Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Contoh Bukti Transaksi Eksternal Perusahaan

Apa yang dimaksud dengan transaksi eksternal? Transaksi eksternal adalah bukti pencatatan setiap transaksi antara perusahaan dengan pihak ketiga, atau pihak luar. Adapun jenis transaksi eksternal seperti kegiatan penjualan dan pembelian (ini adalah contoh paling umum)

Selain itu, ada juga pembayaran pajak, nota pengembalian, cek dan kuitansi, setoran ke bank atau layanan simpan pinjam, dan contoh transaksi lain yang menunjukkan bahwa perusahaan bertransaksi dengan pihak lain diluar internal mereka.

Transaksi tersebut dicatat, catatan tersebut yang dinamakan bukti transaksi eksternal. Beberapa contoh bukti transaksi eksternal perusahan adalah surat jalan, tanda terima, kwitansi, cek atau giro, invoice (faktur) dan sebagainya.


Contoh Transaksi Eksternal

contoh bukti transaksi eksternal

Setelah membahas contoh transaksi internal sebelumnya, maka untuk melengkapi pembahasan kali ini, sobat kosngosan juga perlu mengetahui berbagai contoh transaksi eksternal pada perusahaan, yaitu beberapa diantaranya :


Dividen Pemegang Saham

Dividen atau bagi hasil keuntungan dari profit yang diperoleh perusahaan dalam satu jangka waktu tertentu (biasanya sekali setahun), bisa dikategorikan sebagai contoh transaksi eksternal perusahaan.

Dimana besarnya bagi hasil yang dibagikan kepada pemegang saham atau surat berharga, tergantung dari kesepakatan pemegang saham dalam rapat RUPS


Kegiatan Pembelian

Contoh transaksi eksternal perusahaan pertama adalah kegiatan pembelian dalam bisnis dengan klien atau partner.

Sebagai contoh, perusahaan membeli bahan baku persediaan produksi, membeli peralatan sekali pakai, membeli BBM, bahan batubara untuk operasional pabrik dan sebagainya.

Transaksi pembelian tentu saja melibatkan perusahaan sebagai pihak pembeli dan pihak penjual sebagai pihak eksternal. Untuk contoh bukti transaksi pembelian seperti bukti kas keluar, invoice dan nota debet.


Kegiatan Penjualan

Contoh transaksi eksternal lainnya adalah kegiatan penjualan barang yang sudah diproduksi oleh perusahaan. Contohnya perusahaan menjual produk A sebagai hasil akhir ke swalayan atau pengepul, sebagai pihak eksternal.

Contoh lain perusahaan menjual aset, seperti alat, mesin dan kendaraan yang sudah tidak terpakai lagi. Transaksi ini melibatkan pihak luar sebagai pembeli dan perusahaan sebagai pihak penjual adalah internal. Bukti transaksi penjualan seperti kwitansi, faktur serta nota kontan.


Pelunasan utang dan piutang

Melunasi utang perusahaan adalah contoh transaksi eksternal, karena perusahaan membayar utang ke kreditur sebagia pihak eksternal. Pelunasan utang bisa kepada perusahaan lain atau lembaga keuangan bank juga non bank.

Contoh lain adalah pelunasan piutang yang dilakukan oleh pihak luar sebagai debitur. Perusahan sebagai pihak internal, akan menerimaan uang dari pelunasan utang tersebut. Dan pelunasan piutang bisa dibuktikan dengan catatan kas masuk.


Pembayaran Sewa Kendaraan Operasional

Perusahaan yang membayar sejumlah sewa kendaraan untuk kegiatan operasional, biasanya dilakukan untuk efisiensi kas perusahaan. Karena membeli kendaraan dinilai tidak efektif dan efisien untuk perusahaan.

Pembayaran sewa kendaraan yang biasanya digunakan untuk proses pengiriman produk, kegiatan manajemen kantor dan kegiatan survey

Atau melakukan quality control ke pabrik cabang dan kegiatan lain yang membutuhkan mobilitas jauh. Dan ini termasuk contoh transaksi eksternal, karena perusahaan menyewa kendaraan dari pihak luar.


Pembayaran Listrik

Membayar tagihan listrik (baik listrik prabayar atau pascabayar) tentu saja melibatkan perusahan sobat kosngoꜱan sebagai pihak internal, dengan perusahan listrik dalam negeri (dalam hal ini PLN, untuk negara Indonesia).

Ini termasuk contoh transaksi eksternal, karena PLN adalah pihak luar yang memberikan jasa nya kepada perusahaan.


Pembayaran Tagihan Air

Hampir sama dengan tagihan listrik yang melibatkan PLN, kebutuhan air untuk perusahaan juga bisa jadi sesuatu yang harus dipenuhi.

Penyedia air bersih seperti PDAM berperan sebagai pihak eksternal yang melakukan kerjasama dengan memberikan akses air bersih kepada perusahaan yang berperan sebagai internal.


Pembayaran Konsultan

Sebagian perusahaan membutuhkan jasa konsultan atau expert untuk membantu mereka dalam melakukan berbagai kegiatan dan mencapai tujuan tertentu.

Misalnya konsultan SEO, perusahaan membayar pihak luar (dalam hal ini praktisi SEO) untuk meningkatkan daya saing peringkat pencarian Website mereka di google dan mesin pencari lainnya.


Program CSR (Corporate Social Responsibilty)

Pernah mendengar istilah CSR? CSR adalah kegiatan bisnis perusahaan dengan pihak eksternal, dimana ini sebagai bentuk bertanggung jawab mereka secara sosial kepada pihak eksternal

Dalam hal ini pemangku kepentingan dan masyarakat, sebagai bentuk perhatian demi meningkatkan kesejahteraan dan memberikan ddampak positif bagi lingkungan sekitar perusahaan.


Pembayaran komisi penjualan

Komisi penjualan didalamnya melibatkan distributor, agen serta seller sebagai penyalur produk (pihak eksternal) dengan perusahaan (pihak internal).

Pihak eksternal yang berkontribusi dalam penjualan produk, akan diberikan komisi penjualan saat mereka telah mencapai target penjualan tertentu yang sudah disepakati bersama. Ini juga termasuk sistem MLM atau affiliate.


Pembayaran Sewa Gedung atau Pabrik

Membayar sewa gedung atau pabrik, termasuk contoh transaksi eksternal bagi perusahaan, karena melibatkan pihak luar perusahaan, yaitu pemilik gedung atau pabrik.

Transaksi ini berbeda dengan penyusutan gedung, karena kalau penyusutan, otomatis gedung tentu saja sudah milik perusahaan itu sendiri.

Kalau ini, gedung atau pabrik bukan milik perusahaan, tetapi milik pihak ketiga, dan perusahaan menyewanya karena dianggap lebih efektif dan efisien daripada membeli.

Baca juga : Contoh Agenda Rapat Perusahaan


Kata Penutup

Demikian contoh transaksi eksternal pada perusahaan yang bisa sobat kosngosan jadikan sebagai referensi. Jual beli yang terjadi pada perusahaan dengan pihak luar, merupakan bukti paling simple supaya kalian mengerti seputar contohnya

Jangan lupa untuk klik tombol share, atau bagikan dengan klik tombol share dibawah ini, melalui lini masa sosial media dan aplikasi chat masing masing ya. Bookmart juga halaman ini supaya bisa berkunjung kembali! Adios

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya