lomba blog traveloka

Tips Hemat Paket Data 4G dan 3G Mu


tips hemat paket data 3G 4G
Tips hemat kuota data
Bagaimana cara ampuh agar kuota atau paket data internet untuk 4G dan 3G mu tetap melimpah meskipun di akhir bulan? Kosngosan - Selain mie instan, kebutuhan mendasar bagi mahluk yang bernama mahasiswa dan pelajar adalah internet yang cepat dan murah. Internet sekarang sudah menjadi krusial, bahkan menjadi media hiburan nomor wahid bagi anak kuliah dan sekolahan ini.

Belakangan ini, harga paket data yang ditawarkan berbagai operator cukup mencekik leher kamu sebagai seorang mahasiswa atau pelajar yang berstatus sebagai anak kos yang dikenal karena ke-iritan-nya. 

Nah, untuk membuat belanja mie instan dengan belanja paket data-mu menjadi seimbang, kamu mesti mengikuti beberapa tips berikut ini. Tenang saja, ini adalah tips sederhana yang bisa menghemat kuota-mu secara signifikan!

Selalu aktifkan mode pesawat ketika kamu sedang berada di daerah minim sinyal atau sedang bepergian

Hal ini dilakukan selain menghemat paket data yang terbuang sia-sia, juga akan menghemat daya baterai smartphone-mu yang kelelahan mencari sinyal. Penelitian membuktikan jika smartphone bekerja dua kali lebih keras mencari sinyal ketika sedang didalam perjalanan, seperti didalam bus berjalan misalnya.

Cari tahu konter mana yang menjual paket data yang paling murah

Bagi kamu yang punya banyak teman, dapat memanfaatkannya dengan menanyakan daerah mana yang menjual paket data termurah. Kamu bisa memanfaatkan media sosialmu untuk menghubungi teman-temanmu. Terkadang beberapa konter menjual paket data yang lebih murah dibanding konter lain. Walaupun selisih dua ribu rupiah, lumayan bukan untuk menambah tabunganmu?

Cari Tahu Paket Data Yang Ditawarkan Beberapa Operator Lokal

Mungkin terlihat ribet untuk mencari informasi seperti diatas. Tapi percayalah beberapa operator akan mengupdate harga paket sesuai dengan kondisi pasar mereka. Yang kamu mesti lakukan adalah hanya mengorbankan sedikit kuota-mu untuk “googling” di situs-situs mereka mengenai daftar harga paket terbaru yang mereka tawarkan. 

Dari situ kamu bisa menilai operator mana yang lebih murah memberikan paket datanya. Akan tetapi jangan lupa pastikan sinyal operator tersebut memang bisa dipakai didaerah tempat kosan-mu. Jangan sampai kamu justru harus menepak jidat karena sinyal operator yang kamu pilih ternyata sangat primitif.

Matikan Koneksi Data, Aktifkan Wifi-Mu Ketika Berada Di Area Free Wifi

Belakangan ini banyak tempat yang menyediakan wifi gratis untuk sekedar menarik pengunjung. Seperti di kafe, taman kota maupun daerah kampus. Bagi kamu yang memiliki kampus dengan fasilitas wifi, beruntunglah. Manfaatkan fasilitas itu semaksimal mungkin. 

Bagi kamu mahasiswa dan pelajar, beberapa kampus dan sekolah besar juga telah banyak menyediakan akses wifi gratis. Selain itu, tempat kos-kosan juga sudah banyak yang menyediakan fasillitas ini untuk menambah daya saing kos-nya agar dilirik oleh anak kos yang mendambakan free wifii.

Jika belum ada, tidak ada salahnya kamu dan teman-teman kos mu mengajukan proposal wifi kepada instansi terkait. Semuanya tergantung negosiasi kalian bersama pihak kampus, sekolah atau pemilik kos. Bila beruntung, kalian akan menikmati wifi sepanjang hari di kos-kosan.

Teliti Masa Aktif Kartu Yang Akan Dibeli

Banyak konter atau penjual paket data tidak trasparan mengenai masa aktif kartu yang dijualnya. Pengalaman mimin, banyak kartu paket yang dijual dengan masa aktif kurang dari yang tertera. Sebelum membeli, pastikan tanyakan pada penjual, detail tanggal dan bulan masa aktif akan berakhir. Sehingga kamu bisa mempersiapkan budget untuk membeli paket data selanjutnya.

Jangan Download Aplikasi, Streaming, Dan File Besar Menggunakan Paket Data, Gunakan Wifii atau Hotspotan pake wifii teman :v

Sepertinya beberapa orang menganggap hal ini sepele. Kebanyakan paket data kita habiskan untuk streaming youtube atau mendownload file besar seperti game dan aplikasi. Kamu harus merubah kebiasaan ini. 

Gunakan paket data sewajarnya untuk internetan, buka sosial media, bbm-an, line, dan aplikasi chatting lainnya, serta main game online. Intinya, lebih baik mendownload video daripada menonton streaming. Karena suatu waktu ketika kamu membutuhkan video itu kembali, kamu tidak harus mengelurkan data lagi untuk mengaksesnya.

Matikan Fungsi Upgrade/Update Otomatis Di Smartphone Kamu

Upgrade atau Update otomatis memang ditujukan untuk memperbaiki kekurangan aplikasi di smartphone atau untuk memaksimalkan fungsi sebuah aplikasi di smartphone. Namun fungsi ini bisa memakan data kamu. 

Apalagi update sebuah aplikasi dengan kapasitas besar, tentunya akan memakan data yang besar pula. Jadi ubah fungsi upgrade otomatis menjadi manual. Kamu bisa bebas memilih aplikasi mana yang paling penting untuk di upgrade terlebih dahulu.

Demikian Tips Hemat Paket Data Bagi Mahasiswa dan pelajar. Semoga tips ini bermanfaat bagi kalangan anak kos yang semakin hari kebutuhan akan kuota-nya semakin tinggi, setinggi tumpukan pakaian kotornya yang menunggu untuk di laundry!


G+