Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Desain Rumah Walet 4x4 berbagai Lantai

Tertarik untuk ternak burung walet? Modal pertama yang harus dipersiapkan adalah rumah walet dengan berbagai desain dan ukuran. Kalau kamu sedang bingung menentukan desain rumah walet mana yang tepat dengan modal yang kamu miliki saat ini, pada kesempatan kali ini kosngosan akan mencoba memberikan beberapa contoh referensinya untuk kalian. Penasaran? mari kita bahas sedikit mengenai prospek usaha sarang walet ini di sekitar kita dan bagaimana target pasarnya.

Apa yang dimaksud dengan rumah walet? Rumah walet adalah tempat yang khusus dibangun untuk tempat tinggal burung walet dalam menghasilkan sarannya, yang kemudian dipanen dan dijual untuk memperoleh keuntungan. Seperti yang kita ketahui, sarang burung jenis ini begitu diminati dan memiliki harga yang relatif mahal

Untuk desain yang lumrah, ada beberapa ukuran. Seperti misalnya ukuran 4x4, ukuran 6x12, 4x6, 4x8 dan biasa terbuat dari beton (walapun ada juga yang dari kayu) dan bisa dibangun beberapa lantai (seperti 2, 3 sampai 4 lantai) untuk efisiensi tempat.


Desain Rumah Walet 4x4 beberapa Lantai

Sesuai dengan pembahasan kosngoѕan.com kali ini, kalau kalian punya lahan seluas 4x4 atau lebih, maka bisa membangun rumah walet sebagai salah satu peluang usaha sampingan selain pekerjaan tetap yang menjanjikan. 

Kalau kamu masih bingung bagaimana gambaran besar dari bangunannya, sekiranya bisa lihat beberapa referensi yang kami berikan dibawah ini :


Contoh Desain Rumah Walet
 
Contoh Desain Rumah Walet 4x4 Beberapa Lantai


Contoh Desain Rumah Walet
 
contoh Desain Rumah Walet


Contoh Desain Rumah Walet
 
Contoh Desain Rumah Walet


Contoh Desain Rumah Walet dari kosngosan
 
Desain Rumah Walet sederhana


Contoh Desain Rumah Walet
 
Contoh Desain Rumah Walet 4x4


Contoh Desain Rumah Walet
 
Desain Rumah Walet Minimalis


Contoh Desain Rumah Walet
 
Desain Rumah Walet


Contoh Desain Rumah Walet
 
Contoh Desain Rumah Walet 2 lantai


Contoh Desain Rumah Walet
 
Desain Rumah Walet


Contoh Desain Rumah Walet
 
Contoh Desain Rumah Walet 4x4


Tips Membangun Rumah Walet

Bangunan Menyerupai Habitat Asli

Membangun rumah walet yang bagus pertama adalah dengan menekankan bahwa mereka harus nyaman dan sesuai dengan habitat aslinya. 

Rumah walet yang bagus itu tidak selalu harus besar dan luas, apalagi mewah. Hal yang lebih penting harus memastikan lingkungan yang kondusif dan jauh dari kebisingan dan gangguan luar.


Menentukan Ukuran dan Bentuk Dalam 

Bentuk dalam rumah walet harus punya ruangan yang luas tanpa adanya penghalang yang mengganggu burung untuk melintas. 

Usahakan untuk bagian tengah dari bangunannya harus luas. Selain itu juga demi memudahkan proses perkawinan burung jantan dan betina. 


Tambahkan Papan Sirip

Ini memang hal dasar, dengan menambahkan sekat saja sebagai tempat yang potensial bagi walet merangkai sarang. 

Tapi jangan sembarang memasang, perhatikan jumlah sekat, jangan terlalu banyak, karena bisa menyebabkan suhu ruangan menjadi terlalu panas


Dinding Dalam Rumah Walet

Terdapat beberapa pilihan bahan yang dapat sobat koѕngosan gunakan untuk membangun bentuk dalam rumah walet, yaitu menggunakan bata merah, batako atau hebel. Masing masing dari ketiga bahan itu punya kelebihan dan kekurangannya masing masing.


Membuat Kolam

Seperti yang telah dijelaskan supaya memancing burung walet memasuki rumah kamu harus membuat rumah menyerupai habitat alaminya. 

Dengan membuat adanya kolam ini, rumah walet akan terasa dingin dan lembap seperti pada habiat aslinya yang ada di gua.

Baca juga : Contoh Usaha Rumahan Modal 50 Ribu-an


Kata Akhir

Memang salah satu usaha jangka panjang yang begitu menggoda adalah ternak burung walet. Sarang walet berkualitas, bisa diekspor dengan harga selangit. 

Unsur lainnya yang perlu sobat kosngosan perhatikan untuk keberhasilan bisnis ternak dan budidaya sarang walet adalah lokasi dan desain rumah yang ingin dibangun. Tidak boleh sembarangan dan harus mengikuti rekomendasi para ahli. 

Hal ini berpengaruh sekali terhadap usaha yang nantinya diharapkan bakalan sukses. Semoga contoh diatas, bisa bermanfaat dan menjadi referensi buat kalian ya. terimakasih, jangan lupa share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian ya

Oleh rezaharahap