Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah Model Pembelajaran IDI dan ADDIE

Pembelajaran IDI dan ADDIE

Kamu bisa mendownload Makalah Model Pembelajaran IDI (Instructional Development Institute) dan ADDIE (analisis, desain, development, implementation, implementation, dan evaluation) tapi sebelumnya kita bahas dulu mengenai IDI dan ADDIE ini.

Dalam makalah ini akan membahas mengenai Apa pengertian desain pembelajaran, Bagaimana sifat desain pembelajaran, Bagaimana model pembelajaran IDI dan Bagaimana model pembelajaran ADDIE.

Pengertian Model Pembelajaran

Sebelum membahas mengenai model pembelajaran, kita terlebih dahulu membahas mengenai pembelajaran dalam arti umum. Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang dirancang oleh pengajar atau guru untuk membantu seseorang dalam mempelajari suatu kemampuan dan nilai yang baru dalam suatu proses yang sistematis melalui tahapan, rancangan,  pelaksanaan dan evaluasi dalam aktifitas pembelajaran.

Model Pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu metode atau cara pembelajaran yang digunakan oleh pengajar atau guru dalam memberikan suatu pokok bahasan (materi) tertentu. Dalam pemilihan suatu model harus disesuaikan terlebih dahulu dengan materi pelajaran. Tingkat perkembangan kognitif siswa dan sarana atau fasilitas yang tersedia sesuai dengan tujuan pembelajaran sehingga model pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai.

Salah satu model design system pembelajaran yang memperlihatkan tahapan tahapan dasar desain system pembelajaran yang sederhana dan mudah di pelajarai adalah model ADDIE. Model ini terdiri dari lima fase atau tahap utama, yaitu analisis, desain, development, implementation, implementation, dan evaluation. Kelima fase atau tahap dalam model ADDIE perlu dilakukan secara stematik dan sistematik dan akan dibahas dalam makalah ini secara spesifik.

Model IDI (Instructional Development Institute) di kembang kan oleh University Consortium  For Instructional Development And Technology (UCIDT). Konsorsium tersebut terdiri dari University Of Southern Calivornia (USC), International University  Di San Diego, Michigan State University ( MSU), Syracuse University, Dan Indiana University. Model ini dibagi menjadi tiga tahapan yakni define, develop dan evaluate dan masing masing akan dibahas dalam makalah.

Download Makalah Model Pembelajaran IDI dan ADDIE

Setelah kita membahas singkat dua metode pembelajaran diatas, kamu bisa segera meng click link URL download makalah model pembelajaran IDI dan ADDIE dibawah ini, kamu akan diarahkan pada tab baru berisi halaman safelink. Tunggu lima detik, kemudian click link yang muncul. Kamu akan langsung mendapatkan file DOC nya.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya