Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Mengukur Celana yang di Beli Online

Mengetahui ukuran celana yang akan dibeli secara online lewat marketplace seperti shopee, tokopedia atau tiktok shop menjadi hal yang penting untuk kamu kuasai. Mengapa? karena salah beli, kamu harus lakukan serangkaian proses return yang memakan waktu dan tenaga. Untuk itu, kali ini kosngosan.com akan memberi tahu cara mengukur lingkar dan lebar pinggang celana (khususnya jeans) untuk kalian para cewek atau perempuan yang dibeli secara online.

Celana jeans menjadi salah satu pilihan celana yang seringkali dipakai dalam berbagai kegiatan sehari – hari mulai dari formal maupun non-formal. Selain karena warnanya yang netral, celana jeans juga mudah dipadu padankan dengan bermacam – macam outfit dan model atasan lainnya.

Meski begitu, menentukan ukuran celana jeans ternyata tidak semudah yang dibayangkan, terutama bagi cewek-cewek. Banyaknya jenis ukuran yang disediakan seringkali membuat kita bingung apakah ukuran tersebut memang benar tepat atau tidak ketika dikenakan.

Apalagi jika kamu membeli pakaian secara online, tentu kamu tidak bisa melihat dan mencobanya secara langsung. Padahal dengan memilih ukuran celana yang tepat, kamu akan merasa lebih rapi dan nyaman ketika memakainya.

Selain itu, celana jeans buat cewek yang pas akan membuat bentuk tubuh terlihat lebih ramping dan ideal. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara mengukur celana jeans yang tepat sesuai dengan kebutuhanmu masing – masing.

Dalam pembahasan kali ini, kosngosan akan menjelaskan tentang cara mengukur celana jeans wanita dengan benar, supaya kamu bisa lebih bijak menentukan ukuran celana yang kamu pakai agar tidak kekecilan maupun kebesaran.


Cara Mengukur Celana Beli Online

Cara Mengukur Celana Beli Online

Bagaimana cara mengukur celana yang kamu beli secara online? Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah, pastikan kamu mengukur bagian tubuhmu dengan benar lalu sesuaikan dengan petunjuk atau keterangan yang tertulis pada deskripsi produk.

Menentukan ukuran yang terbaik merupakan tantangan tersendiri setiap kali ingin membeli pakaian. Jadi pastikan kamu menentukan ukuran yang tepat agar tidak salah pilih.

Untuk mengukur pinggang celana jeans, kamu bisa menggunakan meteran atau kain penjahit. Caranya adalah sebagai berikut:

a. Pastikan celana jeans yang akan diukur terletak tegak lurus dengan lantai

b. Letakkan meteran atau kain penjahit di sekitar bagian pinggang celana jeans, di belakang pinggang.

c. Rapatkan meteran atau kain penjahit di belakang pinggang celana jeans, namun jangan terlalu ketat sehingga tidak merusak bentuk celana jeans.

d. Baca ukuran pinggang celana jeans dengan menggunakan meteran atau kain penjahit.

e. Jika kamu menggunakan meteran, pastikan meteran terletak tepat di tengah-tengah celana jeans, tidak terlalu ke depan atau ke belakang.

f. Jika kamu menggunakan kain penjahit, tarik kain penjahit sehingga terasa sedikit ketat di pinggang celana jeans, kemudian tandai ujung kain penjahit dengan pena atau spidol. Kemudian, ukur panjang dari tanda pertama hingga tanda kedua dengan menggunakan meteran.

g. Catat ukuran pinggang celana jeans yang sudah kamu dapatkan.

h. Jika kamu ingin membeli celana jeans baru dan tidak yakin dengan ukuran yang sesuai, kamu bisa mengukur pinggang kamu sendiri dengan cara yang sama dan mencocokkannya dengan ukuran yang tercantum pada tabel ukuran celana jeans.


Tips Lainnya

Namun, jangan lupa untuk memperhatikan ukuran pinggul dan panjang celana jeans juga agar celana jeans yang kamu beli nyaman dipakai.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli celana jeans, yaitu sebagai berikut :

a. Waist (lingkar pinggang) : ukurlah bagian terkecil dari pinggang kamu, yakni terletak di bawah tulang rusuk dan di atas pusar. Pastikan menggunakan pita pengukur dengan pas dan jangan terlalu kencang.

b. Thigh (lingkar paha) : ukur bagian paha dengan cara melingkarkan pita pengukur pada paha bagian atas. Usahakan pita pengukur tidak sampai menekan kulit agar nantinya ukuran yang didapat tidak terlalu nge pres.

c. Hips (lingkar pinggul) : lingkarkan pita pengukur ke sekeliling tulang pinggulmu dengan cara memutar, ingat jangan terlalu kencang juga melingkarkan pita pengukurnya.

d. Inside Leg (panjang kaki bagian dalam) : untuk mengukur panjang kaki, tempatkan pita pengukur secara vertikal di sepanjang paha bagian dalam, kemudian ukur panjangnya kearah bawah celana jeans.

Cara Mengukur Celana Beli Online Wanita

Ketahui Ukuran Celanamu Sendiri

Ada banyak alasan kuat yang mendukung mengapa kamu harus mampu mengukur celanamu sendiri sesuai dengan ukuran tubuh masing – masing. Beberapa diantaranya seperti :

1. Untuk menghindari kesalahan ukuran saat membeli celana seperti resiko kekecilan atau kebesaran.

2. Supaya kamu mendapatkan ukuran celana yang presisi dan ideal ketika dikenakan nantinya.

3. Sebagai bahan pertimbangan yang dapat digunakan sebelum kamu membeli celana.

Untuk itu, kamu wajib sudah ada data dan informasi berapa cm untuk lingkar pinggang, lingkar paha, lingkar pinggul dan panjang kaki mu. 

Ketahui berapa toleransi yang dikasih oleh penjual. Jangan ragu untuk chat dan bertanya langsung. Toleransi ini penting untuk kamu ketahui, karena ada batas maksimum dan minimum data yang diberikan di deskripsi produk yang dijual online.


Sesuaikan Potongan Celana dari Proporsi Tubuh Kamu

Pilih dan tentukan potongan bagian pakaian mana yang paling sesuai dengan proporsi tubuh agar menampilkan kesan yang seimbang dan ideal.

Jika sobat kosngosan ingin menonjolkan bagian kaki agar terlihat lebih panjang, maka pilihlah celana jeans yang sifatnya high rise serta sedikit lebih longgar di bagian pergelangan kakinya.

Jika kamu ingin tampil lebih kurus, maka kamu juga bisa memilih jenis celana jeans yang super skinny fit agar terlihat lebih ramping.


Jangan Ragu Untuk Bertanya

Meski sudah tahu ukuran celana atau pakaian yang ingin kamu pilih, namun jangan sungkan bertanya jika kamu masih ragu dan butuh penjelasan lebih.

Segera hubungi penjual dan tanyakan mengenai apa yang ingin kamu ketahui. Pastinya penjual akan dengan senang hati membantu dan menjawab pertanyaanmu agar lebih mudah menentukan ukuran pakaian yang pas nantinya.


Lihat Testimoni Pembeli Langsung

Testimoni Pembeli Langsung
Lihat beberapa gambar dan testimoni pembeli yang sudah membeli celana tersebut online tersebut. Ini adalah bukti satu satunya yang bisa kamu jadikan sebagai patokan, apakah ukuran yang mereka beli sesuai dengan data yang tertera di deskripsi produk.


Pahami Garansi yang Didapat Setelah Belanja

Jika kamu khawatir tidak mendapatkan ukuran yang sesuai dengan tubuh kamu, maka pastikan memilih toko atau official shop yang menawarkan garansi pengembalian ketika barang tidak sesuai atau mengalami kerusakan.

Ada banyak sekali official shop di online marketplace yang menawarkan produk dengan jaminan 100 persen original, gratis pengembalian selama 7 hari, gratis ongkos pengiriman, dan juga dilindungi di bawah garansi brand marketplace tertentu seperti Shoppee Mall.


Tips Lainnya Mengukur Celana Sendiri

Selain cara yang telah disebutkan diatas, ada beberapa tips lain yang bisa kamu praktikkan dengan lebih mudah untuk mendapatkan ukuran celana yang terbaik.

Tips ini bisa sobat kosngosan lakukan jika sedang terburu – buru membeli celana di toko meskipun kamu belum mengetahui ukuran celanamu secara tepat dan pasti.


Ukur Linggar Pinggang dengan Mengalungkan Celana

Untuk mengetahui lingkar pinggang celana tidak hanya bisa dilakukan dengan mengukurnya menggunakan pita pengukur saja, namun kamu bisa mengakalinya dengan mengalungkan celana di lehermu.

Caranya cukup mudah, pertama pegang setiap ujung bagian celana, lalu lingkarkan di lehermu. Akan lebih baik jika celana juga dapat dikancingkan.

Kemudian perhatikan, apakah kedua sisi tersebut saling menyentuh? Jika iya, maka bisa dipastikan celana tersebut muat ketika dipakai.


Ukur Lingkar Pinggang Menggunakan Lengan

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengukur lingkar pinggang adalah dengan membentangkannya lalu memasukkan ke dalam lenganmu.

Jika dirasa panjang lengan pas dengan celana yang kamu ukur, maka ukuran celana tersebut juga akan pas pada pinggangmu ketika dikenakan.


Mengukur Panjang Celana Dengan Merentangkannya Di Depan Dada

Pertama – tama, rentangkan celana yang ingin kamu ukur di depan dadamu lalu perhatikan apakah bagian tengah celana tersebut berada tepat di bawah dagumu?

Selanjutnya, perhatikan juga panjang celana, apakah sesuai dengan panjang lengan yang kamu bentangkan tadi tanpa harus menekuknya. Jika memang dirasa pas, maka bisa dipastikan ukuran celana tersebut memang sesuai di tubuhmu.

Baca juga : Cara Mengukur Baju Anak Kecil


Pilih Model Celana yang Sesuai Dengan Tubuhmu

Dalam memilih celana jeans, sesuaikan dengan bentuk tubuh kamu supaya ketika dikenakan terlihat proporsional dan tidak aneh. Kamu harus mengetahui dengan baik bagaimana bentuk tubuh kamu, apakah pendek, tinggi dan sebagainya.

a. Jika kamu memiliki ukuran tubuh yang pendek dan tidak terlalu tinggi, pilihlah model celana high waisted jeans, sehingga membuat kakimu terlihat lebih panjang dan jenjang ketika memakainya.

b. Jika ukuran pinggulmu kecil, jenis celana jeans yang paling cocok untuk dikenakan adalah jenis mid-rise jeans atau skinny jeans supaya membuat pinggulmu terlihat lebih besar.

c. Jika ukuran pinggulmu besar, maka model celana jeans yang umumnya cocok untuk kamu pilih adalah jenis boyfriend jeans, wide pipes, dan skinny jeans. Model ini akan membuat penampilanmu menjadi lebih keren dan stunning!

d. Curvy atau plus size, cocok disandingkan dengan model celana jeans yang ukurannya besar seperti mid to high rise dan memiki bahan stretch. Model celana jeans ini akan membuatmu terlihat lebih ramping serta menawan ketika mengenakannya.


Pilih Warna Celana Jeans yang Sesuai

Warna jeans memang menjadi poin pertimbangan yang cukup penting sebelum kamu memutuskan untuk membeli celana jeans supaya nantinya bisa lebih mudah untuk di mix and match dengan outit lainnya.

Kamu bisa menyesuaikannya dengan warna pakaian yang kamu miliki di lemari-mu. Beberapa warna yang umum digunakan seperti navy, black, putih, light blue, dan lain sebagainya.


Kata Penutup

Karena saat ini hampir semua cewek2 pasti punya celana jeans untuk dipakai, maka kamu perlu menerapkan tips dari kosngosan diatas.

Selain supaya nyaman digunakan, celana jeans yang pas dengan ukuran mu juga supaya pas dengan berbagai model pakaian yang kamu gunakan nantinya.

Jadi sekarang kamu tidak perlu khawatir beli jeans di online shope, karena kamu sudah bisa mendapatkan ukuran celana jeans yang tepat tanpa perlu dipakai langsung. Jangan lupa untuk bookmart halaman ini ya, terimakasih

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya