Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Desain Kemasan Beras yang Menarik

Membuka usaha jualan beras menjadi salah satu pilihan yang bisa kamu kembangkan. Masyarakat Indonesia yang kebutuhan pokoknya adalah beras, menjadikan pasar beras di tanah air begitu menggiurkan. Kalau kamu tidak punya sawah dan tidak punya pengalaman dalam bidang pertanian untuk budidaya padi, maka menjadi distributor beras siap konsumsi adalah pilihan yang tepat.

Tapi terkadang kita butuh inspirasi ide design packaging untuk beras yang akan dijual ke konsumen. Apalagi beras yang dijual premium untuk segmentasi menengah ke atas. Desain kemasan menjadi salah satu faktor yang harus kamu perhitungkan. Untuk itu, kali ini kosngosan akan memberikan beberapa contohnya untuk kalian.

Menjual beras secara grosir atau eceran dengan menggunakan packaging yang menarik bisa menjadi strategi penjualan yang meningkatkan omset usahamu. 

Untuk jenis beras yang ada dipasaran, ada beberapa, diantaranya adalah beras premium, medium, beras merah, beras hitam, beras organik (tanpa pestisida), beras pandan wangi, beras pulen dan sebagainya. Tentu saja masing masing beras punya pangsa pasarnya sendiri


Desain Kemasan Karung Beras

Contoh Desain Kemasan Karung Beras

Sesuai judul pembahasan, menjual beras dengan penampilan yang unik dan kreatif, memang memiliki tujuan kemasan tertentu, selain juga bisa menarik perhatian calon pembeli untuk mencoba beras yang kamu jual.

Berikut beberapa contoh gambar kemasan beras yang banyak dijual di pasar, kalau mau desain dalam bentuk cdr atau photoshop, bisa juga scrool kebawah :


Desain Kemasan Beras CorelDraw

desain kemasan beras coreldraw

Buat sobat kosngosan yang ingin mendesain kemasan beras menggunakan aplikasi coreldraw dengan format CDR, kamu bisa cek dan download contoh filenya disini (kemasan beras cdr)


Desain Kemasan Beras Photoshop

desain kemasan beras photoshop

Buat yang ingin desain kemasan beras menggunakan aplikasi photoshop dengan format PSD, kamu bisa dapatkan file nya secara gratis disini : (kemasan beras psd)


Cara Desain Kemasan Karung Beras

Bagaimana cara mendesain kemasan karung beras yang ideal? Kamu perlu melakukan beberapa tips sederhana dari kosngosan dibawah ini :


Desain yang mewakili Kualitas

Mendesain kemasan beras harus mencerminkan kualitas produk, apalagi ini adalah beras yang menjadi pangan utama masyarakat. Gunakan gambar atau elemen grafis yang menunjukkan kebersihan dan kelas produk.


Warna yang Tepat

Warna latar kemasan biasanya adalah putih, kemudian dilengkapi dengan elemen penting dari teks, simbol dan kotak yang terdiri dari berbagai kombinasi warna. 

Pemilihan warna yang tepat dapat memengaruhi persepsi konsumen. Warna netral seperti putih atau krem sering dikaitkan dengan kebersihan, sementara warna alam seperti cokelat atau hijau dapat merujuk pada beras yang organik


Informasi Kandungan Produk

Kalau memungkinkan, kamu bisa menyertakan informasi nutrisi dan kandungan produk beras yang dapat memberikan nilai tambah kepada konsumen yang lebih peduli dengan aspek kesehatan.


Copywriting yang Tepat

Kamu wajib menggunakan teks pada kemasan yang mudah dibaca. Gunakan tipografi yang jelas dan sesuaikan ukurannya agar dapat dibaca dengan mudah di rak atau toko beras. Kamu harus tahu bahwa produk beras mu tidak hanya terpampang disitu ada banyak jenis dan produk yang berbeda, jadi harus bisa tampil beda


Logo dan Branding

Logo yang kuat dan branding yang konsisten mewakili produk beras berkualitas dapat membantu membangun identitas merek yang kamu miliki. Pastikan logo dan elemen branding beras mu terletak dengan baik pada kemasan.


Sertifikasi dan Label Tertentu

Kalau beras yang sobat kosngosan miliki memang punya sertifikasi tertentu (misalnya organik, fair trade dan halal), tampilkan label tersebut secara jelas untuk meningkatkan kepercayaan konsumenmu nantinya.


Desain dengan Daya Tarik Visual

Kamu wajib menggunakan elemen grafis atau ilustrasi yang menarik untuk membuat kemasan sobat bisa lebih menonjol di rak toko.


Kemasan Ramah Lingkungan

Kamu juga bisa untuk menggunakan kemasan yang ramah lingkungan untuk menarik konsumen yang peduli dengan isu-isu lingkungan, misalnya menggunakan bahan recycle, dari kardus yang terurai oleh tanah dan sebagainya.


Ukuran Karung Sesuai

Pastikan ukuran kemasan seperti karung beras harus sesuai dengan jumlah beras yang dijual dan mudah disimpan oleh distributor nantinya


Berikan informasi Penawaran Spesial dan Promo

Kalau kamu ingin memikat calon pembeli, bisa menampilkan informasi promo atau penawaran spesial, dengan menyertakan informasi tersebut di kemasan untuk menarik perhatian pembeli.



Contoh Design Kemasan Karung Beras lokal

Contoh Desain Kemasan Beras


Contoh desain karung beras Desain Kemasan Beras

Contoh desain karung beras imporContoh Desain Kemasan Beras

Contoh desain kemasan beras

  Desain Kemasan Beras

Contoh desain kemasan beras Contoh Desain Kemasan Beras

Contoh desain kemasan beras timur tengah


Contoh desain kemasan beras timur tengah



Contoh desain kemasan beras

 


Contoh desain kemasan beras

  contoh kemasan beras unik

Contoh desain kemasan beras

  contoh kemasan beras unik

Contoh desain kemasan beras

  contoh kemasan beras unik

Contoh desain kemasan beras



Contoh desain kemasan beras kosngosan

contoh kemasan beras 5 kg

Contoh desain kemasan beras

contoh desain packaging

Contoh desain kemasan beras organik

desain packaging beras

Contoh desain kemasan beras premium

desain packaging beras

Baca juga : Cara Jual Sembako yang Laris


Contoh desain kemasan beras hitam

packaging beras hitam

Contoh desain kemasan beras luar negeriContoh desain kemasan beras luar negeri

Contoh desain kemasan beras kemasan beras modren

Contoh desain kemasan beras

karung kemasan beras

Contoh desain kemasan beras

kemasan beras alumunium foil


Kata Penutup

Pada akhirnya, menjual beras dengan kemasan menarik adalah pilihan yang bisa meningkatkan penjualanmu. Secara umum masyarakat memang mengkonsumsi beras setiap hari, baik itu beras putih (dibedakan , beras hitam dan beras merah.

Dengan harga yang berbeda tergantung dari jenis dan cara pengolahannya (organik atau non organik). Semoga beberapa contoh diatas bisa bermanfaat untuk kalian ya, terimakasih, jangan lupa bookmart juga

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya