10 Cara Mengatasi HOMESICK Anak Kost di Perantauan

Bagaimana cara mencegah homesick bagi anak kos yang hidup jauh dari rumah? Gejala ini memang sering melanda anak kost yang hidup di perantauan. Homesick merupakan keadaan dimana munculnya perasaan kangen terhadap rumah. Kamu salah satu orang yang hidup berjauhan dengan orang tua maupun keluarga, apakah kamu pernah merasakan homesick?

Homesick merupakan keadaan dimana munculnya perasaan kangen terhadap rumah, kangen dengan suasana ketika bersama orangtua, kakak maupun adik di rumah. Perasaan ini sering dialami oleh para anak kost yang merantau jauh untuk melanjutkan pendidikannya.

Biasanya homesick lebih sering dialami oleh anak perempuan. Namun tidak menutup kemungkinan juga dialami oleh kaum lelaki. Perasaan kangen rumah ini sering kamu rasakan tiba-tiba atau begitu saja. Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi homesick yang sedang melanda dirimu. Penasaran? mari kita simak satu per satu dibawah ini.

Baca dulu : Trik Jitu Menabung Cepat ala Anak KOST 


Cara Mengatasi Homesick

mengatasi homesick anak kost

Homesick memang manusiawi. akan tetapi bila sudah mempengaruhi mood dan menggangu produktifitas belajar mu, maka kamu perlu untuk mengatasinya. Tidak perduli apa pun itu, karena kamu harus berjuang untuk menyelesaikan studi mu dan pulang dengan membanggakan orangtua dirumah. Berikut beberapa tips anti homesick ala kosngosan :


1. Coba untuk Menyibukan diri


Setiap orang yang sibuk melakukan banyak kegiatan pasti tidak ada waktu untuk memikirkan sesuatu yang tidak berkaitan dengan kesibukannya, homesick misalnya. Kesibukan yang bisa kamu lakukan sebagai mahasiswa tentunya selain belajar dan mengerjakan tugas bisa juga dilakukan dengan mengikuti organisasi di kampus. Sehingga akan banyak waktu tersita untuk sibuk belajar dan juga berorganisasi.


2. Jangan berlama lama di kamar kost


Kamar kost adalah tempat kamu beristirahat juga digunakan sebagai ruang dimana kamu bisa memiliki waktu untuk sendiri. Ini yang dapat merangsang perasaan kangen rumah muncul. Disaat ruangan kamar sedang tidak ada orang, perasaan homesick pun akan muncul jika kamu tetap berada di kamar kost.

Jadi segera sibukan dirimu diluar kost. Kamu harus bisa melakukan manajemen waktu antara waktu didalam kost, waktu pengembangan diri, waktu belajar juga waktu untuk bersosialiasi dengan lainnya. Semua itu untuk membuat waktumu lebih efektif dan tidak terbuang percuma.


3. Berani Mandiri itu Penting


Biasakan diri untuk hidup mandiri. Hidup jauh dari keluarga untuk perantau awal adalah sesuatu yang sulit, tetapi lambat laun akan menjadi biasa untuk menjadi mandiri. Melakukan apapun tanpa bantuan siapapun, termasuk keluarga akan menjadikan kamu terbiasa hidup mandiri.

Dengan Kamu menjadi terbiasa sendiri, kamu tidak akan lagi mengkamulkan peran keluarga untuk beberapa hal. Ini akan membuat kamu terhindar dari rasa homesick.


4. Hang-out bersama teman


Diluar dari kesibukan kamu untuk belajar dan berorganisasi, jalan keluar bersama teman juga merupakan hal yang penting dilakukan.

Ketika kamu hangout bersama teman akan banyak hal menyenangkan yang dilakukan, kamu akan bisa tertawa lepas bisa juga untuk menghilangkan kejenuhan kamu terhadap kesibukan yang dijalani.


5. Rutin Berolahraga


Ketika tidak ada kesibukan atau kegiatan yang dapat membuat kamu menjauhi perasaan homesick, maka berolahragalah.

Dengan olahraga, selain menyehatkan badan juga menyegarkan jiwa. Pikiran positif akan terpancar terhadap diri Kamu. Olahraga bisa dilakukan dengan jogging ataupun berenang di pagi atau sore hari, bisa dilakukan sendiri ataupun dengan mengajak teman.


6. Komunikasi Rutin dengan Orang Rumah


Komunikasi dengan orang rumah adalah sesuatu yang penting, dengan ini Kamu dapat mengetahui bagaimana kabar dan keadaan orang rumah termasuk diri Kamu yang jauh dari keluarga. Namun, jangan membiasakan diri untuk menelpon orang rumah dengan skala waktu yang sering.

Memang, komunikasi terhadap keluarga terlebih orangtua adalah hal yang penting, tetapi coba untuk mengurangi intensitas menelfon. Ini mampu membantu Kamu untuk hidup lebih mandiri dan terhindar dari perasaan homesick. Ketika perasaan kangen dengan rumah sudah tidak bisa ditahan, segeralah telepon orang rumah, dengan demikian perasaan homesick akan berkurang.


7. Ikut Terlibat Organisasi


Organisasi kampus adalah salah satu wadah dimana kamu bisa mengekspresikan kemampuan mu, melatih keahlian manajemen kelompok dan komunikasi publik mu. Sehingga ketika menjadi aktif didalamnya, kamu kemungkinan besar akan lupa terhadap kondisi suasana di rumah.

Aktif di organisasi memang akan membuat mu aktif, tidak hanya belajar teori di dalam kelas saja, tetapi kini kamu sudah punya banyak teman dan kegiatan positif yang akan mengalihkan pikiranmu ke suasana kampung


8. Membuka Bisnis Sampingan


Berbisnis sampingan adalah sesuatu yang bisa kamu lakukan, terlebih apabila ingin memiliki kegiatan tambahan yang positif.

Sama seperti ikut organisasi, berbisnis juga akan mengalihkan waktu kosongmu menjadi lebih produktif. Selain itu kamu juga tentunya akan mendapatkan penghasilan tambahan, dan bukan tidak mungkin kamu bisa menjadi enterpreneur sukses dimasa depan


9. Melakukan Hobi Positif


Apa pun hobi mu, lakukan dan nikmati selama itu positif dan bisa membuat mu senang. Karena setiap orang punya kesukaan masing masing

Jadi disela sela waktu kosongmu, jangan menggunakannya untuk melamun dan memikirkan tentang rumah. Sebaliknya lakukan apa pun yang menjadi kegemaranmu selama itu positif


10. Pulang ke rumah


Pulang ke rumah adalah cara terakhir bagi kamu apabila masih rindu terhadap rumah dan suasana didalamnya.

Ini memang menjadi sesuatu yang sangat dinanti oleh banyak perantau seperti mahasiswa, terlebih ketika libur akan tiba, kebanyakan dari mereka akan segera membeli tiket pulang. Pulang ke rumah dan berkumpul bersama keluarga merupakan obat homesick paling manjur

Baca lainnya : Perbedaan Sekolah vs Kuliah Wajib Kamu Ketahui


Kata Penutup


Ketika pulang, benar-benar manfaatkanlah waktu dirumah bersama keluarga agar ketika kembali meninggalkan rumah tidak homesick lagi dikemudian hari. Pengirim: Kartini Lidyawati.

Oke demikian artikel mengenai Cara Mengatasi Homesick Anak Kos di Perantauan. Semoga bermanfaat bagi kalian. Jangan homesick lagi gaes. Karena kamu bisa melakukan hal hal positif di perantauan. Namun bila memang tidak bisa ditahan lagi, memang tidak ada salahnya pulang kampung untuk sekedar melepas rindu.
By

head ads

inline ads

inline ads 2

bottom ads