Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Memilih Niche Topik Blog dengan CPC Tinggi

Bagaimana Cara Memilih dan Menentukan niche atau topik dari blog yang akan kita bangun? Pemilihan niche dan topik blog selain menulis konten artikel juga menjadi faktor utama yang akan menyebabkan ramai-sepi-nya pengunjung blog kita. Tidak hanya itu, hal ini juga akan menentukan tinggi rendahnya CPC atau BPK iklan google adsense yang kita miliki.

Bagi seorang blogger profesional, menentukan niche yang tepat dan banyak dicari orang adalah menjadi hal yang wajib. Oleh karena itu kali ini kosngosan akan membahas mengenai Cara Menentukan Niche dan Topik Artikel Blog Khusus Pemula. Mari simak pembahasannya dibawah ini.

Menentukan Niche dan Topik Artikel Blog

Mungkin menurut saya sendiri blog yang satu topik saja atau blog berniche lebih maju beberapa langkah dari blog yang membahas segalanya atau gado-gado. Bisa saya sebutkan bahwa blog yang membahas satu topik memiliki kualitas yang sangat baik, baik itu isi konten dan lainnya.

Baca juga : 4 Hal yang Wajib Dilakukan Setelah Memposting Artikel di Blog

Jika kita amati, banyak para blogger atau publisher Google Adsense yang membuat blog berniche (membahas satu topik saja), mereka membuat blog berniche dan selalu membidik kata kunci yang memiliki bayaran sangat tinggi.


Cara Menentukan Niche


Tetapi permasalahan yang paling sering dialami adalah, para publisher ini kebingungan membahas apa nantinya pada blog mereka. Tetepi menurut kami anda tidak perlu bingung karena kami hadir paling terdepan memberikan tips untuk menentukan niche atau topik pembahasan pada blog untuk para blogger pemula.

1. Memilih Niche Yang Paling Populer


Memilih topik yang paling paling populer atau banyak dicari merupakan salah satu rujukan terbaik dalam pemilihan topik pembahasan blog. Ada beberapa topik pembahasan yang terbilang sangat populer yang dapat anda pilih diantaranya seperti Kesehata, Asuransi, Teknologi, Bisnis dan lainnya.

(Klik disini) bagaimana contoh niche blog yang potensial?

Topik-topik ini merupakan topik yang paling populer dan paling banyak dibahas oleh para blogger karena keyword-keyword yang ada pada topik tersebut sangat mahal bayarannya.

2. Memilih Niche yang Menjadi Passion


Salah satu poin untuk memilih topik blog yang ingin anda bahas nantinya adalah memperhatikan dan memilih topik apa yang menurut anda merupakah salah satu keahlian anda. Menurut kami, memilih niche yang anda minati atau anda gemari akan mempermudah anda untuk menulis artikel nantinya.

Atau, anda bisa juga mengambil tema blog dari hobby yang anda gemari. Misalkan saja anda hobby touring sepeda motor.

Nah ada baiknya anda menulis artikel seputar sepeda motor atau tips-sips otomotif maupun touring nya. Memilih niche sesuai hobi menurut saya adalah salah satu hal yang paling tepat karena nantinya akan memudahkan anda untuk membuat sebuah konten blog.

3. Memilih Konten Viral, News atau Trending


Selain beberapa pilihan yang kami sebutkan diatas, anda juga dapat membuat blog bertemakan berita baik itu viral maupun berita yang diupdate terbaru.

Blog yang bertemakan ini sangat lah banyak dikunjungi oleh para visitor yang haus akan berita terbaru. Tetapi jika anda memilih topik ini, maka ada baiknya anda selalu update artikel berita paling terbaru dan jangan sampai ada yang ketinggalan.

4. Bahan Pembelajaran


Bagi mahasiswa atau pelajar, mencari bahan seperti skripsi, makalah dan tugas akhir menjadi keharusan. Dan kamu yang punya berbagai bahan itu bisa membuat web atau blog khusus yang menyediakan bahaan pembelajaran tersebut.

5. Blog komunitas


Blog komunitas seperti pecinta lingkungan, anak motor dan sebagainya bisa kamu buat blog nya untuk menjadi bahan referensi bagi orang lain. Bagikan informasi terkait apa yang kamu lakukan bersama kelompok mu tersebut.

6. Niche blog luar


Hal selanjutnya yang bisa menjadi pilihan adalah ketika kamu memiliki kemampuan dalam suatu bahasa asing, misalnya bahasa thailand, kemudian kamu bisa membuat blog yang khusus menggunakan bahasa thailand, sehingga kamu mudah mengelola blog tersebut. Alhasil, cpc akan relatif lebih tinggi, karen memang memiliki target pengunjung dari luar, tergantung dari bahasa yang kamu gunakan.

7. Niche blog Download


Terakhir yang bisa mimin sarankan adalah membuat blog download. Pertanyaannya, tapi kan blog download tidak bisa di approved adsense? tentu saja, oleh karena itu kalian harus menggunakan blog safelink untuk mengalihkan link download yang kalian punya. Gunakan sub domain dari domain blog yang sudah diapproved oleh adsense untuk blog salink-nya. Sehingga kalian tidak perlu lagi mendaftar blog safelink ke adsense.


Lihat juga : Cara Membuat SubDomain TLD BlogSpot untuk SafeLink


Penutup


Demikian pembahasan mengenai Cara Menentukan Niche dan Topik Artikel Blog Khusus Pemula, mudah-mudahan berguna dan bermanfaat bagi anda. Apabila kamu merasa artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman teman blogger lainnya. Terimakasih telah berkunjung.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya