Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Tips Lolos Ujian Akhir Sekolah Tanpa Belajar

Bagaimana cara menjawab soal ujian tanpa belajar? Ujian sekolah memang menjadi momok tersendiri bagi siswa di sekolah, tidak hanya anak SD dan SMP bahkan yang SMA dan Kuliah sekalipun tetap mewanti wanti UAS sebagai sesuatu yang menghabiskan daya pikir, karena harus belajar dalam mempersiapkan diri menjawab segala kemungkinan soal yang bisa muncul. Padahal kalau tahu kiatnya, pastinya lebih mudah dalam menghadapi ujian seperti apa pun itu.

Pada kesempatan kali ini kosngosan akan kasih kalian tips menghadapi ujian semester dengan bantuan bocoran alias kunci jawaban dari uas yang biasanya muncul. Sekarang kamu tidak usah khawatir lagi untuk menghadapi uas dengan nilai nilai mu yang berantakan sebelumnya.

UAS atau Ujian Akhir Sekolah memang menjadi sesuatu yang harus dilewati bagi anak sekolah dan mahasiswa. Kamu yang merasa masih memerlukan tips khusus untuk menghadapi ujian penentuan ini, bisa membaca beberapa tipsnya disini.

Jangan melakukan sesuatu yang licik, seperti mencontek atau membuat kopekan (catatan kecil) ketika ujian. Karena itu akan merugikan dirimu sendiri. Kenapa? ya tentu saja kamu akan membohongi diri sendiri dan guru ketika melakukan itu.

Ditambah lagi ujian sejatinya adalah proses pembuktian diri, seberapa berhasil kamu menerima pelajaran, namun dengan melakukan kecurangan tersebut, kamu tentu saja tidak tahu seberapa besar kemampuan mu, bukan?

Oleh karena itu, mimi sarankan untuk mulaiah berubah dan mempersiapkan diri dengan matang. Kamu tidak perlu belajar mati matian, cukup mengetahui trik nya. Baiklah kita mulai. Ada banyak bocoran dan kunci jawaban Ujian Akhir Sekolah yang bisa kamu dapatkan (eits bukan seperti yang ada dibenak mu lho ya) diantaranya sebagai berikut :


Cara Menjawab Soal Ujian tanpa Belajar

Cara Menjawab Soal Ujian tanpa Belajar

Walaupun cara ini tidak disarankan, ada beberapa lifehack yang bisa dilakukan jika sobat kosngosan ingin menjawab soal ujian tanpa belajar sama sekali. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan:

Baca juga : Cara Berhenti Mencontek Saat Ujian


Perbaiki niat untuk menghadapi UAS

Lho, ini bukan kunci jawaban lho? Betul, Ini memang bukan kunci jawaban UAS yang sesungguhnya. Tetapi kamu perlu tahu kalau UAS tanpa niat dan motivasi yang kuat, maka

Kamu akan bersiap mendapatkan nilai terburuk dan dimarahi oleh orang tua. Jadi jangan menyepelekan motivasi kamu sendiri. Berikan kekuatan dari dalam dirimu untuk selalu ingin menjadi yang terbaik, sukses dikemudian hari dengan nilai baik yang didapat dari UAS.


Mengandalkan Pengetahuan Sebelumnya

Jadi kalau kalian telah belajar materi sebelumnya atau memiliki pemahaman yang baik tentang topik ujian dari proses pembelajaran di sekolah pada hari hari sebelumnya, atau saat mengerjakan PR, maka kalian dapat mencoba mengandalkan pengetahuan tersebut untuk menjawab soal-soal yang diajukan.


Menerapkan Logika dan Mencari Pola Soal

Menggunakan logika bisa jadi pilihan yang bagus untuk menjawab soal saat ujian tiba. Kamu perlu untuk menganalisis soal dan mencari jawaban yang mungkin. 

Walaupun tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang materi, terkadang kamu bisa menebak jawaban dengan mempertimbangkan konteks atau informasi yang diberikan dalam soal.

Kemudian ada juga beberapa soal ujian yang memiliki pola tertentu atau struktur yang dapat membantu kalian dalam menebak jawaban nya seperti apa. Coba cari pola yang mungkin ada dalam soal dan gunakan pola tersebut untuk mengarahkan jawaban mu sendiri


Percaya diri menghadapi Ujian

PD alias percaya diri adalah kunci sukses yang kedua untuk menghadapi ujian akhir semester. Kamu yang mendapatkan nilai jelek pada semester lalu mungkin pernah merasakan keraguan, tidak teliti dan masih kurang percaya diri menjawab soal UAS

Jadi sekarang kamu mesti menghancurkan penghambat itu dan mulailah belajar seyakin mungkin bahwa kamu akan mendapat terbaik sesuai dengan usaha yang kamu lakukan. Karena Tuhan itu maha adil, bukan?


Memanfaatkan Trik Pilihan Ganda

Kalau ujian soal di sekolah menggunakan format pilihan ganda, ada beberapa strategi yang dapat membantu sobat kosngosan dalam meningkatkan kemungkinan jawaban yang benar. 

Eliminasi jawaban yang tidak mungkin benar, mencari jawaban yang memiliki kata kunci yang mirip dengan informasi yang kamu ingat sebelumnya, atau memperhatikan jawaban yang paling umum atau logis.


Manajemen Waktu pra-ujian

Cara kamu belajar untuk ujian besok adalah bagaimana kamu mengatur waktumu. Kamu mesti mengatur ulang jadwal sehari hari mu untuk menghadapi UAS ini. 

Biasanya kamu sering main Mobile LEgend pada tengah malam, sering main bareng gebetan di malam minggu, dan kegiatan lain yang mungkin bisa menghancurkan waktu belajarmu

Hilangkan itu semua dan mulailah membuat list tentang apa yang mesti dilakukan untuk seminggu atau dua minggu kedepan sebelum ujian tiba. Karena persiapan adalah segalanya. Jadilah orang yang matang untuk menghadapi UAS


Hapal Esensi Materinya, Bukan Keseluruhan

Hal ini memang sedikit riskan bila kamu adalah tipe pelajar yang suka menghapal.Bagaimana mungkin kamu bisa mendapatkan nilai 100 dengan menghapal semua materi? Andaikan kamu bisa, maka mimin yakin kamu akan lupa seketika bila menghadapi ujian pada hari H.


Buatlah MindMap dan Outline Sederhana

Peta pikiran atau mindmap dapat membantu memecahkan masalah secara terstruktur melalui gambaran visual yang diwakili oleh setiap permalasahan dan solusinya. Berikut cara membuat mindmap yang baik

Selain itu Outline juga sangat bermanfaat untuk menggambarkan materi yhang akan kamu hapal yang memuat garis besar dari suatu tugas atau materi yang akan ditulis. Garis besar ini bisa berupa rangkaian ide yang disusun secara sistematis, logis, jelas, terstruktur, dan teratur. Berikut cara membuat outline yang baik.


Belajar kelompok

Pada akhirnya tetap belajar juga kan? Ya memang tidak bisa dipungkiri, untuk mendapatkan nilai yang tinggi, kamu tetap harus belajar.

Dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian akhir sekolah, sobat kosngosan dapat berlatih mengerjakan soal dengan teman sekelas, dengan membentuk grup belajar bersama yang nantinya akan saling membantu untuk menjawab soal yang dirasa sulit.

Tentunya ini sangat efektif dan efisien dalam pemahaman materi pembelajaran, terakhir nanti baru saling bertukar jawaban yang dipunya


Berdiskusi dengan Guru atau Senior

Ketika sobat kosngosan sudah mentok dan ingin mengetahui jawaban dari soal-soal yang sedang kamu bahas, kamu bisa meminta bantuan senior atau guru yang kompeten dibidangnya. Jangan takut atau malu untuk bertanya ya, karena sebenarnya mereka juga enang berbagi ilmu kok.


Lakukan Simulasi

Beberapa orang bisa lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian ketika dirinya langsung menghadapi kondisi yang sebenarnya. 

Nah disinilah pentingnya melakukan simulasi, supaya kamu bisa mengerjakan soal sesuai dengan tekanan waktu yang sama ketika menghadapi ujian yang sebenarnya. Kerjakan soal dengan menggunakan stopwatch, mintalah teman mu berperan sebagai pengawas ujian.


Mengerjakan Soal yang paling mudah

Lanjut kita ke tips teknik mengerjakan soal pertama, yaitu menjawab soal yang lebih mudah terlebih dahulu untuk memberikan waktu terhadap soal yang sulit nantinya. Ini merupakan bentuk pengalokasian waktu yang tepat.

Strategi ini dinilai paling efektif, karena dalam ujian, tidak ada aturan bahwa kalian perlu menjawab soal secara berurutan. Sehingga, kalian bisa melakukan skimming atau membaca seluruh soal secara sekilas saja dan menjawab terhadap prioritas tertentu.


Jangan terfokus pada satu Soal Saja

Waktu untuk pelaksanaan ujian akhir sekolah terbilang sangat singkat dengan jumlah soal yang cukup banyak. Meskipun soal yang lebih sulit atau lebih berbobot memiliki jumlah poin yang lebih banyak

Namun ada baiknya jika sobat kosngosan tidak berhenti pada satu soal untuk waktu yang lama, karena akan memberikan dampak pengerjaan terhadap soal yang lain


Berdoa dan Meminta Doa Orangtua

Jangan lupa berdoa sebelum ujian. Doa dalam mengerjakan soal ujian adalah salah satu penenang dalam mengerjakan ujian. 

Kamu akan diberikan petunjuk cara oleh yang maha kuasa dalam menjawab soal ujian dengan cepat, benar dan benar benar tenang. karena kamu akan yakin, kalau usaha mu selama ini tidak akan menghianati hasil.


Kesimpulan

Demikian Bocoran Kunci Jawab UAS Pelajar Sekolah Menengah ini. Kalau kamu kecewa tidak mendapatkan bocoran atau jawaban UAS yang sebenarnya, maka kamu sudah gagal dalam menghadapi UAS itu sendiri.

Yakinlah, tidak akan ada cara untuk menghadapi ulangan tanpa belajar. Karena itu hanyalah solusi semu belaka. Tips dan trik menghadapi UAS diatas mimin harap bisa kamu aplikasikan demi sukses di masa depan. Amin...

harahap reza
harahap reza Saya adalah seorang content creator pemula yang masih banyak harus belajar hal baru