Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Peluang Usaha yang Diciptakan dari Tekanan Pekerjaan

peluang usaha tekanan pekerjaan

Peluang usaha yang dapat diciptakan akibat dari tingkat tekanan pekerjaan yang semakin tinggi adalah bisnis yang berkaitan dengan kebutuhan karyawan saat ini. Seperti usaha sampingan untuk catering, membuka jasa laundry, ojek online pribadi dan beberapa contoh yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Yang namanya peluang usaha memang selalu bisa diciptakan dari kondisi disekitar kita. Misalnya masyarakat yang tidak punya sumur dan selalu pergi ke sungai untuk menyuci, kamu bisa jualan air untuk kebutuhan sehari hari, dan peluang usaha lainnya. Namun kali ini, kosngosan akan fokus membahas mengenai prospek bisnis yang berasal dari tekanan kerja.

Banyak karyawan kantor yang bekerja secara full time dikarenakan beban dan tugas kerja yang diembannya memang terlalu banyak. Namun hal ini bukan berarti membuat mereka tidak mempunyai peluang untuk membuka usaha sampingan.

Menjadi seorang karyawan yang super sibuk di kantor tetap bisa untuk memiliki usaha lain kok. Disamping jadwal kerja yang sangat padat, kamu dapat berpeluang membuka bisnis baru dengan keuntungan yang cukup menjanjikan.


Peluang Usaha dari Tekanan Pekerjaan

Berdasarkan topik kali ini, kamu bisa menjadikan beberapa rekomendasi ide usaha dibawah ini untuk kamu geluti.

Baca juga : Peluang Bisnis di Daerah Pegunungan

Lalu apa saja sih peluang usaha tersebut? Berikut ulasannya :


1. Menjual Katering Untuk Karyawan

Karyawan umumnya bekerja mulai dari pagi, bahkan beberapa diantaranya nyaris tidak sempat untuk menyiapkan sarapan sebelum berangkat.

Dengan demikian, hal ini tentu bisa jadi peluang usaha yang bagus untuk kamu coba. Kamu bisa membuat menu sarapan pagi seperti nasi bungkus, nasi kuning, bubur ayam, dan lain sebagainya untuk dijual kepada teman – teman kantormu. Cukup dengan modal yang tidak begitu besar, kamu sudah bisa mendapatkan untung yang lumayan.


2. Jasa Laundry Khusus Pakaian Kantoran

Banyak karyawan yang terlalu sibuk dengan jam kerjanya hingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencuci pakaian mereka.

Sobat kosngosan bisa memanfaatkan keadaan ini untuk membuka jasa laundry khusus pakaian kantoran. Pekerjaan ini bisa kamu lakukan di hari sabtu dan minggu. Kamu juga bisa menawarkan layanan antar jemput cucian untuk memudahkan mereka.


3. Jasa Pijat Refleksi Sehabis Lembur

Pijat refleksi dikenal cukup ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit, mengatasi rasa lelah, mengurasi rasa cemas pada seseorang, dan membuat tubuh menjadi lebih rileks setelah aktif bekerja seharian penuh.

Jika kamu juga seorang karyawan, kamu bisa memanfaatkan waktu sehabis lemburmu untuk membuka jasa pijat refleksi. Lumayan kan untuk menambah penghasilan?


4. Membuka Jasa Pembuatan Buket

Banyak sekali orang yang membutuhkan jasa pembuatan buket custom untuk beberapa perayaan, seperti ulang tahun, wisuda, dan pernikahan.

Bisnis ini juga terhitung sangat lumayan dan keuntungannya juga menjanjikan lho! Tidak harus selalu dengan bunga, kamu juga bisa membuat buket yang unik dari beberapa barang lain seperti origami, makanan ringan, permen, lembaran uang, dan barang custom lainnya sesuai dengan permintaan pelanggan.


5. Jualan Pulsa, Token, dan Kuota Internet

Kebutuhan akan pulsa dan internet tentunya selalu dicari oleh hampir semua orang dan tidak akan ada habisnya. Peluang usaha ini sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja.

Yang terpenting adalah pastikan kamu memiliki deposit pulsa yang cukup untuk dijual kembali. Kamu bisa menawarkan usahamu ini kepada teman karyawanmu.

Dengan begitu mereka tidak perlu bingung lagi untuk mengisi pulsa dan sobat kosngosan pun sudah mampu memiliki banyak pelanggan di kantor.


6. Bisnis Jualan Kopi Racikan

Bisnis minuman kopi cukup diminati banyak orang terutama di kalangan anak muda jaman sekarang. Untuk membuka usaha ini, bukan berarti harus memiliki kedai kopi yang besar juga.

Kamu bisa menjual hasil kopi racikan khas yang kamu buat sendiri di rumah. Racikan kopi tadi selanjutnya bisa kamu tawarkan kepada keluarga, saudara, teman atau rekan – rekan kerja di kantor.

Modal dan waktu yang dikeluarkan juga tidak begitu banyak. Yang terpenting adalah niat dan usaha yang ditekuni dengan benar.


7. Menjual Camilan dan Makanan Ringan

Selain bisnis minuman, menjual camilan dan kue kering juga layak untuk dicoba sebagai ide usaha sampingan karyawan.

Kamu bisa mengerjakan pembuatan kue ini di hari sabtu dan minggu atau pada malam hari. Sistem yang bisa diterapkan yakni berupa pre order

Atau kamu harus mencatat seluruh pesanan pelanggan terlebih dahulu baru setelah itu dibuatkan kuenya. Sasaran konsumen yang bisa kamu jadikan target mulai dari rekan kerjamu di kantor dan lain sebagainya.


8. Membuka Jasa Desain Logo

Hampir sama dengan jasa desain grafis, desain logo juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan atau pelaku usaha yang baru membuka bisnisnya.

Jenis usaha ini cukup menguntungkan dan tidak perlu menyita banyak waktu seperti pada pembuatan desain grafis yang lebih rumit. Sobat kosngosan tetap bisa mengerjakan pekerjaanmu sebagai karyawan tanpa perlu khawatir akan terganggu.


9. Menjual Bumbu Instan Siap Pakai Untuk Masakan

Semakin berkembangnya zaman, banyak orang yang lebih menginginkan hal – hal praktis. Contohnya seperti bumbu masakan yang instan dan bisa langsung dipakai.

Peluang ini bisa kamu manfaatkan sebagai ide usaha. Karena selain tidak memakan banyak waktu dan modal, banyak sekali target pemasaran yang bisa kamu jadikan sasaran.

Kamu dapat menawarkan produkmu kepada tetangga atau rekan kerja kantormu terutama yang juga menjadi ibu rumah tangga. Pasti hal ini akan lebih memudahkan mereka dalam memasak tanpa harus membutuhkan waktu yang lama.


10. Usaha Jualan Frozen Food

Usaha frozen food ini juga menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan keuntungan besar untuk dijalankan.

Jika kamu seorang karyawan, kamu bisa melakukan usaha ini setelah pulang kerja. Bila waktunya memang masih kurang cukup, kamu bisa membuka pre order terlebih dahulu agar lebih mudah.

Tentunya untuk sebagian orang termasuk karyawan yang sangat sibuk, frozen food menjadi alternatif makanan yang sangat praktis dan efektif untuk dikonsumsi karena selain mudah didapatkan, proses pengolahannya juga tidak memakan waktu.


11. Jualan Produk Kesehatan

Khususnya di masa pandemi seperti sekarang ini, membuka usaha jualan produk kesehatan sangat cocok untuk dilakukan.

Sobat kosngosan bisa menjual berbagai produk seperti masker, hand sanitizer, dan lain sebagainya. Tidak membutuhkan modal yang sangat besar untuk memulai usaha ini. Kamu bisa membelinya secara grosir dan menjualnya kembali dengan harga yang telah kamu tentukan sendiri.


12. Menjadi Agen PPOB

Peluang usaha selanjutnya yang bisa dicoba oleh karyawan yang super sibuk adalah dengan menjadi agen PPOB.

Tidak perlu khawatir jam kerja terganggu, karena pekerjaan ini sifatnya fleksibel, bisa dikerjakan kapanpun dan dimanapun. Agen PPOB umumnya menyediakan kebutuhan pulsa, token, paket data, dan juga melayani pembayaran rekening listrik, PDAM, BPJS, dan lain sebagainya.


13. Membuka Bisnis Hampers

Hampir sama dengan buket, hampers juga banyak diincar orang karena umumnya seringkali digunakan sebagai bingkisan baik pada perayaan hari besar, ulang tahun, wisuda

Bisa juga sebagai buah tangan untuk klien tertentu. Isinya pun bisa beragam mulai dari snack, cokelat, kue kering, kosmetik, pernak – pernik rumah tangga dan masih banyak lagi.


14. Bisnis Air Minum Isi Ulang

Air minum menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang. Di beberapa tempat seperti kantor, perusahan, sekolah, dan restoran umumnya membeli air minum isi ulang agar lebih cepat dan praktis tanpa perlu memasaknya sendiri terlebih dahulu.

Membuka usaha ini juga sobat kosngosan tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Kamu hanya perlu membeli perlengkapan yang memadai.

Akan lebih baik juga jika kamu memiliki karyawan jadi tinggal mereka saja yang mengantarkannya kepada pelanggan dan kamu tetap bisa fokus dengan pekerjaanmu di kantor.


15. Membuka Jasa Jahit Vermak di Akhir Pekan

Peluang usaha terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan membuka jasa vermak baju dan celana pada hari sabtu dan minggu.

Cocok sekali untuk kamu yang memiliki pekerjaan yang sangat sibuk di kantor namun tetap ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Untuk tarif vermak sendiri juga bervariasi. Biasanya berkisar antara 7 – 10 ribu rupiah untuk memotong celana yang kepanjangan.

Baca juga : Contoh Ide Usaha Makanan Ringan


Kata Akhir

Memiliki usaha dari tekanan kerja alias untuk tujuan tambahan penghasilan memang bisa membantu kamu. Akan tetapi kamu justru harus menghindari stres kalau pekerjaan tersebut sudah bisa mengganggu kesehatan mental mu.

Jadi sobat kosngosan perlu membagi dan mengatur waktu yang imiliki. Jangan sampai kamu kurang istirahat dan menyebabkan masalah fisik dan juga mental. Demikian contoh ide usaha diatas, semoga membantu. jangan lupa untuk share artikel ini ya

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya