Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Cara Merawat Gitar Akustik supaya Awet

Bagaimana cara merawat gitar akustik supaya tahan lama dan awet? Memiliki alat musik mumpuni merupakan salah satu hal yang wajib buat sebagian orang. Apalagi kalian yang menyukai musik, seorang musisi atau pencipta lagu, pun buat orang umum yang suka bermain gitar di waktu senggang misalnya. Dan pada kesempatan kali ini, kosngosan akan memberikan beberapa tips sederhana buat teman teman yang punya gitar, untuk bisa menjaganya supaya tetap bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Menurut WikiPedia, Gitar Akustik (acoustic guitar) adalah jenis gitar yang mana suara yang dihasilkan berasal dari getaran senar gitar yg dialirkan lewat sadel serta jembatan tempat pengikat senar menuju dalam ruang suara. Umumnya alat ini terbuat dari kayu.

Bagi para musisi atau orang-orang yang memiliki hobi bermusik, alat untuk memainkan musik semacam nyawa dan suatu hal yang amat penting. Musik juga bisa melatih otak agar fokus dan tidak mudah lupa. Oleh karenanya, perawatan alat musik bisa dikatakan susah-susah gampang untuk dilakukan.

Terlebih bagi kalian yang memiliki gitar akustik yang terbuat dari kayu. Penggunaan kayu dinilai punya kelebihan, karena bisa membuat suara gitar menjadi lebih kuat dan lebih baik. Karena kayu sifatnya rentan terhadap perubahan lingkungan, jadi harus pintar pintar dalam menyimpan dan memperlakukannya.

Adapun ciri ciri dari gitar akustik antara lain :

  • Suaranya diperkuat oleh resonansi
  • Punya enam senar (beberapa ada yang punya tujuh bahkan lebih)
  • Menggunakan senar dari nilon atau baja
  • Biasanya terbuat dari kayu


Cara Merawat Gitar Akustik

cara merawat gitar akustik awet

Nah berdasarkan penjelasan singkat diatas mengenai alat musik yang satu ini, maka buat sobat kosngosan yang ingin punya gitar jenis ini dan ingin tahu bagaimana tips merawatnya, simak ulasan artikel dibawah ini untuk mendapatkan tips-tips sederhana tentang gitar akustik :


1. Hindarkan Gitar dari Tempat-tempat yang Ekstrem

Gitar tidak boleh ditinggal atau diletakkan pada tempat-tempat yang terlalu ekstrem semisal terlalu dingin, terlalu lembab, terlalu panas bahkan ditempat-tempat yang terlalu tinggi.

Lingkungan yang tidak “friendly” tersebut akan mengakibatkan gitar perlahan-lahan akan mengalami kerusakan secara berkala.

Sedangkan untuk tempat peletakkan gitar yang terlalu tinggi juga tidak disarankan, karena gitar dapat beresiko jatuh saat diletakkan pada tempat yang terlalu tinggi.


2. Membersihkan Bridge Gitar

Setiap bagian gitar sangat penting, sehingga dalam perawatannya membutuhkan cara-cara tersendiri seperti membersihkan bridge gitar.

Seperti celah-celah gitar dapat dibersihkan menggunakan sikat gigi, semprotkan air atau minyak pembersih pada celah bridge gitar lalu gosok perlahan menggunakan sikat tersebut.

Cara lain untuk membersihkan bagian gitar tersebut adalah sobat kosngosan bisa menggunakan cotton bud dengan menggunakan cara yang sama.


3. Mengendorkan Senar

Mengendorkan gitar sangatlah penting karena bila gitar telah lama tidak dipakai, akan memungkinkan leher gitar (neck) melengkung. Terlebih bila neck gitar tidak memiliki penguat yang terbuat dari besi.


4. Mengganti Senar

Acapkali senar yang sudah tidak layak pakai atau karatan dapat menyebabkan suara gitar menjadi sumbang. Jangan menunggu senar gitar putus untuk mengganti senar.

Segera ganti senar gitar bila dirasa cukup bermasalah, sebaiknya bila mengganti senar dalam satu set. Dalam memilih senar gitar juga perlu diperhatikan kualitasnya, senar dengan kualitas yang baik akan membuat pemain merasa nyaman dan tidak merusak leher gitar, berlaku juga untuk sebaliknya.


5. Menjaga dari Benturan

Kelalaian perawatan gitar akustik bisa saja menyebabkan kerusakan-kerusakan kecil akibat benturan dan goresan.

Tips untuk menghindari benturan adalah dengan meletakkan gitar di tempat yang aman yakni dengan tidak meletakkan gitar di lantai secara sembarangan.

Meletakkan gitar dengan posisi vertikal dengan bersandar pada tembok juga membuat gitar gampang terguling dan terjatuh. Sebaiknya memberikan gitar wadah khusus atau case.


6. Bersihkan Body Gitar dengan Benar

Debu dan bekas minyak makanan dapat membuat body gitar menjadi kotor dan tidak nyaman saat digunakan. Sobat koѕngosan bisa membersihkan gitar menggunakan kain microfiber atau kain lap biasa.

Dalam membersihkan gitar boleh menggunakan cairan pembersih atau tidak. Sebaiknya bersihkan gitar sekitar 2-3 kali seminggu. Dengan rutin membersihkan gitar, akan membuat gitar menjadi awet dan nyaman digunakan.


7. Menjaga Tangan Tetap Kering Saat Menggunakan Gitar

Sebelum kalian menggunakan gitar akustik, usahakan kondisi tangan bersih dan kering. Lap tangan menggunakan tisu, lap kering maupun kain microfiber.

Tujuan dari mengupayakan tangan tetap kering adalah agar saat memetik senar tangan tidak licin dan senar gitar tetap bersih. Minyak bekas makanan juga dapat membuat senar kotor dan menjadi berat saat dipetik.


8. Simpan Gitar dalam Case

Seperti halnya barang-barang berharga lainnya, gitar akustik juga butuh case khusus untuk mengamankan gitar dari goresan dan berbagai kejadian lainnya.

Bila kalian adalah seorang musisi yang suka bepergian keluar kota, case gitar kokoh yang terbuat dari kayu dan plastik lebih dianjurkan untuk menghindari benturan.

Untuk penyimpanan harian dirumah, case yang terbuat dari kain dapat berguna untuk menghindari goresan dan menjaga gitar dari debu dan kotoran.


9. Jaga Senar agar Selalu Bersih

Senar yang bersih akan membuat gitar akustik semakin awet, selain itu kebersihan senar berpengaruh terhadap suara petikan gitar.

Semakin berdebu dan kotor senar, maka petikan gitar akan menjadi lebih berat dan mengubah timbre suara gitar. Untuk membersihkan senar gitar, sobat kosngoѕan dapat menggunakan string cleaner dan menggunakan cairan pembersih gitar, maupun berbagai macam minyak seperti minyak kayu putih, minyak telon atau baby oil.


10. Membersihkan Fingerboard

Fingerboard merupakan salah satu bagian yang tersembunyi dalam gitar, bagian ini akan sangat gampang kotor seperti terkena minyak, bahkan karat.

Karena letaknya dibawah senar, mungkin untuk membersihkannya akan memerlukan effort lebih. Namun jangan khawatir, kalian dapat mencoba membersihkan fingerboard menggunakan cairan pembersih gitar (guitar polish) atau dengan minyak lemon.


11. Mengganti Nut yang Rusak

Bahan dasar nut menentukan jenis suara yang dihasilkan dari gitar. Nut dapat terbuat dari plastik, tulang sapi bahkan dari kuningan.

Nut yang terbuat dari bahan plastik akan menghasilkan nada yang lebih berat bila dibandingkan dengan nut tulang sapi. Sedangkan untuk nut yang terbuat dari kuningan, akan menghasilkan jenis suara yang lebih ringan.

Oleh karena itu, bila nut pada gitar kalian sudah mulai aus karena senar yang selalu bergesekan, alangkah baiknya untuk mengganti nut agar gitar yang kalian miliki tetap awet.


12. Memperbaiki Fret yang Rusak

Untuk memperbaiki fret yang rusak, kalian dapat memoles kepala fret dengan senyawa poles merk apapun. Perlu diperhatikan, pada saat memoles fret gitar teknik-teknik tertentu perlu dilakukan.

Seperti menutupi area disekitar fret dengan lakban atau plester agar tidak merusak daerah sekitar fret gitar. Jangan biarkan fret gitar kalian mengalami kerusakan, karena bagian ini akan menentukan timbre gitar.


13. Lakukan Pengecekan pada Tuning Peg

Tak jarang tuning peg yang ada pada gitar sedikit kendur dan akan menyebabkan suara senar kurang enak untuk didengar.

Karena fungsi dari tuning peg itu sendiri adalah untuk menyetem nada gitar. Agar dapat mengatur ketepatan tuning peg, kalian dapat mengencangkannya bila dirasa posisinya cukup goyang dari kepala gitar. Atur sesuai feeling, jangan terllau kencang dan jangan terlalu longgar.


14. Perhatikan Kelembaban Udara Sekitar

Dalam menjaga bentuk gitar agar tetap bagus dan awet kelembaban sekitar tempat penyimpanan gitar sangatlah penting diperhatikan. Baiknya, sobat kosngosan meletakkan gitar pada tempat yang memiliki kelembaban tidak terlalu kering dan tidak terlalu lembab.

Kisaran kelembaban yang diperlukan untuk menyimpan gitar adalah pada 35%-55%. Bila tempat penyimpanan gitar terlalu kering akan mengakibatkan kayu gitar mengalami keretakan akibat dari kadar air kayu gitar yang berkurang.

Sebaliknya, bila gitar diletakkan pada tempat yang terlalu lembab maka kayu gitar dapat menyerap kelembaban sehingga body gitar dapat mengalami pemuaian. Cara paling aman adalah menyimpan gitar pada ruangan ber-AC atau ruangan yang tidak terlalu panas.


15. Perhatikan Suhu untuk Meletakkan Gitar

Suhu penyimpanan juga sangat mempengaruhi keawetan gitar. Kondisi panas yang berlebih akan membuat gitar mengalami keruskaan, karena lem-lem pada body gitar akan mencair dan lepas. Suhu udara yang dibutuhkan untuk penyimpanan gitar adalah sekitar 15°-28°C.

Baca juga : Kumpulan Website Belajar Kunci Gitar


Kata Akhir

Nah terakhir, sobat kosngosan harus memilih gitar akustik yang baik dan berkualitas ya. Sebagai seorang pemula, jangan bingung menentukan pilihan untuk memilih gitar yang baik.

Dan kalau sudah punya, silahkan lakukan beberapa tips diatas. Jangan lupa untuk klik tombol share, dan bagikan url post ini ke linimasa sosial media mu, terimakasih sudah berkunjung

Oleh rezaharahap