Kumpulan Aplikasi Sekolah dan Kampus untuk Bidang Administrasi Gratis

Kegiatan administrasi sekolah dan perguruan tinggi selalu membutuhkan fokus dan manajemen yang tinggi dari para pegawainya. Oleh karena itu, tidak hanya penggunaan komputer atau hardware saja yang dibutuhkan, akan tetapi software atau tool tertentu juga dibutuhkan untuk membantu proses pengolahan data secara cepat.

Aplikasi Sekolah Kampus

Dapatkan Aplikasi Administrasi Sekolah dan Kampus secara Gratis hanya di kosngosan. Bila kamu sedang mencari tool yang cocok untuk mendukung aktifitasmu di sekolah atau kampus, membantu proses administrasi yang biasanya dilakuan secara manual, maka kamu harus mendapatkan pembahasan kali ini untuk mempermudah pekerjaan mu.

Software atau Aplikasi sebenarnya dibuat untuk memudahkan manusia dalam bekerja. Dalam perkembangangannya, ada pelbagai banyak jenis yang dengan bentuk dan penggunaannya masing masing berbeda pula.

Sobat kosngosan pasti sering menggunakan aplikasi office untuk bekerja di kantoran, SAS untuk statistik bagi penelitian, Spinner bagi content writer seperti kamu yang suka blogging, Vegas atau adobe premier bagi kamu yang suka menjadi youtuber atau video maker atau IDM (Internet Download Manager) bagi kamu yang suka download dari internet.

Nah, dalam keseharian bekerja dalam lingkungan sekolahan, para guru atau pegawai tata usaha di sekolah sebenarnya sudah cukup dibantu dengan alat alat yang ada saat ini. Terlebih mungkin bagi sekolah yang dekat dengan kota, sekolah negeri dan sekolah swasta dengan anggaran yang memadai sudah memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang aktifitas di dalamnya.

Aplikasi Selain Excel

Untuk penggunaan sistem administrasi dasar, Office sebenarnya cukup bisa membantu. Terlebih microsoft office memiliki berbagai fitur yang mana bisa membantu seorang pegawai sekolah menghitung anggaran sekolah dengan microsoft excel misalnya. Akan tetapi pada suatu kasus, ada hal yang tidak bisa dilakukan oleh aplikasi office tersebut.

Dibuatnya Office ini memang seperti yang mimin katakan sebelumnya untuk memudahkan dalam mengerjakan administrasi yang berbasis teknologi informasi. Dengan penggunaan aplikasi, diharapkan para pegawai sekolah bisa lebih mengenai produk teknologi dan mengaplikasikannya dalam pekerjaan sehari hari di sekolah.

Baca juga : Cara Scan Dokumen Lamaran Kerja Menggunakan HP

Beberapa perangkat lunak administrasi selain excel ini diperlukan di sekolah dan kampus yang sangat banyak di cari terlebih oleh kamu yang sedang bekerja di sekolah seperti tata usaha, perpustakaan, dan kantor kepala sekolah. Aplikasi Administrasi Sekolah selain excel ini di buat dengan berbagai tujuan sesuai dengan penggunaannya.

Berikut mimin sajikan tools administrasi sekolah dan kampus yang bisa diinstal di laptop dengan sistem operasi windows secara full version alias gratis, file installernya kemudian dikemas dalam sebuah format winrar untuk mempermudah pegawai sekolah, guru-guru maupun kepala sekolah. Berikut adalah aplikasi yang bisa kamu coba :


Aplikasi Administrasi Sekolah


Tool yang bermanfaat untuk mengelola administrasi sekolah dan lembaga pendidikan lainnya ini sangat rekomendasikan, tidak hanya bisa digunakan untuk sekolah formal saja, melainkan cocok pula bagi sobat kosngosan yang memiliki usaha yang berhubungan dengan pendidikan, misalnya, bimbingan belajar atau jasa private dibidang tertentu.

1. FeKara, merupakan aplikasi administrasi sekolah yang serbaguna, bisa menampung data lebih dari 50 siswa

2. School Time, yaitu versi gratisan dari aplikasi administrasi sekolah yang bisa mengelola kurang lebih 50 siswa

3. TS School, merupakan tool yang cukup lama sudah dirilis, namun tetap wort it dan menawarkan semua fitur yang dibutuhkan untuk mengelola sekolah

4. Fedena, yaitu tool administrasi sekolahan yang bersifat open-source (gratis) yang lebih fokus untuk mengelola data sekolah

5. Gibbon, merupakan aplikasi berbasis sekolah yang bersifat open-source (gratis) yang tidak hanya fokus pada administrasi sekolah namun juga menyediakan fitur dan layanan bagi guru

6. OpenSIS Open Source, merupakan platform gratis dan open-source yang didesain untuk sekolah wajib (12 tahun pertama)

7. SchoolTool, yaitu software administrasi sekolah berbasis cloud dan open-source yang dibuat untuk sekolah di berbagai negara.


Spreadsheet WPS Office


Perangkat lunak ini merupakan aplikasi terpopuler selain microsoft office tentunya. Sangat mudah digunakan, di instal dalam berbagai sistem operasi di linux dan windows berbagai versi. Ada dua jenis produk yaitu versi free, premium (berbayar) maupun profesional (kantor).

WPS Office merupakan office suite untuk Sistem Operasi Windows, Linux, iOS dan Android yang diciptakan dan didirikan oleh pengembang perangkat lunak asal Cina yaitu Kingsoft berbasis di Kota Zhuhai, China.

Salah satu yang membedakan antara WPS free dan berbayar adalah layanan Free WPS Cloud storage nya yang mampu menampung berbagai macam file office berbasis awan. Selain itu tampilan kerja nya tidak akan muncul iklan, tidak seperti versi gratisan yang terkadang muncul iklan yang cukup mengganggu.

Kamu bisa men-download aplikasi ini dalam versi trial secara gratis di sini kingsoftstore.com/software/professional-office-suite


KingSoft Spreadsheet Office


Selain WPS, Kingsoft juga masih menjadi pilihan beberapa orang dan institusi untuk keperluan software office nya. Selain gratis dan open sources, kingsoft memiliki tampilan interface yang user friendly dan mudah digunakan.


Seperti perangkat lunak pengolah angka lainnya, excel kingsoft masih berada dalam satu paket aplikasi Kingsoft Office yang diinstal secara sepaket. Aplikasi office ini dikembangkan oleh Kingsoft Office Software Corporation Limited.

Aplikasi ini dapat membuka dokumen yang dibuat oleh software Microsoft Office yang berformat seperti doc, docx, xls, xlsx, ppt dan pptx. Sifatnya yang free alias gratis untuk digunakan membuat penggunaan nya makin disukai.

Kamu bisa men-download aplikasi ini dalam versi open sources nya secara gratis di sini : kingsoftstore.com/kingsoft-office-freeware.html


Appalane Education


Software pendidikan ini merupakan solusi lengkap yang memungkinkan kamu dalam mengelola setiap kegiatan dalam sistem pendidikan di sekolah ataupun kampus. Dari platform ini kamu bisa mengelola dan memanajemen penerimaan, administrasi murid atau mahasiswa, manajemen biaya, manajemen absensi, manajemen perpustakaan, pemeriksaan dan evaluasi, SDM, manajemen stock dan juga pembukuan.

Kamu bisa segera mengunjungi halaman resminya di sini : applane.com/school-management-software . Aplikasi ini sepertinya hanya tersedia secara premium, jadi harus membelinya. Sebelumnya hubungi terlebih dahulu pengembang aplikasi ini untuk membeli software nya.


MYOB Accounting


Anak akuntansi pasti sudah kenal dengan aplikasi yang satu ini. Sebuah software akuntansi yang diperuntukkan untuk kepentingan pembukuan sederhana. Sebenarnya aplikasi ini lebih ditujukan untuk kepentingan bisnis kecil seperti UKM. Namun tidak menutup kemungkinan bisa digunakan untuk kepentingan pembukuan sekolah.

Tool ini berasal dari Australia diciptakan tahun 1991. MYOB Inc. pada tahun 1996 terus melakukan pengembangan dan bergerak dibawah payung MYOB Limited. MYOB lalu berekspansi menjadi beberapa cabang untuk memperluas jaringan pemasaran MYOB di seluruh dunia. Beberapa cabang MYOB yaitu MYOB Australia Pty Ltd., MYOB US, Inc., MYOB Canada Inc., MYOB New Zealand dan MYOB UK Ltd.

Hingga kini MYOB menjadi pilihan banyak pebisnis untuk membantu aktifitas pembukuan mereka. Kamu bisa mendownload aplikasi nya di sini : myob.com/au/support/download-accountright dan mendapatkan versi trialnya selama 30 hari. Lumayan bukan?


SPSS dan Minitab


Kedua aplikasinya ditujukan untuk penggunaan statistik. Memang kurang berguna bila digunakan untuk kegiatan administrasi sekolah, namun bisa digunakan untuk penelitian yang menyangkut statistik oleh beberapa guru dan tenaga pengajar.

Minitab dan SPSS memberikan beberapa keunggulan dalam mengolah data, memiliki tampilan yang sederhana, banyak digunakan oleh individu dan perusahaan, serta tersedia versi gratisannya untuk kamu yang benar benar tidak memiliki modal untuk membeli tools premium.

Unduh minitab disini
Unduh spss disini

Sejarah minitab dimulai di Pennsylvania State University. Dikembangkan oleh ilmuwan Barbara F. Ryan, Thomas A. Ryan, Jr., dan Brian L. Joiner di tahun 1972. Minitab punya berbagai fitur lebih baik untuk hasil seperti Analysis of Variance (ANOVA), analisis multivariat, peramalan, desain eksperimen, Analisis time series, Statistical process control, Analisis data kualitatif, Analisis nonparametrik dan Analisis reliabilitas.

Tool SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) awalnya diciptakan memang untuk kepentingan pengolahan data statistik dan ilmu sosial. Diciptakan oleh tiga orang mahasiswa pada 1968 oleh Norman Nie, C.Hadlai (Tex) Hull dan Dale H.Bent. Hingga kini software SPSS sudah dikenal sebagai pemimpin untuk pasar predictive analytics.


Baca juga : 17 Aplikasi AntiVirus yang Tidak Perlu diInstall di HP-mu, Pemborosan RAM!


Kesimpulan


Demikian kosngosan membagikan berbagai Tool khusus administrasi untuk sekolah dan kampus secara gratis yang bisa kamu download atau unduh di berbagai situs penyedianya. Semoga bermanfaat untuk pegawai sekolah, guru-guru, kepala sekolah dan sekolah. Jangan lupa berkomentar ya!
By

0 Response to "Kumpulan Aplikasi Sekolah dan Kampus untuk Bidang Administrasi Gratis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel