6 Manfaat Membacakan Dongeng Untuk Anak Sebelum Tidur

6 Manfaat Membacakan Dongeng Untuk Anak Sebelum Tidur

manfaat dongeng sebelum tidur
Siapa yang tidak pernah diceritakan dongeng, mungkin kamu yang pernah kecil sering dibacakan cerita hikayat oleh orangtua sebelum tidur. Sayangnya tradisi ini mulai luntur diakibatkan oleh keterbatasan waktu orang tua dalam mengurus anaknya. Kini dongeng hanyalah cerita fiksi yang hanya terpajang di pojokan lemari, bukan untuk dibaca. Padahal dongeng sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Seperti apa manfaat membacakan dongeng kepada anak sebelum tidur? kali ini kosngosan akan membahasnya untuk kamu.

Bagi sebagian orang, beranggapan bahwa membacakan dongeng pada si buah hati sebelum tidur adalah agar si buah hati cepat tidur. Gambaran-gambaran seperti ini sering disaksikan dalam perfilman Indonesia, dan bahkan dalam iklan-iklan yang beredar di televisi.

Namun, masih banyaknya orang tua yang belum mengetahui manfaat-manfaat lainnya yang akan di dapat dengan membacakan dongeng sebelum tidur. Dan juga, masih banyaknya orang tua yang sibuk bekerja hingga membuat mereka lupa akan hal ini yang mungkin saja di anggap hal sepele bagi sebagian orang.

Baca juga : Cara Mendidik Anak Perempuan Memakai Jilbab

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa sisi positif yang akan didapatkan oleh sang buah hati ketika mendengarkan kamu membacakan dongeng sebelum mereka tidur. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Menumbuhkan kedekatan personal antara orangtua dengan anak

Dengan seringnya kamu membacakan dongeng pada anak, maka akan menumbuhkan kedekatan hubungan antara anak dan orang tua. Terutama bagi kedua orang tua yang memiliki pekerjaan sehingga waktu untuk mengurus anak hanya ada saat malam hari. Jadi, jangan hilangkan kesempatan ini walaupun hanya 5 menit.

2. Merangsang otak anak untuk berkembang

Membacakan dongeng sebelum tidur, akan membuat anak kamu banyak bertanya tentang karakter, tempat kejadian, dan pertanyaan-pertanyaan lain seputar dongeng tersebut. Hal ini akan membuat si buah hati akan meminta lebih banyak jawaban kepada kamu, hasilnya anak kamu akan cerdas nantinya.

3. Meningkatkan kosa kata pada anak

Membacakan dongeng sebelum tidur pada si buah hati, juga akan turut meningkatkan kosa kata mereka. Karena pada saat kamu membacakan dongeng, itu sama halnya dengan kamu mengajarinya dan memperkenalkan kata - kata baru yang mungkin belum mereka ketahui. Karena saat itu, anak kamu akan mengingat sebagian kata-kata yang kamu ucapkan, sehingga hal itu akan memperluas kosa kata mereka.

4. Membantu pengembangan imajinasi anak

Setiap anak-anak harus memiliki imajinasi yang sehat, karena mengajarkan mereka untuk berfikir cepat namun efektif. Ketika kamu membacakan dongeng dengan ekspresi pembacaan seperti suasana dalam dongeng tersebut, maka hal itu akan turut mengembangkan imajinasi anakmu. Imajinasi sendiri akan berguna untuk mengembangkan daya kreatifitas nya kelak ketika ia besar nanti.

5. Menumbuhkan minat membaca pada anak

Membacakan dongeng pada anak sebelum tidur, sama halnya dengan kamu menumbuhkan minat membaca kepada anak kamu. ingat, buku adalah gudangnya ilmu. Mereka akan terangsang untuk melakukan aktifitas membaca yang kamu lakukan. Karena anak adalah mesin fotocopy terbaik yang anda punya. Oleh karena itu, mereka akan mencontoh apa yang kamu lakukan sebelum mereka tidur.

6. Langkah pengantar tidur yang menyenangkan

Selain hal-hal yang sudah disebutkan di atas, membacakan dongeng sebelum tidur juga bisa menyenangkan bagi anakmu, bahkan hal ini juga bisa membuat anak rileks ketika tidur. Beberapa anak yang mengalami kesulitan untuk tidur, solusinya bisa dibacakan dongeng cerita yang ia sukai. Sehingga ini akan menjadikan momen sebelum tidurnya terlewatkan dengan hal yang ia sukai.

Baca juga : Asuransi Kesehatan Anak yang Bagus untuk Masa Depan

Demikian artikel mengenai 6 Manfaat Membacakan Dongeng Untuk Anak Sebelum Tidur kali ini. Semoga kamu bisa menerapkan kepada anak - anakmu kelak. Ini juga bisa menjadi salah satu momen diskusi yang lebih intim dan tentunya akan meningkatkan kepercayaan anak kepada orangtuanya. Silahkan berikan pengalaman mendongeng-mu di kotak komentar dibawah ini. Terimakasih telah berkunjung di kosngosan.