Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Alasan Memilih Jurusan Farmasi buat Mahasiswa

Apa motivasi masuk jurusan/program studi farmasi? Buat kalian calon mahasiswa yang saat ini sudah lulus sma atau smk, penting sekali mengetahui alasan kenapa kalian bisa memilih berbagai jurusan ketika masuk perguruan tinggi nantinya. Dengan mengetahui alasannya, kamu akan bisa menentukan rencana kedepannya seperti apa. Bagaimana kamu bisa kuliah dengan baik dan lulus, mengetahui karier dan juga masa depan mu dengan baik dan benar. Lalu disini mimin kosngosan.com akan menguraikan beberapa alasan penting kenapa kamu harus memilih jurusan farmasi.

Jurusan farmasi adalah salah satu jurusan kategori saintek atau IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), yang membahas mengenai segala hal dengan dunia obat-obatan. Seperti bahan kimia yang ada di dalam obat, proses pembuatannya, proses pengemasan, fungsi dan kegunaan hingga cara distribusi dan pengelolaan stok obat yang dipakai untuk menyembuhkan penyakit manusia.

alasan masuk farmasi

Beberapa Alasan Masuk Jurusan Farmasi di Perguruan Tinggi

Baiklah langsung saja to the point, kita akan membahas beberapa alasan atau point mengapa kamu harus masuk dan mengambil jurusan farmasi ketika kuliah nantinya. Selain prospek pekerjaannya yang cerah, berikut beberapa kelebihannya yang patut di perhitungkan :


1. Suka Belajar Eksperimen Seperti Kimia

Salah satu alasan memilih untuk masuk ke jurusan Farmasi adalah menyukai mata pelajaran eksperimen seperti Kimia saat di bangku SMA. Mata pelajaran kimia merupakan pelajaran favorit bagi beberapa orang. Jika sobat kosngosan menyukai mata pelajaran ini akan mendukung kamu untuk menuju ke arah jurusan Farmasi nantinya. Dimana, saat kuliah jurusan Farmasi akan diajarkan banyak tentang seluk beluk kimia seperti Kimia organik, Biokimia, Kimia dasar dan lainnya. 


2. Ingin Bisa Meracik Obat Sendiri

Alasan lainnya ingin masuk ke jurusan Farmasi adalah ingin bisa meracik obat sendiri. Jika sedang sakit, atau ada teman dan keluarga yang sakit, mahasiswa jurusan Farmasi dapat meracikkan obat sendiri untuk orang tersayang.

Selain bisa meracik obat sendiri, mahasiswa lulusan Farmasi akan lebih paham jenis-jenis obat, kandungan yang terdapat di dalam obat tersebut, bahkan dapat menyarankan beberapa obat untuk teman yang menderita sakit ringan.


3. Bisa Membuka Apotek Sendiri

Jika sudah kuliah dan praktek untuk beberapa waktu, mahasiswa jurusan Farmasi nantinya dapat membuka Apotek sendiri dan bisa meracik obat sendiri. Jika memiliki apotek dan kamu sendiri adalah apotekernya, akan sangat menyenangkan, karena hal ini merupakan cita-cita dari beberapa orang. Sehingga nantinya kamu tidak perlu mencari apoteker untuk apotek yang kamu miliki. 


4. Farmasi Merupakan Bidang Kesehatan

Jurusan Farmasi merupakan salah satu jurusan yang mengarah ke bidang kesehatan. Jurusan Farmasi adalah bidang kesehatan yang menggabungkan ilmu kimia dengan ilmu kesehatan. Bidang kesehatan Farmasi ini merupakan pilihan yang tepat jika ingin bekerja di bidang kesehatan. Selain asik, kuliah di jurusan Farmasi juga lebih ringan dibandingnkan dengan kuliah di jurusan Kedokteran.


5. Kuliah Jurusan Farmasi Memiliki Biaya kuliah yang Lebih Murah

Kuliah di jurusan Farmasi umumnya memiliki biaya kuliah yang lebih murah dibandingkan dengan jurusan di bidang kesehatan lainnya seperti jurusan kedokteran atau kurusan perawat. Jika kamu mencari kuliah di bidang kesehatan dengan biaya kuliah yang lebih ringan, jurusan Farmasi adalah salah satu pilihan yang tepat.


6. Jurusan Farmasi dapat Bermanfaat bagi Banyak Orang

Jika beberapa orang kuliah untuk mendapatkan pekerjaan dan mendapatkan uang, hal ini sudah sangat biasa di zaman ini. Namun jika kuliah dan dapat bermanfaat bagi banyak orang akan sangat luar biasa. Membuka stand untuk konsultasi obat dari beberapa penyakit di sekitar rumah sobat kosngosan yang berlokasi di Desa misalkan, hal ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan biaya untuk berobat. 


7. Farmasi Memiliki Prospek Kerja yang Bagus

Farmasi adalah salah satu program studi terfavorit di beberapa universitas. Beberapa alasan pemilihan program studi ini adalah memiliki prospek kerja yang mudah dan bagus.

Berikut merupakan beberapa pilihan kerja untuk lulusan Farmasi, Departemen Kesehatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM, Puskesmas atau Rumah Sakit, menjadi Apoteker di apotek sendiri atau apotek terkenal lainnya, menjadi dosen atau bekerja di industri obat-obatan atau kosmetik.


8. Jurusan Farmasi Sangat Kompleks

Belajar di jurusan Farmasi dapat membuat ilmu pengetahuan kamu menjadi lebih luas dibandingkan jurusan di bidang lainnya. Dimana saat belajar di jurusan Farmasi, kamu akan mendapatkan banyak jenis matakuliah. Mata kuliah yang umumnya dipelajari yaitu berupa bidang biologi seperti anatomi manusia, tanaman obat, kimia farmasi dan banyak lagi yang lainnya.


9. Jurusan Farmasi dapat Bekerja di Bidang Kosmetik

Jurusan Farmasi adalah jurusan yang satu-satunya mempelajari masalah kosmetik saat di perkuliahan. Sehingga beberapa orang lulusan Farmasi lebih banyak mengincar dan mencari kerja di bidang kosmetik karena mengukai bidang ini. Kamu dapat diterima bekerja di bidang kosmetik dengan mudah jika kamu lulusan Farmasi.


10. Jurusan Farmasi dapat Bekerja di Industri Obat

Industri obat ini merupakan sebuah badan usaha yang keberja dalam pembuatan bahan obat-obatan. Bidang industri obat ini umumnya sudah memiliki izin dari pemerintah atau Menteri Kesehatan secara resmi. Industri ini umumnya membuat obat atau bahan obat untuk beberapa penyakit. Industri ini membutuhkan banyak lulusan Farmasi untuk bekerja di industri tersebut.


11. Jurusan Farmasi dapat Bekerja di Farmasi Klinis

Farmasi Klinis adalah sebuah bidang kerja yang menerapkan beberapa obat kepada penderita yang sakit. Penerapan obat ini dilakukan dengan cara terapi obat, namun tentu dengan memperhatikan kondisi dari penderita yang sakit. Di sini lulusan Farmasi seperti sobat kosngosan hanya membantu mengarahkan, tentunya layanan ini akan dilakukan oleh dokter atau perawat.  


12. Jurusan Farmasi dapat Bekerja di Laboratorium Klinik atau Rumah Sakit

Jurusan Farmasi tidak harus bekerja di apotek, tetapi lulusan Farmasi juga dapat bekerja di rumah sakit dan klinik. Dimana seorang lulusan Farmasi juga dpat bekerja di Laboratorium. Bekerja dengan alat-alat laboratorium di rumah sakit dan klinik. 

Hal ini tidak akan sulit bagi lulusan Farmasi, karena mahasiswa lulusan Farmasi umumnya belajar di laboratorium saat kuliah. Jurusan Farmasi juga di ajarkan dan dikenalkan banyak alat-alat laboratorium dan cara penggunaannya saat kuliah. Sehingga hal ini dapat memudahkan lulusan Farmasi fleksibel dan dapat bekerja di bidang kesehatan apapun.


13. Jurusan Farmasi bisa Menjadi Dosen Farmasi

Bagi lulusan Farmasi yang lebih suka belajar dan mencari ilmu sebanyak-banyaknya dapat melanjutkan kuliah Master di bidang Farmasi. Saat lulus master nanti, master Farmasi dapat melamar bekerja menjadi dosen. Menjadi dosen adalah salah satu dari banyak alasan anak Farmasi memilih jurusan Farmasi. Dengan menjadi master dari lulusan Farmasi, lapangan pekerjaan sangat terbuka lebar untuk kamu.

Pilihan menjadi dosen sangat tepat bagi kamu yang suka belajar dan mengembangkan ilmu sesuai dengan perkemabangan zaman. Selain itu menjadi dosen juga bisa membuat kamu terus belajar dan memahami kebutuhan dari setiap mahasiswa. 


14. Manjad Peneliti di Bidang Farmasi

Selain bekerja di beberapa Industri dan dosen, lulusan Farmasi juga dapat menjadi seorang peneliti di bidang Farmasi. Pada umumnya jurusan Farmasi yang bekerja di laoratorium dan menjadi peneliti akan mencari beberapa potensi tanaman yang akan digunakan sebagai obat. 

Hal ini tidaklah mudah, kamu perlu mengidentifikasi kandungan dari masing-masing tanaman tersebut kemudian mengujinya terlebih dahulu. Setelah menguji dan dapat digunakan dengan aman, barulah obat tersebut dapat digunakan. Seorang peneliti akan diberikan dana dari pemerintah untuk melakukan hal ini. Dana dari pemerintah umumnya akan sesuai dengan proyek yang dilakukan. Hal ini adalah salah satu alasan kenapa harus masuk dan memilih jurusan Farmasi.


15. Jurusan Farmasi Memiliki Masa Depan yang Cerah

Jurusan Farmasi memiliki banyak pilihan kerja di bidang yang diinginkan. Sehingga memilih Farmasi saat kuliah adalah merupakan pilihan yang tepat. Banyak bidang pekerjaan yang menunggu bagi mahasiswa Farmasi setelah lulus. Masa depan yang cerah menunggu bagi mahasiswa yang memilih jurusan ini.

Baca juga : Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak SMK


Kata Penutup

Jurusan farmasi merupakan salah satu jurusan yang cukup banyak peminatnya. Banyak dari kalangan anak sma yang jurusan IPS maupun IPA . Untuk prospek pekerjaan nya sendiri juga cukup banyak. Karena yang namanya apoteter dan juga ilmu obat obatan sellau berkembang dari tahun ke tahun. 

Semoga saja kamu yang ingin masuk jurusan ini bisa diterima dengan baik di perguruan tinggi favorit sobat kosngosan.com sekalian. Semoga beberapa alasan memilih jurusan farmasi diatas bisa bermanfaat buat kalian. Jangan lupa sebagai bentuk partisipasi kalian, share dan sebarkan artikel ini ke lini masa sosial media kalian ya. Terimakasih sudah membantu!

Oleh rezaharahap