Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Desain Apotek Minimalis Terbaik

Keberadaan apotek modren menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat. Toko yang menjual obat obatan ini menyediakan kebutuhan sebagian besar masyarakat. Apabila kamu sakit kepala, demam atau pilek, pasti yang pertama terpikirkan adalah membeli obat di apotek, bukan? Oleh karena itu membuka bisnis apotek bisa menjadi prospektif.

Tapi sebelum itu, sobat kosngosan butuh contoh desain apotek dan tata ruang-nya yang unik dan bisa menarik calon pembeli. Walau ukurannya mini, tapi kamu harus bisa menghadirkan suasana modren dan minimalis yang terbaik.

Menurut Wikipedia, Apotek berasal dari bahasa Belanda, yaitu "Apotheek" yang berarti toko tempat meramu serta menjual obat berdasarkan resep dokter. Bisnis ini juga termasuk salah satu Usaha yang Menghasilkan Uang Setiap Hari

Selain itu, tempat ini juga memperdagangkan barang medis. Menurut KBBI, Apotek adalah tempat menjual dan membuat atau meramu obat. Apotek menjadi tempat apoteker melakukan praktik profesi farmasi dan menjadi peritel.

Untuk membuka bisnis apotek memang butuh biaya penyediaan obat obat an farmasi yang bisa menjadi porsi modal terbesar. Jadi kamu harus menjalin kerjasama yang baik dengan pihak PBF yang nantinya akan menguntungkan jika kalian bisa mendapatkan penawaran khusus apabila beli dalam jumlah tertentu.


Contoh Desain Apotek Modern

Sesuai dengan judul postingan diatas, kali ini kosngosan akan memberikan beberapa referensi desain apotek mini yang mungkin bisa menjadi inspirasi kalian

Sebelum memutuskan untuk membuka apotek atau toko obat-obatan yang unik dan berbeda dari apotek kebanyakan. Let's check these out!


Desain Apotek format Video

contoh desain apotek

Dibawah ini kamu bisa lihat konsep apotek yang minimalis dan berukuran kecil dalam format video, tapi sebelum menonton videonya

Kamu klik dulu tombol dibawah ini, nantinya akan diarahkan ke halaman baru berupa safelink, tunggu sampai beberapa detik hingga tombol download muncul, sobat koѕngosan akan diarahkan ke google drive dan klik tombol play videonya

Lihat Contoh Video Desain Apotek Disini

Desain apotek mini


desain apotek minimalis


desain apotek minimalis terbaik


desain apotek minimalis


Contoh desain apotek lainnya


contoh desain apotek


Contoh desain apotek modern


contoh desain apotek


Contoh desain apotek lainnya


desain apotek


Contoh desain apotek unik


contoh desain apotek


Contoh desain apotek lainnya


contoh desain apotek


Desain toko obat


contoh desain apotek


Contoh desain apotek toko obat


contoh desain apotek terbaik


Contoh desain apotek mini


contoh desain apotek minimalis


Contoh desain apotek lainnya


toko obat mini


Contoh desain apotek lainnya


design apotek


Contoh desain apotek lainnya


etalase apotek minimalis


Contoh desain apotek lainnya


desain apotek dan klinik


Contoh desain apotek dan klinik


desain klinik


Desain apotek dan praktek dokter


desain praktek dokter


Tips Memulai Usaha Apotek

Sebelum memuluai toko obat obatan, sobat kosngosan harus memperhatikan beberapa aspek seperti yang dibagikan dibawah ini :


Persiapkan Modal Awal

Untuk modal minimal yang harus dipersiapkan untuk membuka apotek adalah : Legalistas atau perizinan (sekitar 3 jutaan), Etalase (tergantung, estimasi 7-10 juta,

Pengadaan obat-obatan (sebaiknya kerjasama dengan apotek lagi karena kalo PBF kecuali syrup dan salep tidak bisa beli satuan, minimal 1 box.

Untuk pengadaan obat sekitar 15-30 juta) dan modal Operasional (karyawan, listrik, air, dan sewa tempat)


Lokasi Apotek

Posisi tempat jualan obat adalah hal yang paling penting. Hal ini menentukan strategi penjualan produk ini selanjutnya. Sebaiknya lokasinya harus dekat dengan klinik, rumah sakit atau tempat praktek kesehatan.

Areal pinggir jalan besar menjadi pilihan. Tapi biasanya sewa nya lebih mahal. Beruntung kalau sobat kosngoѕan sudah punya lokasi di pinggir jalan berupa ruko.


Survei Kompetitor

Jualan obat dan membuka apotek harus bisa menentukan harga obat yang lebih murah dari harga pesaing. Ini bisa dikatakan sebagai nilai tambah yang membedakan hargamu dengan pesaing di sekitar.

Kamu bisa mengadakan kegiatan survei kecil kecilan tentang harga obat yang ditetapkan oleh pesaingmu. Beli obat bebas tablet, syrup dan antibiotik.

Kamu juga bisa mengestimasi perkiraan biaya operasionalnya apotek pesaingmu dengan melihat jumlah pekerjanya, biaya listrik dan sewa bangunan disekitar tempat tersebut.


Lakukan promosi

Kegiatan penting promosi harus dilakukan. Pertama, lakukan promosi tradisional dengan mulut ke mulut . Informasi ini bisa menyebar secara alamiah.

Caranya adalah dengan menjalankan usaha apotek dengan tingkat standarisasi baik dan pelayanan yang memuaskan konsumen.

Promosi apotek lainnya bisa di lakukan dalam bentuk bakti sosial, sunatan masal, leaflet, spanduk yang menarik dan juga lewat media sosial

Baca juga : Alasan Memilih Jurusan Farmasi


Kata Penutup

Terakhir, membuka bisnis apotek di kota dan daerah desa sama-sama memberikan keuntungan, apabila dikembangkan dengan strategi yang tepat.

Keberadaan apotek memang sangatlah dibutuhkan orang orang. Siapapun yang mengalami sakit tentu saja memerlukan obat.

Keberadaan apotek juga diperlukan semua kalangan, dari masyarakat kelas atas, menengah dan bawah.

Semoga beberapa contoh desain apotek diatas, bisa bermanfaat buat teman teman kosngosan.com sekalian. Jangan lupa, klik tombol share dibawah dan jadikan ini sebagai referensi kalian ya, terimakasih!

Oleh rezaharahap