul, menjatuhkan atau menggoyang harus sebisa mungkin kamu hindari. Letakkanlah monitor pada posisi yang stabil dan tidak mengalami goncangan sehingga bisa menjaga perangkat di dalamnya tetap berfungsi dengan normal.


6. Jauhkan magnet dari layar monitor

Ini adalah salah satu musuh utama monitor yang bisa merusak bagian di dalamnya. Karena magnet bisa mengganggu kerja berbagai pangkat penting di dalam monitor, sehingga kamu harus menjauhkan berbagai benda yang mengandung magnet di dekat monitor seperti loudspeaker.


7. Bersihkan monitor dengan benda yang lembut

Membersihkan monitor secara berjangka menjadi salah satu hal yang harus kamu lakukan untuk menjaga kebersihan dari monitor. Kamu juga wajib membersihkan area di sekitar keluaran udara supaya tidak penuh debu dan sirkulasi udara monitor bisa berlangsung dengan lancar.

Penting untuk membersihkan layar monitor menggunakan benda yang lembut seperti tisu atau kapas yang telah diberikan cairan pembersih layar sedikit


8. Memperbaiki manajemen kabel monitor

Banyak dari para pengguna PC komputer yang menyepelekan masalah manajemen kabel baik antara monitor dengan CPU dan CPU dengan sumber daya. Padahal manajemen kabel yang berantakan bisa menyebabkan korsleting atau panas yang berlebih sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada berbagai perangkat elektronik di dekatnya.

Begitu juga dengan manajemen kabel pada monitor yang harus sobat kosngosan atur sedemikian rupa sehingga bisa meminimalisir terjadinya panas atau korsleting


9. Atur warna brightness dan contrast

Tingkat kecerahan dan kontras layar pada monitor memang tergantung kebutuhan saat bekerja atau bermain game. Disarankan untuk menggunakan tingkat kecerahan dan kontras layar yang tidak terlalu maksimal sehingga bisa menjaga keawetan layar monitor dan juga tidak merusak kesehatan mata.

Beberapa jenis motor bahkan memberikan fitur semacam eye comfort, untuk menjaga kenyamanan mata di depan layar monitor


10. Memakai Screensaver

Screensaver adalah jenis animasi yang hanya aktif bila komputer tidak mendeteksi melakukan aktivitas atau kegiatan pada beberapa waktu yang telah disesuaikan.

Jika monitormu memiliki jenis layar CRT dan LCD, kamu harus menggunakan screensaver untuk menjaga layar monitormu supaya tidak memunculkan garis hitam atau burning


11. Manajemen Waktu Sleep

Monitor merupakan salah satu hardware yang paling bekerja keras untuk menampilkan visual. Oleh karena itu manajemen waktu sleep yang tepat bisa menjaga daya tahan monitor dan juga bisa meminimalisir monitor mengalami overworking yang bisa merusak halaman penting di dalam layar karena panas. Sobat kosngosan bisa menyetel waktu sleep yang tepat menurutmu apabila suatu monitor tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu


12. Setting Frame Rate Sesuai Kebutuhan

Frame rate yang tinggi itu tentu saja membuat kinerja monitor lebih keras untuk menampilkan kualitas video, terlebih buat kamu yang senang bermain game dengan frame rate tinggi.

Disarankan untuk tidak menggunakan frame rate yang terlalu tinggi sampai mentok dengan kapasitas yang dimiliki oleh monitor, misalnya monitor mu maksimal 70 hz, kamu bisa memainkan hanya 60 hz saja


13. Pastikan Suhu dan Kelembapan Ruangan Sesuai

sangat penting untuk meletakkan monitor pada ruangan yang memiliki suhu dengan temperatur yang tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas (suhu kamar), dan juga menjaga kelembaban ruangan supaya tidak terlalu lembab atau kering.

Karena apabila monitor diletakkan pada ruangan yang lembab maka akan kemungkinan rusak karena berembun, atau terlalu kering menyebabkan monitor cepat panas dan mengalami kerusakan.


14. Pakai Proteksi Layar

ini adalah opsional tapi juga penting untuk melindungi layar monitor dari goresan atau debu yang berlebihan. Kamu bisa membeli screen protector sesuai dengan ukuran layar monitor yang kamu miliki misalnya ukuran monitor mu 23,9 inch, kamu bisa mencari screen protektor layar yang berukuran 24 inch


15. Klaim garansi bila rusak

Salah satu kelebihan untuk membeli monitor dalam kondisi baru dan resmi adalah adanya klaim garansi selama beberapa tahun. Jadi apabila kamu mengalami kerusakan tanpa disengaja ataupun karena kelalaian, kamu bisa segera melakukan klaim garansi untuk perbaikan secara gratis. Tentu saja ada beberapa kerusakan yang di cover dan ada juga yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca juga : Cara Memperbaiki Catridge yang Tidak Terdeteksi


Kata Penutup

Demikian sedikit pembahasan dari kosngosan.com mengenai pengertian, fungsi cara merawat monitor komputer yang baik dan benar. Semoga kalian bisa merawat monitor kalian dengan lebih baik lagi ya, setelah membaca tips diatas.

Mohon maaf jika ada kesalahan dan juga kekurangan pada pembahasan materi kali ini, sebagai bentuk partisipasi kalian, Silahkan tinggalkan komentar pada form komentar dan jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media masing masing. Terimakasih!

Oleh rezaharahap