Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengukur Baju Anak Perempuan dan Laki Laki

Bagaimana cara mengukur baju anak yang dibeli secara online? Dalam menentukan baju anak mana yang ingin kamu beli, ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan, yakni mengenai desain dan juga ukurannya. Hal ini tidak boleh diabaikan tujuannya agar kamu bisa mendapatkan baju dengan ukuran yang sesuai dengan badan anak dan tidak menyesal setelah membelinya.

Pertimbangan ini berlaku bagi kamu saat membeli baju baik secara online maupun offline pada toko – toko konvensional.Meski begitu sebenarnya, di era yang semakin modern ini kita tidak perlu merasa kesulitan sebab sudah banyak toko yang menjual pakaian berdasarkan usia baik dari anak kecil hingga dewasa.

Tapi hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa ukuran baju yang tertera benar – benar sesuai dengan badan si kecil. Sebab terutama bagi produsen kaos import, mereka seringkali menggunakan size chart yang sama dengan kaos luar negeri, berbeda dengan size chart lokal.

Oleh karena itu, penting bagi sobat kosngosan untuk mengetahui size baju dengan baik supaya meminimalisir pakaian yang kekecilan atau kebesaran ketika membeli di toko baju anak.


Cara Menentukan Ukuran Baju Anak

Cara Mengukur Baju Anak

Ada beberapa tips dan langkah – langkah yang bisa kamu coba untuk mendapatkan standar ukuran baju anak yang tepat.

Dengan demikian, kamu bisa memperoleh ukuran yang sesuai dengan kebutuhan dan badan si kecil tanpa khawatir akan kekecilan atau kebesaran nantinya. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan :


1. Coba Libatkan Anak Secara Langsung Saat Membeli Baju

Hal pertama yang paling mudah untuk kamu lakukan adalah dengan mengajak anak langsung saat kamu ingin membeli dan memilih baju untuk mereka.

Hal ini dapat mencegah terjadinya kesalahan dalam pengambilan ukuran. Biarkan mereka ikut berbelanja dan memilih baju mereka sendiri.

Selain itu mereka juga bisa mencoba langsung pakaian yang mereka inginkan, jadi kamu bisa menilai apakah ukuran tersebut pas atau tidak di badan mereka.


2. Pilihlah Baju Yang Sesuai Dengan Usia Anak

Tips selanjutnya yang bisa kamu terapkan adalah dengan memilih baju sesuai dengan usia anak saat itu. Kebanyakan penjual juga sudah paham betul mengenai hal ini, jadi kamu hanya perlu mengatakan berapa usia anak, lalu si penjual pun akan langsung mencarikannya.

Kemudian, bagaimana jika semisal postur tubuh anak tidak sesuai dengan usia mereka? Nah, kamu bisa mengira – ngira sendiri ukuran pakaian berdasarkan kebutuhan.

Misalnya jika seorang anak berusia 5 tahun namun ternyata postur tubuhnya lebih besar, maka sobat kosngosan bisa mencoba membeli ukuran baju untuk anak yang berusia 6 tahun supaya meminimalisir pakaian kekecilan.


3. Gunakan Tabel Size Chart Sebagai Panduan Ketika Memilih Ukuran Baju Anak

Tips ketiga ini cocok bagi kamu yang ingin membeli baju import anak secara online pada marketplace yang tersebar di jaringan sosial.

Karena tidak bisa melihat dan mencobanya langsung, tentu beberapa orang akan sedikit kesulitan menentukan ukuran pakaian yang pas untuk sang anak. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan tabel size chart yang tersedia sebagai patokan dalam menentukan size baju yang tepat untuk anak.

Umumnya, setiap brand busana sudah memiliki tabel ukuran baju yang berbeda untuk masing – masing produknya.

Selain itu, pada tabel size chart ini sudah tertera jelas beberapa informasi seperti panjang baju, lingkar dada, estimasi usia, panjang lengan, dan lain sebagainya.

Untuk bagian celana juga sudah ada lingkar kaki, dan juga panjang celana yang bisa disesuaikan dengan ukuran tubuh masing – masing.

Dengan adanya tabel ukuran ini, tentu akan membuat kamu lebih mudah untuk menentukan acuan standar sebelum memilih pakaian mana yang tepat untuk anak. Kamu juga tidak perlu repot – repot mengukur badan anak menggunakan pita ukur secara mandiri. Mudah bukan?


4. Memilih Ukuran Baju Yang Lebih Besar Dari Ukuran Normal

Jika kamu masih merasa takut pakaian yang kamu beli akan kekecilan pada anak nantinya, kamu bisa mengakalinya dengan memilih ukuran baju yang lebih besar satu size dari aslinya.

Tentu lebih baik kebesaran daripada kekecilan kan? Sebab jika kebesaran, kamu masih bisa mengecilkannya atau menunggu pakaian benar – benar muat pada anak di waktu yang tepat. Namun jika kekecilan, pasti akan lebih rumit lagi karena kamu hanya bisa pasrah saja.

Selain itu, pakaian yang lebih besar dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama. Anak pun juga akan merasa lebih nyaman saat memakai pakaian dengan ukuran yang agak longgar dan tidak sempit.


5. Baca Detail Informasi Mengenai Ukuran Baju Dengan Cermat

Kalau kamu lebih senang berbelanja di online marketplace, tips yang satu ini jangan sampai kamu lewatkan. Pastikan kamu selalu membaca informasi yang sudah tertulis pada deskripsi produk.

Khususnya mengenai size atau ukuran baju anak. Setiap baju yang dijual pada toko online baik melalui Instagram, Facebook, Twitter, maupun marketplace lainnya tentu selalu disertai dengan deskripsi yang lengkap untuk diketahui para calon pembeli.

Hal tersebut umumnya mencakup tentang merk, desain, model, bahan yang dipakai, ukuran, dan informasi tambahan lainnya.

Informasi yang diberikan akan sangat membantu kamu dalam menentukan dan memilih baju mana yang ingin kamu beli nantinya.

Jadi apabila kamu masih merasa ragu dan bingung mengenai ukuran pakaian, jangan pernah ragu untuk menghubungi seller dan meminta informasi lebih lanjut. Selain itu, ingatlah untuk tidak sembarangan dalam memilih toko online.

Biasakan untuk mengetahui informasi toko dengan teliti. Akan lebih baik jika kamu memilih berbelanja langsung di toko official supaya kamu merasa lebih aman dan nyaman.


Size Chart Baju Anak Import

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mungkin beberapa produsen kaos cenderung menggunakan patokan ukuran yang berbeda dengan ukuran baju anak lokal.

Bahkan bisa saja mereka membuat kaos dengan ukuran yang mereka buat sendiri tanpa berpatok pada standar ukuran manapun. Hal ini seringkali membuat beberapa orang tua menjadi kesulitan untuk menemukan ukuran baju yang pas untuk anak mereka.

Namun sobat kosngosꭤn tidak perlu khawatir sebab sekarang kamu bisa menggunakan tabel size chart kaos anak international sebagai panduan untuk memilih ukuran baju yang sesuai dengan badan mereka.



Size Chart Baju Bayi Import

Untuk kamu yang masih memiliki anak dibawah usia 2 tahun, mungkin akan sedikit bingung menemukan ukuran yang cocok bagi pakaian mereka karena takut kekecilan atau kebesaran.

Nah, tabel di bawah ini mungkin bisa membantu kamu untuk menemukan acuan ukuran yang tepat saat memilih baju bayi import terutama secara online. Ukuran yang digunakan ini merupakan ukuran standar USA.


Di beberapa negara besar seperti Amerika, Australia dan Inggris, ukuran pakaian yang ditentukan berdasarkan dengan usia anak. Sedangkan di wilayah Eropa ukuran pakaian anak didasarkan dengan melihat tinggi tubuh anak dalam satuan cm.

Jadi jika kamu membeli pakaian anak yang berasal dari Amerika, kamu biasanya akan menemukan ukuran pakaian seperti pada label 12-18 m, 18-24 m, 23/24 m, 2T, dan juga 4T.

Nah arti dari ukuran tersebut, huruf m menandakan bulan (months) yakni ditujukan untuk anak yang masih berumur sekian bulan. Dan untuk huruf T berarti Toddler atau balita, yakni diperuntukkan bagi anak yang berusia sekitar 2-4 tahunan.

Baca juga : Contoh Ide Outfit Interview Kerja


Penutup

Semoga beberapa informasi dari kosngosan diatas bisa bermanfaat buat orangtua, tidak hanya untuk kepentingan menjahit baju saja.

Akan tetapi mengetahui ukuran baju anak dapat berguna pula ketika orangtua akan membelikan baju tetapi mereka tidak membawa anak, atau membeli secara online. Dengan ukuran yang tepat, baju yang dibeli tidak akan kekecilan atau kebesaran.

Jangan lupa untuk klik tombol share dan bookmart halaman ini untuk berkunjung kembali ya, terimakasih!

Oleh rezaharahap