Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

25 Contoh Seni Grafis Cetak berbagai Jenis

Apa yang dimaksud dengan seni grafis? Seni grafis (graphic art) adalah sebuah cabang seni yang menggunakan berbagai teknik grafis dalam menciptakan suatu nilai visual. Termasuk karya yang menggunakan medium seperti cetak, desain produk, logo, iklan, dan lainnya. 

Seni grafis banyak dimanfaatkan untuk menciptakan tampilan yang menarik dan efektif dari penyampaian suatu informasi berupa teks, gambar, atau berbagai simbol visual. Seni grafis memiliki beragam teknik seperti penggunaan warna, typography, ilustrasi, dan komposisi untuk menciptakan komunikasi visual yang efektif dan efisien.

Seni grafis sering digunakan untuk pembuatan desain produk, seperti packaging, kartu nama, brosur, spanduk, dan banyak lagi. Seni grafis digunakan juga dalam desain grafis digital, seperti banner website, iklan televisi, animasi, dan komunikasi digital.

Ada banyak jenis komponen yang sobat kosngoꜱan butuhkan untuk menjadi seorang seniman grafis, seperti Kreatifitas, inovasi dan estetika. Selain itu, zaman sekarang penguasaan teknologi dan software desain seperti photoshop, coreldraw dan lainnya juga diperlukan untuk menciptakan desain yang semakin canggih dan menjawab tuntutan pasar.

Fungsi seni grafis bervariasi, tetapi beberapa di antaranya adalah untuk mempromosikan produk atau jasa, menyampaikan pesan, meningkatkan brand awareness, dan meningkatkan estetika suatu produk atau lingkungan.


Contoh Seni Grafis Cetak Tinggi

Contoh Seni Grafis Cetak Tinggi

Ada berbagai contoh seni grafis yang memakai teknik cetak (tinggi, dalam) dan saring. Kalau ditanya seni grafis berapa dimensi, maka jawabannya adalah 2 dimensi. 

Berikut beberapa referensi yang mungkin berguna buat kalian :

Baca juga : Contoh Karya Seni 1, 2 dan 3 Dimensi


Poster dan Brosur

Poster adalah media seni grafis yang dibuat untuk menyampaikan pesan dan informasi kepada audiens yang melihatnya. 

Poster dicetak pada kertas atau kain dan digantung di tempat umum seperti di jalan, stasiun kereta, mall, pusat keramaian dll. 

Poster digunakan untuk berbagai tujuan seperti promosi produk, acara, kampanye politik, dll. Poster dapat diciptakan dengan menggunakan berbagai teknik seperti ilustrasi, fotografi, atau desain grafis.

Sedangkan Brosur adalah media seni grafis yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau menawarkan produk dan jasa kepada konsumen. 

Brosur terdiri dari beberapa halaman yang dicetak dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan buku, dan dapat dilipat. Brosur digunakan untuk promosi produk, layanan, acara, dll.


Buku dan Majalah

Sobat kosngosan pastinya pernah membaca buku, bukan? Sejak sekolah kita disuruh untuk membaca buku. Dan buku adalah salah satu contoh dari seni grafis cetak. 

Buku dapat diterbitkan dalam berbagai jenis seperti novel, biografi, ensiklopedia, buku teks, buku referensi, dll.

Sedangkan majalah adalah seni grafis yang berbentuk publikasi periodik dan diterbitkan dengan jadwal tertentu, biasanya mingguan, bulanan atau berkala. 

Majalah dapat memuat berbagai jenis konten seperti artikel, cerita pendek, kolom opini, fotografi, ilustrasi, komik, iklan, dll.


Kartu pos

Walaupun sekarang sudah jarang ditemukan, namun kartu pos dulunya adalah seni grafis yang cukup banyak penggunanya. 

Kartu pos adalah selembar kertas atau karton yang dapat ditulis pesan dan dikirimkan melalui pos. Kartu pos umumnya dilengkapi dengan area kosong di bagian belakang untuk menulis pesan dan alamat penerima, serta area di sisi depan untuk menempelkan perangko pos. 

Kartu pos dapat dicetak dengan berbagai desain dan gambar yang menarik, seperti gambar alam, seni, atau budaya.


Kalender

Kalender yang dimaksud disini adalah berbentuk fisik yang sering kita tempelkan di dinding rumah atau diletakkan di meja kerja kita. 

Kalender adalah sistem untuk mencatat dan menyajikan waktu dalam jangka waktu tertentu. Kalender dapat memberikan berbagai informasi seperti tanggal, hari, bulan, tahun, serta perayaan atau event-event penting. 

Kalender dapat diterbitkan dalam berbagai format seperti kalender bulanan, tahunan atau kalender dengan tema tertentu.


Pamflet dan Leaflet

Pamflet adalah contoh seni grafis yang diterbitkan dalam jumlah yang besar dan dibagikan secara gratis atau dijual dengan harga murah. 

Pamflet biasanya berisi informasi singkat atau promosi tentang produk, jasa, acara, atau kampanye politik. Pamflet dapat diterbitkan dalam format lipat atau roll-fold yang memungkinkan pembaca untuk membaca dengan mudah

Sedangkan Leaflet pengertiannya hampir sama dengan pamflet. Pamflet lebih sering digunakan dalam konteks politik dan sosial, sementara leaflet lebih sering digunakan dalam konteks periklanan dan promosi bisnis. 

Pamflet cenderung lebih panjang dan berisi lebih banyak teks dan gambar yang menyajikan informasi yang lebih detail dibandingkan leaflet.


Spanduk

Spanduk adalah seni grafis untuk media promosi yang diterbitkan dalam bentuk fisik yang terbuat dari kain atau plastik yang ditempelkan pada suatu pemasangan atau ditempatkan di tempat yang mudah dilihat oleh banyak orang. 

Spanduk digunakan untuk mengumumkan acara, promosi produk, kampanye politik dan sebagainya. Spanduk diterbitkan dalam berbagai ukuran dan desain yang menarik dan dapat dilihat dari jarak jauh


Billboard

Billboard adalah seni grafis berbayar yang berlokasi di luar ruangan dan termasuk ke dalam kategori Out of Home (OOH) Advertising. 

Billboard diterbitkan dalam berbagai ukuran yang besar, biasanya diukur dalam meter persegi, dan dapat dilihat dari jarak jauh. 

Billboard digunakan untuk menampilkan iklan produk atau jasa dan ditempatkan di jalan-jalan utama, di area lalu lintas yang padat, di pinggir jalan atau di bangunan-bangunan tinggi.


Kemasan Produk

Apa pun produknya, sobat koꜱngosan pasti menemukan desain yang menunjukkan informasi tentang produk tersebut. 

Dan kemasan barang yang sering kita temui itu bisa dikategorikan sebagai salah satu contoh dari seni grafis cetak. 

Manfaat dari kemasan adalah untuk melindungi, mempermudah transportasi, memberikan informasi tentang produk itu sendiri dan mempermudah penjualan produk tersebut. Kemasan dapat diterbitkan dalam berbagai bentuk seperti kotak, botol, sachet, dll


Tiket

Tiket adalah dokumen untuk memberikan hak akses atau memberikan bukti pembayaran untuk suatu acara atau layanan. Seperti tiket pesawat, tiket kereta api, dsb.

Tiket merupakan contoh seni grafis yang diterbitkan dalam bentuk fisik dan dapat dibeli atau didapatkan dengan membayar. 

Tiket dapat digunakan untuk berbagai jenis acara atau layanan seperti konser, film, pertandingan olahraga, wisata, atau transportasi umum. 

Tiket biasanya berisi informasi seperti nama acara, tanggal, lokasi, harga, dan kondisi ketentuan yang harus diterima oleh pemegang tiket.


Lukisan

Lukisan adalah contoh seni grafis yang diciptakan manual oleh seniman menggunakan cat pada permukaan seperti kanvas, kertas, atau dinding. 

Lukisan diciptakan dengan berbagai teknik seperti teknik cat minyak, cat akrilik, cat cat air, dan sebagainya. Lukisan dapat mengekspresikan berbagai tema seperti alam, kehidupan, perasaan, atau pemikiran seniman. 

Lukisan diciptakan dengan berbagai gaya seperti realisme, impresionisme, ekspresionisme, dll. Lukisan adalah salah satu bentuk seni yang paling tua dan paling populer dalam sejarah manusia.


Batik teknik Cap

Batik Cap adalah salah satu contoh seni grafis yang menggambar batik menggunakan alat yang disebut "cap" yang digunakan untuk mengeluarkan cairan cat atau lilin pada kain. 

Cap ini digunakan untuk menciptakan pola yang lebih detail dan rapi dibandingkan dengan teknik batik tradisional menggunakan canting. 

Dibandingkan dengan teknik batik tradisional, batik cap lebih cepat dan efisien dalam proses produksinya. Hasil akhir dari batik cap cenderung kurang artistik dan kurang memiliki nilai seni yang tinggi dibanding batik tulis.


Stempel

Stempel adalah contoh seni grafis yang berbentuk alat untuk mencetak atau menekan gambar, tulisan, atau kode pada suatu permukaan kertas. 

Stempel diterbitkan dalam berbagai bentuk seperti stempel tinta, stempel lilin, stempel sablon, dll. Stempel digunakan untuk berbagai tujuan seperti menandatangani dokumen, mencetak informasi produk, mencetak tanda tangan, dan lainnya. 


Sticker

Stiker adalah media seni grafis yang dibuat dalam bentuk kertas atau plastik yang dapat ditempelkan pada permukaan berbeda. 

Manfaat stiker seperti promosi produk, dekorasi, label, dan lainnya. Stiker dicetak dalam berbagai ukuran dan desain yang menarik. Biasanya ditempelkan pada berbagai permukaan seperti kendaraan, peralatan, atau permukaan statis lainnya.


Sablon Pakaian

Sablon baju adalah proses mencetak atau menempelkan gambar, tulisan dan desain pada pakaian. Sablon dapat dilakukan dengan berbagai teknik seperti sablon kaos, sablon plastisol, sablon cair, dll. 

Sablon baju dapat sobat kosngosan gunakan untuk berbagai tujuan seperti promosi, acara, klub, jersey dan lainnya. Sablon baju dapat diterbitkan dalam berbagai desain yang menarik 

Dapat dicetak dengan menggunakan teknik desain seni grafis yang menarik. Sablon ini dapat diterapkan untuk berbagai jenis pakaian seperti kaos, kemeja, jaket, dan lainnya.


Koran

Koran adalah seni grafis berupa publikasi harian yang diterbitkan dengan jadwal setiap hari. Media ini memuat berbagai jenis konten seperti berita, opini, kolom, feature, iklan dan cerpen. 

Koran dapat diterbitkan dalam berbagai bahasa dan dimiliki oleh perusahaan media atau penerbit independen. Tujuan utama dari koran adalah untuk menyediakan berita aktual dan informasi penting kepada pembaca dengan cepat dan akurat.


Kartu ATM dan Buku Rekening

Kartu ATM bisa dianggap sebagai seni grafis karena merupakan kartu plastik yang diterbitkan oleh bank yang digunakan untuk melakukan transaksi finansial melalui mesin ATM (Automated Teller Machine) atau mesin EDC (Electronic Data Capture). 

Sedangkan buku rekening adalah buku yang diterbitkan oleh bank yang digunakan untuk mencatat transaksi finansial yang terkait dengan suatu akun bank. 

Buku rekening mencatat setiap transaksi yang dilakukan oleh nasabah, termasuk setoran, tarik tunai, transfer uang, dan pembayaran. 


Materai dan Perangko

Materai adalah sebuah cukai yang dikenakan pada dokumen resmi seperti surat, dokumen perjanjian, atau dokumen lainnya yang digunakan untuk menyelesaikan transaksi.

Perangko adalah media cetak yang diterbitkan dalam bentuk kertas yang digunakan untuk mengirim surat atau dokumen melalui pos. 

Perangko digunakan untuk menandai biaya pengiriman surat atau dokumen dan memvalidasi legalitas surat atau dokumen yang diterbitkan

Baca juga : Contoh Iklan Non Komersil


Uang Kertas

Pada dasarnya uang kertas juga bisa dianggap sebagai seni grafis, karena merupakan kertas yang dicetak dalam berbagai desain, lalu diberikan nilai sebagai alat tukar.

Uang kertas digunakan sebagai alat pembayaran yang diterbitkan oleh bank sentral dan diterima secara umum sebagai alat pembayaran yang sah. 

Uang kertas dicetak dalam berbagai denominasi yang sesuai dengan nilai nominal yang ditunjukkan pada uang tersebut. Dilengkapi dengan fitur keamanan yang canggih (supaya susah dipalsukan) seperti hologram, serat optik dan sebagainya.


Kesimpulan

Belajarlah tentang desain grafis, karena untuk menjadi seniman grafis yang baik, sobat kosngosan harus memahami dasar-dasar desain grafis, seperti komposisi, warna, typography, dan ilustrasi. Kalian juga harus mempelajari teknologi dan software desain yang digunakan dalam bidang ini.

Dan jangan lupa untuk mengikuti berbagai perkembangan Seni grafis karena ini menjadi bidang yang terus berkembang dan berubah. 

Upgrade terus pengetahuan mu tentang trend desain terbaru dan teknologi terkini. Semoga konten kali bermanfaat, jangan lupa share dan bookmart halaman kami ya!

Oleh rezaharahap