Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Contoh Transaksi Internal Perusahaan dan Buktinya

Apabila ditinjau dari pihak-pihak yang terkait, transaksi bisa dibedakan menjadi transaksi internal dan transaksi luar. Apa yang dimaksud dengan transaksi internal?

Transaksi internal adalah bukti pencatatan transaksi yang terjadi didalam perusahaan itu sendiri. Adanya bukti dokumen transaksi internal menjadi penting untuk menyusun laporan keuangan.

Karena dengan bukti ini, maka pencatatan akan rapi, lengkap, terstruktur dan sistematis. Perusahaan akan memiliki database lengkap dari setiap transaksi yang dilakukannya.

Contoh bukti transaksi internal adalah seperti catatan penyusutan aset (aktiva tetap), catatan sewa dibayar di muka, laporan pemindahbukuan dari bahan baku ke bahan setengah jadi atau dari bahan setengah jadi ke barang jadi dalam perusahaan.


Contoh Transaksi Internal

contoh bukti transaksi internal perusahaan

Selain memahami seperti apa transaksi internal itu, sobat kosngosan juga perlu tahu beberapa contoh transaksi eksternal disini. Lanjut kami sudah kami rangkum dibawah ini, silahkan simak satu per satu :


Pengakuan Pendapatan

Pengakuan pendapatan atau revenue recognition adalah pencatatan penghasilan yang didapatkan selama kegiatan normal dari suatu proses penjualan atau produksi. Pendapatan adalah salah satu komponen dalam persamaan dasar akuntansi, yakni modal.

Pendapatan adalah arus masuk atas bruto yang didapatkan dari manfaat ekonomi yang timbul dari kegiatan normal perusahaan selama suatu periode tertentu


Pembayaran Gaji Karyawan

Membayar gaji pegawai atau karyawan perusahaan adalah contoh transaksi internal perusahaan, dimana perusahaan bertransaksi dengan pegawainya

Perusahaan membayar dan mengakui beban pengeluaran terhadap pegawainya sendiri, setiap bulannya. Biasanya catatan transaksi ini berupa slip gaji yang isinya detail gaji dan potongan (kalau ada).


Nilai Penyusutan Aset (aktiva)

Nilai penyusutan atau depresiasi aset perusahaan atau aktiva tetap bisa dikategorikan sebagai transaksi internal. Aktiva adalah perlengkapan atau properti yang dimiliki serta dimanfaatkan oleh perusahaan dalam jangka panjang

Penggunaan dari aset ini akan menimbulkan nilai penyusutan, dan harus dicatat dalam sebuah catatan laporan keuangan, karena digunakan untuk menghasilkan pendapatan.

Nilai penyusutan aset contohnya, seperti yang koꜱngosan sudah rangkum dibawah ini :

  • Penyusutan gedung
  • Penyusutan pabrik
  • Penyusutan peralatan (komputer, printer)
  • Penyusutan perlengkapan kerja (meja, kursi)
  • dan Penyusutan aset lain yang dimiliki perusahaan.


Pengalokasian Beban Usaha

Apa yang dimaksud dengan alokasi biaya? Istilah ini adalah proses mengidentifikasi, mengumpulkan serta menetapkan biaya ke objek biaya seperti departemen, produk, program, atau divisi pada suatu perusahaan.

Biaya yang dialokasikan dengan benar, perusahaan bisa melacak objek biaya tertentu yang menghasilkan keuntungan atau kerugian.

Apabila biaya dialokasikan ke objek biaya yang salah, maka perusahaan bisa menetapkan sumber daya ke objek biaya yang tidak menghasilkan keuntungan seperti yang diharapkan.


Penghapusan Piutang Usaha

Apa yang dimaksud dengan penghapusan piutang? Ini adalah contoh transaksi internal dimana perusahaan meminta penghapusan piutang yang tidak tidak dapat ditagih lagi.

Penghapusan piutang adalah salah satu kerugian yang dialami perusahaan. Umumnya, terdapat dua cara yang umum digunakan untuk melakukan penghapusan piutang, yaitu cara langsung dan cara cadangan (silahkan googling saja detailnya)


Sewa Dibayar di Muka

Apa yang dimaksud dengan Biaya Sewa Dibayar Dimuka atau Prepaid Rent Expenses? Ini adalah contoh transaksi internal perusahaan yang belum menjadi kewajiban perusahaan untuk periode yang bersangkutan

Akan tetapi jumlah tersebut sudah dibayar oleh perusahaan terlebih dahulu untuk berbagai tujuan dalam menghasilkan pendapatan perusahaan


Pemindahan Aset Internal

Transaksi seperti pemindahan aset secara internal maksudnya perusahaan yang sudah besar, melakukan pemindahan aset antar divisi atau departemen

Sebagai contoh, divisi pemasaran kekurangan aset komputer dan printer, lalu dari divisi IT (perusahaan yang sama) mengirim beberapa aset komputer dan printer nya untuk melengkapi.


Transaksi Persediaan

Pencatatan Transaksi persediaan adalah kegiatan dimana perusahaan mencatat setiap persediaan barang atau produk yang sebenarnya mereka miliki.

Ini merupakan contoh transaksi internal yang wajib dilakukan oleh perusahaan dagang yang sobat kosngoꜱan miliki, karena pasti akan berurusan dengan ragam barang dagangan yang wajib terjamin ketersediaannya.


Proses Produksi

Proses produksi pada perusahaan seperti pengolahan bahan baku menjadi bahan setengah jadi atau bahan baku menjadi barang jadi (siap dijual).

Pada alur flow chart nya maka akan ada pencatatan yang membutuhkan proses produksi setiap tahapan tersebut


Contoh Bukti Transaksi Internal

Bukti transaksi internal dibuat untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi di dalam perusahaan. Ada beberapa contoh, seperti :


Memo

Memo (memorandum) adalah catatan singkat yang dibuat oleh pihak-pihak berkepentingan dalam suatu perusahaan, baik itu antar atasan dengan bawahan, atau sesama rekan kerja


Catatan Kas Masuk

Ini adalah bukti transaksi yang terhadap penerimaan kas entitas. Penerimaan kas yang bersumber dari penerimaan pendapatan, penjualan, pelunasan piutang, pendapatan sewa, penjualan aset, dan penerimaan kas lainnya


Catatan Kas Keluar

Ini adalah bukti transaksi yang terkait atas pengeluaran kas entitas, seperti bukti pembayaran beban, pembayaran utang, pembelian barang dagangan dan pengeluaran kas lainnya.

Baca juga : Contoh Analisis Kompetitor


Kata Penutup

Demikian pembahasan mengenai contoh transaksi internal perusahaan yang sudah kosngosan rangkum untuk kalian.

Semoga bisa menjadi referensi untuk teman teman sekalian, dan bisa memastikan data pencatatan transaksi perusahaan sudah sesuai dengan yang seharusnya

Jangan lupa untuk klik tombol share, dan bagikan artikel ini ke linimasa sosial media kalian ya, supaya teman yang lain juga bisa menambah pengetahuan dengan membaca postingan kali ini.

Terakhir bookmart halaman ini supaya kamu bisa berkunjung kembali di masa mendatang!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya