Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Solusi GalBay Pinjol Ilegal dan Legal

Bagaimana cara agar lolos galbay dari pinjol ilegal atau legal? Banyaknya nasabah yang galbay atau gagal bayar terhadap pinjaman online dan paylater membuat kita sontak terkejut. Berita yang membuat ratusan mahasiswa terjerat hutang pinjol hingga kerugian mencapai miliaran rupiah baru baru ini membuat kita bertanya, bagaimana sih cara menyelesaikan pinjaman online yang baik dan benar?

Kok bisa ya sekarang lagi rame dan menjadi bahasan publik dimana-mana, dilaporkan ada ratusan orang yang menjadi korban hutang pinjol dan paylater yang menyebutkan para korban dengan kerugian mencapai miliaran rupiah, dan parahnya lagi korban tersebut adalah mahasiswa dan sampai dikejar oleh debt collector pinjol tersebut.

Bagaimana resiko galbay berawal? Awal mula mungkin kamu masuk ke dalam kondisi dimana membutuhkan uang dalam jumlah banyak dan dalam kondisi yang mendesak. 

Kemudian sobat kosngosan sibuk mencari sponsor atau peminjam yang ada di dekatmu. Tapi kemudian teman teman, saudara atau rekan tidak ada yang mau meminjamkan.

Atau misalnya kamu punya sebuah proyek usaha yang omset uangnya cukup lumayan, dan kamu tergiur ingin mengembangkan usahamu tersebut ke skala yang lebih besar

Nah akhirnya kamu dikenalkan oleh pinjaman online yang di mana ini menjadi solusi instan dalam kasus ini dan sampai akhirnya kamu tidak sadar sudah menjadi korban. 


Galbay Pinjol Ilegal

Tips Galbay Pinjol Ilegal dan Legal

Pinjol ilegal gak usaha dibayar? Salah besar. Kamu tetap harus membayarnya, suka atau tidak suka. Biasanya sobat kosngoꜱan akan diminta untuk melakukan prosedur dan juga tata cara pendaftaran (selfie pakai KTP) untuk mendapatkan pinjaman online ilegal (tidak terdaftar di OJK). 

Sampai membayar melalui pinjol yang dijanjikan adanya bunga yang rendah setiap bulannya, keringanan tenor yang panjang dan berbagai janji manis lainnya

Beberapa kasus, pinjol ilegal juga mengajak kerjasama kepada nasabahnya untuk mencari member baru dengan iming-iming keuntungan tertentu. 

Uang yang dipinjamkan dari penyedia pinjaman online itu pun ditransfer ke nasabah, tapi biasanya tidak 100% cair, pasti ada biaya potongan macam-macam yang mengharuskan kamu tunduk dengan kesepakatan tersebut.

Catatan : Gagal Bayar pada pinjol ilegal, tidak ada solusi lain, tetap harus dibayar (uang pokoknya saja, kalau bisa). Kalau sobat mengalami teror atau intimidasi, maka kamu bisa melaporkannya ke kepolisian.

Beberapa opsi untuk mencari pembayaran ketika kamu sudah mengalami gagal bayar, adalah sebagai berikut :

  • Mencari pinjaman dari keluarga, teman atau orang terdekat terlebih dahulu
  • Jangan mengajukan pinjaman baru ke pinjol lain, saat pinjaman yang ini belum dilunasi
  • Mengajukan pinjaman ke atasan kerja atau bos
  • Menjual barang-barang mewah milik kita untuk menutupi pembayaran
  • Mengajukan pinjaman ke organisasi/club (anggota/lembaga) tempat kita bernaung (misal kamu masuk himpunan reuni kampus di kota mu)
  • Mengajukan bantuan dari sistem keagamaan (sedekah, infak, dll)
  • Menggadaikan barang ke pegadaian
  • Menjual jasa atau skill yang kamu punya
  • Menjual harta warisan
  • Menjadi pendonor darah berbayar (paling ekstrim, jangan dilakukan kalau tidak terdesak)
  • Banyak berdoa dan bertaubat tidak meminjam lagi di pinjol ilegal
Kamu bisa baca cara kabur dari pinjol ilegal disini, yang sudah kosngosan tulis sebelumnya, semoga bisa kamu terapkan ketika mengalami galbay


Galbay Pinjol Legal

Banyak dari nasabah yang mengalami gagal bayar di pinjol legal (yang terdaftar di OJK) dan menjadi bahasan publik dimana-mana. 

Banyak juga yang sudah melaporkan ada ratusan mahasiswa yang menjadi korban hutang pinjol tersebut dengan kerugian yang cukup besar.

Catatan : Gagal bayar pada pinjol legal, akan mengakibatkan kamu tidak bisa melakukan pinjaman lagi ke pinjol lain yang legal, karea identitas mu akan di blacklist pada data center di fintech

Berikut beberapa tips buat kamu jika mengalami gagal bayar pada pinjaman online yang legal, atau terdaftar di OJK :

  1. Meminta restrukturisasi atau keringanan pinjaman
  2. Meminta pengurangan angsuran
  3. Meminta pengurangan bunga kredit pinjaman
  4. Meminta perpanjangan tenor
  5. Meminta pengurangan tunggakan pokok utang
  6. Meminta penambahan fasilitas pinjaman
  7. Meminta pengajuan konversi pinjaman menjadi penyertaan modal sementara
  8. Mengajukan kerjasama endorsement pinjol dengan imbalan pengurangan cicilan (berlaku kalau kamu influencer yang punya enggagement tinggi)
  9. Segala upaya yang kamu lakukan pada tips galbay pinjol ilegal sebelumnya, juga bisa diaplikasikan pada pinjol legal, untuk mendapatkan bantuan dana segera demi melunasi tunggakan mu
Tips lain yang lebih umum, buat sobat koꜱngosan yang mengalami galbay pinjol, adalah sebagai berikut :

  • Bekerja lebih giat lagi, kalau perlu lembur
  • Mencari peluang usaha baru untuk tambahan penghasilan
  • Memperluas networking, termasuk menghubungi kembali teman lama yang sudah lama lost contact
  • Bekerja freelance di platform online
  • Menjual sesuatu tanpa modal (dropship, afiliate, dll)
  • Menjadi content creator (website, youtube)
  • Mencari brand yang mau endorsement di media sosial kita

Hindari Menggunakan Joki Galbay Pinjol

Joki Galbay adalah praktik di mana orang lain menggunakan layanan Galbay, pada platform Pinjaman Online (Pinjol), untuk membantu orang lain mengajukan pinjaman atau meminjamkan uang dengan imbalan komisi atau biaya tertentu. 

Joki galbay ini bertindak sebagai perantara antara peminjam dan platform Pinjol. Namun pada praktiknya,  joki Galbay ini seringkali melanggar ketentuan dan kebijakan yang ditetapkan oleh platform Pinjol. 

Banyak platform Pinjol melarang penggunaan jasa joki Galbay dan menganggapnya sebagai pelanggaran yang serius terhadap aturan mereka.

Joki Galbay juga dapat membawa risiko bagi peminjam, seperti penyalahgunaan data pribadi atau penggunaan yang tidak sah atas pinjaman yang diajukan.


Kata Penutup

Debitur atau nasabah yang meminjam, dan mengalami kondisi tidak bayar atau gagal bayar pada pinjol, bisa ke depannya tidak dapat melakukan pinjaman lagi (kalau pinjolnya legal dan terdaftar di OJK). 

Satu-satunya solusi adalah memberesi utang atau tunggakan kepada kreditur. Semoga kita semua bisa diberikan kemampuan untuk melunasi hutang masing masing ya. 

Demikian beberapa tips gagal bayar pinjol yang mungkin berguna untuk kalian. Jangan lupa untuk share dan bagikan artikel ini, bookmart juga halamannya!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya