Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari

usaha kebutuhan setiap hari

Bisnis apa yang dibutuhkan orang setiap hari? tentu saja usaha yang berkaitan dengan kebutuhan sehari hari yang banyak diperlukan masyarakat. Oleh karena itu, kali ini kita akan mencoba memberikan beberapa ide untuk kalian dalam memulai wirausaha tersebut. Yang namanya peluang usaha memang sangatlah penting, sebagai pandangan kita dalam memulai bisnis.

Menurut kami, usaha yang paling menjanjikan memberi penghasilan bagi kita setiap harinya. Jadi jenis barang atau jasa yang dijual adalah kebutuhan yang mendasar di kehidupan sehari-hari. Walaupun terkesan sepele, tapi kalau terjual secara rutin dan massif, maka bisa memberikan keuntungan berlipat, bukan?

Berbicara mengenai peluang usaha memang tidak ada habisnya. Setiap waktu jenis bisnis baru selalu bermunculan, di sisi lain ada juga bisnis yang redup dan bahkan tidak laku lagi. Sebagai pebisnis, sobat kosngosan harus jeli dan responsif dalam mencari setiap celah peluang yang ada.


Contoh Bisnis yang Dibutuhkan Setiap Hari

Dari judul diatas, kita sudah bisa menebak akan seperti apa poin poin penting yang akan dijabarkan dibawah ini. Tentu saja, berikut ini sebagai contoh usaha yang menghasilkan uang setiap hari yang bisa kamu jadikan sebagai referensi dalam memulai usaha :


1. Jual Sembako

Sembako singkatan dari sembilan bahan pokok yang merupakan kebutuhan paling mendasar yang harus dipenuhi setiap hari.

Sembako antara lain; beras, sayur, minyak, telur, daging, gula, garam, minyak tanah/gas, dan susu. Di Indonesia tidak melulu beras yang jadi bahan pokok utama, bisa juga diganti dengan ubi, jagung dan sagu. Sagu dari daerah bagian timur yaitu Maluku, Nusa tenggara dan Papua.

Jagung masih digunakan sebagai ganti beras di sebagian masyarakat Madura. Kemudian minyak goreng bisa diganti dengan mentega/margarin, minyak tanah yang sudah jarang digunakan semenjak gas beredar sampai ke pelosok.


2. Jual Sayur

Banyaknya penjual sayur setiap hari membuktikan betapa pentingnya sayur untuk dikonsumsi. Mulai dari pasar, warung sampai emperan-emperan jalan trotoar.

Sayur bayam, kangkung, brokoli, bunga kol, sawi, kacang panjang, wortel, buncis dsb selalu tersedia sehingga mudah sekali ditemukan.

Sayur juga sobat kosngosan jual dengan cara disusun di atas gerobak lalu dijajakan dengan mendorong gerobak melewati perumahan warga. Penjual dengan gerobak sayur bisa jadi salah satu pedagang favorit emak-emak yang punya anak kecil dan repot setiap hari, karna hemat tenaga dan hemat waktu.


3. Jual Ikan

Ikan merupakan sumber protein yang sangat penting bagi pertumbuhan tubuh kita. Selain itu, ikan juga mengandung nutrisi lain yang memiliki banyak manfaat.

Ikan terbagi menjadi ikan tawar dan ikan laut. Keduanya mengandung asam lemak omega 3 yang jauh lebih tinggi dibanding sumber protein hewani lainnya. Ikan yang paling kaya akan omega 3 yakni ikan salmon, sarden dan tuna.

Asam lemak omega 3 ini mempunyai manfaat seperti membantu kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, mencegah depresi, membantu fungsi otak yang sehat dan perkembangan penglihatan dan saraf bayi selama kehamilan.


4. Jual Ayam

Kebanyakan anak-anak lebih menyukai ayam daripada ikan. Olahan ayam juga lebih bervariasi dibanding ikan. Ayam goreng, ayam krispi, ayam geprek, ayam penyet, ayam pecak, nugget ayam, dll.

Ayam mengandung vitamin B3 dan B6, vitamin B3 dalam ayam berjumlah sangat tinggi, bisa memberikan hampir 72% dari total kebutuhan harian tubuh kita.

Sedangkan vitamin B6 adalah vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk memetabolisme karbohidrat, lemak, dan protein, memproduksi sel darah merah, serta memperkuat kekebalan tubuh. Akan tetapi di kulit ayam terdapat banyak lemak.

Oleh karna itu sobat kosngosan disarankan agar melepas kulitnya agar nilai gizi dapat terjaga, selingi dengan cara memanggang ayam daripada selalu menggorengnya.


5. Jual Aneka Sarapan

Sarapan sangat penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Jika perut masih dalam keadaan kosong, rasanya tubuh masih lemah dan tentunya kurang bersemangat.

Maka sarapan pagi adalah solusinya, cukup porsi kecil, sarapan sudah sangat membantu menguatkan tubuh. Adapun contoh sarapan pagi yaitu sate, nasi goreng, nasi soto, nasi kuning, nasi gurih, nasi uduk, mie, lontong,dll.

Setelah selesai sarapan, kamu akan lebih rajin memulai pekerjaan. Buatlah sarapan yang mempunyai ciri khas dan mengandalkan rasa agar mudah mencari pelanggan.


6. Jual Bubur

Ada tipe orang yang susah sarapan apalagi makan makanan berat di pagi hari. Mungkin belum berselera. Namun, sarapan di pagi hari tetaplah penting.

Bubur bisa menjadi alternatif atas permasalahan berikut, salah satunya bubur ayam, bubur yang gampang dicerna dengan tampilan warna hijau cerah kekuningan memberi kesan segar dan menarik.

Ditambah taburan bawang goreng yang wangi, semakin menambah selera. Atau bagi pecinta makanan manis, kita bisa menjualkan bubur sumsum, bubur kacang hijau, bubur candil, bubur ketan hitam, bubur sagu dsb. Bubur tersebut sudah cukup menjadi pengganjal perut sebelum nantinya masuk makanan berat.


7. Jual lauk pauk masak/Warung Makan

Lauk pauk masak juga bisa kita jual di pagi, siang atau malam hari. Bagi yang tidak sempat masak karna berbagai macam alasan atau ibu-ibu dengan drama mengurus anak

Atau juga pekerja dari luar kota, ataupun anak kost yang malas masak pasti akan membeli lauk pauk masak yang dijual di warung makan. Jika kamu tertarik usaha lauk pauk masak/warung makan ini sebaiknya buat menu yang banyak dan ala rumahan yang sedap

Terlebih sobat kosngosan memberikan harga murah atau paket murah. Misalnya paket nasi dengan pesan dua lauk, gratis es teh manis. Dijamin pemburu warung makan akan segera mendekat


8. Jual Roti/Kue

Yang hobby ngebaking, ada baiknya mencoba usaha jual roti atau kue. Usaha bakery juga termasuk usaha yang diminati banyak orang saat ini.

Peminatnya mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, para orangtua dan kakek nenek. Untuk anak-anak berikan pilihan kue yang manis dengan toping warna cerah yang tertancap buah ceri atau strawberry di atasnya. Untuk orangtua pilihkan kue atau roti yang lembut dan mudah dicerna.


9. Jual Minuman

Minuman segar di siang hari sangat diinginkan oleh tubuh. Menambah ion agar segar kembali dan rajin melanjutkan aktivitas.

Jual minuman juga cocok dilakukan setiap hari, karna tiap hari pasti tubuh membutuhkan air. Minuman air mineral, air asam, kelapa muda, cappucino cincau, dan berragam jus.

Jus tentu saja minuman yang memberikan manfaat lebih untuk tubuh, bisa juga menambah energi. Jus mangga, jus apel, jus alpukat, jus buah naga dan jus jeruk sering menjadi incaran orang-orang yang kehausan.


10. Jual Pulsa

Setiap hari pasti ada saja orang yang kehabisan pulsa. Untuk itu kita bisa buka usaha jual pulsa dipinggir jalan. Jadi orang-orang yang kehabisan pulsa bisa mengunjungi counter kita.


11. Usaha Pertamini

Barangkali sobat kosngosan pernah dengar orang kehabisan minyak bensin di tengah jalan, atau mau isi bensin ke SPBU tapi antriannya luar biasa, padahal mereka sedang sangat terburu-buru.

Cocoknya kamu beri mereka jawabannya yaitu dengan mengisi minyak bensin di usaha pertamini-mu. Ada banyak jenis SPBU skala kecil ini, seperti pertashop, pertamini, atau bbm eceran


12. Usaha Catering

Banyak kaum wanita karier atau ibu-ibu pekerja yang dituntut untuk berangkat kerja di pagi buta dan mengakibatkan tidak lagi sempat untuk masak.

Jangankan untuk memasak, untuk membeli lauk keluar juga mereka tak ada waktu lagi. Untuk itu bagi yang pinter masak, kamu bisa menyalurkan hobbymu dengan membuka usaha catering rumahan

Kamu juga bisa bayar mingguan ataupun bayar bulanan. Itu sangat membantu mereka yang sibuk, dengan mengantarkan menu masakan sampai ke depan pintu rumah mereka.


13. Warung Kopi

Kebiasaan minum kopi di pagi hari sudah menjamur di kaum lelaki. Kini bukan hanya kaum lelaki yang suka minum kopi, tapi sudah merambah pada kaum perempuan. Kalau dulu warung kopi identik dengan minuman lelaki tapi tidak berlaku untuk sekarang, buktinya banyak warung kopi yang isinya kaum wanita.


14. Apotek

Apotek merupakan salah satu jenis usaha dalam bidang perdagangan, akan tetapi usaha apotek tidak bisa disamakan dengan usaha dagang biasa karna harus mampu mencatat penjualan obat resep, data dokter dan pelanggan.

Buka apotek juga harus melalui prosedur dan izin dari pemerintah. Apotek adalah usaha yang sangat bermanfaat karna membantu orang sakit yang butuh obat.


15. Bengkel

Jika sobat kosngosan adalah seorang mekanik, maka bukalah usaha bengkel sendiri, namun jika kamu masih ragu akan kemampuanmu, carilah seorang montir yang benar-benar handal agar usahamu berjalan dengan baik.

Kunci membuka usaha adalah terletak pada pelayanannya. Sebab itu, berilah pelayanan yang terbaik dan bersikap jujur agar pelanggan puas. Apa yang membedakan bengkel resmi dan bengkel umum?

Bengkel resmi pada umumnya memberi rekomendasi sesuai peraturan saja pada konsumen, lain hal dengan bengkel umum yang dapat kita komunikasikan dengan leluasa.

Adapun beberapa contoh bisnis lainnya sebagai berikut :

16. Jasa bersih bersih kos kosan

17. Laundry Helm, Ambal, dll

18. Penyedia lahan parkir

19. Jasa Kursus atau Pelatihan Bidang tertentu

20. Jual Produk Pertanian

Baca juga : Contoh Gerobak Jualan yang Keren


Bagian Penutup

Berbisnis memang harus mengedepankan kebutuhan konsumen dan peluang yang sedang ada didepan mata. Demikian telah kosngosan jabarkan beberapa contoh produk yang kita butuhkan setiap hari, semoga tulisan di atas dapat menimbulkan inspirasi bagi kamu yang ingin mencoba berbisnis. Jangan lupa klik tomnbol share dibawah, dan bagikan artikel ini ke linimasa social media kalian ya. Terimakasih banyak!

Oleh rezaharahap