Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Lamaran Kerja Pabrik Terbaru

Apakah kamu sedang mencari contoh surat lamaran untuk bekerja sebagai buruh di pabrik? Bekerja di pabrik atau industri pengolahan memang memiliki gaji yang cukup besar, namun dengan jam kerja yang cukup panjang. Kamu bisa mengirim lamaranmu ke kota kota industri di Indonesia seperti Batam, Karawang dan sebagainya. Dan kali ini kosngosan akan memberikan contoh surat lamaran yang bisa membantu mu dalam proses rekrutmen.

Bekerja sebagai buruh di pabrik memang membutuhkan ketelatenan yang tinggi. Saat ini, banyak sekali tenaga kerja di Indonesia masuk dalam kategori buruh. Dan bila kamu memang tertarik untuk mencoba pentungan sebagai buruh kamu bisa membuat surat lamaran kerja untuk pabrik incaranmu. Karena buruh juga digaji cukup tinggi, sesuai standar UMR dan pabrik masing masing.

Lowongan kerja buruh memang menjadi solusi bagi tingginya angka pengangguran saat ini. Disaat banyak perusahaan multi nasional yang gulung tikar, pabrik besar atau pabrik skala rumah tangga yang menghasilkan produk siap pakai bisa memperkerjakan para buruh dengan gaji yang lumayan.

Kita pasti sering mendengar istilah buruh, pekerja, tenaga kerja dan juga karyawan. Istilah tersebut sebenarnya sama. Di indonesia sendiri profesi buruh selalu dipersepsikan dengan pekerjaan rendahan, kasar dan membutuhkan tenaga lebih ketimbang karyawan atau pekerja. Bila dibandingkan dengan buruh, jauh lebih tinggi.

Seperti misalnya buruh pabrik sepatu yang ada di kota Batam. Mereka di gaji berdasarkan UMR kota Batam dengan waktu kerja yang sebenarnya sangat berat bila dibandingkan dengan waktu kerja para karyawan kantoran.

Hal ini lah yang membuat profesi buruh kebanyakan di isi oleh mereka yang memiliki skill bekerja kasar, atau latar belakang pendidikan yang menengah, seperti tamatan SMP dan SMA. Tapi menjadi buruh tentu saja butuh motivasi kerja karyawan yang menjadikan mereka giat untuk bekerja


Contoh Surat Lamaran Kerja Pabrik

contoh surat lamaran kerja pabrik buruh

Bila nantinya gaji dari profesi buruh tersebut bisa kamu kumpulkan, kamu tentunya akan lebih senang membuka usaha atau bisnis sederhana bukan? Ini lebih baik dan lebih bebas dalam bekerja. Tidak mengalami keterikatan dan kita bebas bekerja kapan pun kita mau.

Buat kamu yang ingin mempelajari Daftar Pertanyaan Interview bagi Fresh Graduate, bisa mengikuti pembahasan kosngosan sebelumnya.  Nah sekarang kita lanjut kepada beberapa contoh lamaran kerja di pabrik, kamu bisa lihat dibawah :

Contoh lamaran kerja pabrik

Seperti pada gambar diatas, kamu bisa melihat contoh form surat lamaran kerja pabrik untuk buruh langsung yang mimin sematkan dalam dibawah ini dalam format word :



Batam, 17 Agustus 2023

Kepada Yth,
Bapak / Ibu Pemilik Pabrik

Pabrik PT. Kosngosan

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan yang saya dapatkan dari situs penyedia lowongan kerja, saya bermaksud untuk melamar dan bergabung bersama Pabrik Kosngosan. Adapun jenis pekerjaan yang saya maksud adalah sebagai buruh bagian packing. Berikut merupakan data diri saya :

Nama : Muhammad Reza Harahap
Tempat / tgl lahir : Padangsidimpuan, 06 Oktober 1994
Pendidikan terakhir : SMK Teknik Mesin
Alamat : Jl. Garuda Sakti, Simpang Baru, Pekanbaru
Telepon : 0823902579**
Status : Lajang

Saya memiliki pengalaman sebagai buruh pabrik pengolahan cpo di daerah Riau, saat ini saya memiliki kesehatan yang baik, senang belajar dan dapat bekerja secara individu maupun dalam tim. Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Fotocopy Ijazah dan Transkrip Nilai
3. Fotocopy KTP
4. Pas foto terbaru
5. Fotocopy Kartu Kuning (AK/1)
6. Fotocopy SKCK
7. Fotocopy Surat Kesehatan

Saya berharap Bapak / Ibu bersedia memberikan kesempatan bagi saya untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya sesuai peraturan yang ada. Demikian surat lamaran ini saya buat. Terima kasih.

Hormat saya,

Muhammad Reza Harahap

Sobat kosngosan bisa mengunduh file word -nya dengan mengunjungi tautan surat lamaran kerja pabrik disini.


Contoh Surat Lamaran 2

Pekanbaru, 23 Maret 2023

Kepada Yth : 
Bapak/Ibu Pimpinan HRD
Di_Tempat
Hal : Lamaran Kerja
Lampiran : 1 (satu) berkas

Dengan hormat,Saya yang bertanda tangan di bawah ini, 
Nama : RIO ADI SAPUTRA, SP
Tempat/Tgl. Lahir : Pekanbaru/ 30 Mei 1989
Pendidikan Terakhir : Perguruan Tinggi Negeri UNIVERSITAS RIAU
Alamat : Jl. UKA Perum Alam Surya Blok I no:1 Pekanbaru-Riau
Telepon : 081362017087
E-mail : Rioadisaputra62@yahoo.com
Status : Menikah

Berdasakan infomasi yang saya dapatkan di situs AKSES RIAU tentang lowongan pekerjaan di perusahaanyang bapak/ibu pimpin, dengan ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan untuk menjadi ASISTEN KEBUN di Perusahaan Sawit yang bapak/ibu pimpin. 
Sebagai bahan pertimbangan saya sertakan dan lampirkan:
1. Riwayat Hidup (Curiculum Vitae)
2. Scan Ijazah
3.Lampiran Transkrip nilai
4. Foto copy KTP

Demikian surat lamaran ini, besar harapan saya dapat diberi kesempatan untuk mengikuti seleksi penerimaan karyawan di perusahaan Bapak/Ibu Pimpin, atau disimpan sebagai arsip untuk penerimaankaryawan di masa mendatang. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,
Rio Adi Saputra, SP

Contoh surat lamaran 3

surat lamaran kerja pabrik

Cara membuat lamaran kerja pabrik

Pada dasarnya membuat surat lamaran kerja untuk buruh pabrik sama saja dengan membuat surat kerja pada umumnya. Hanya saja yang membedakan adalah tujuan maksud surat serta persyaratan dokumen yang lebih lengkap.

Kamu harus mempersiapkan hal hal sebagai berikut :

format surat lamaran pabrik

Langkah pertama, buatlah lembar kerja baru di word atau aplikasi pengolah kata lainnya. Buat margin 3-3-3-3 dengan ukuran font 12 dan jenis font arial atau times new roman. tentunya ini tidak baku, sesuai dengan selera kamu atau permintaan pabrik (bila ada).

Langkah kedua, mulailah mengetik bagian kepala surat yang terdiri dari tanggal pembuatan surat pada kanan atas, tujuan surat, nama pabrik dan tempat pabrik.

Langkah ketiga, berikan paragraf pembuka yang berisi pernyataan kamu mendapatkan informasi pekerjaan itu dari mana, akan melamar posisi apa dan selanjutnya menawarkan diri untuk bekerja yang diikuti dengan pencantuman list biodata singkat mengenai diri kamu.

Langkah keempat, berikan paragraf inti yang bercerita mengenai prestasi, pengalaman dan pencapaian positif mu yang masih berkolerasi dengan pekerjaan ini.

Langkah kelima, cantumkan poin per poin untuk syarat dokumen yang diperlukan atau dokumen yang kamu lampirkan bersamaan dengan surat lamaran ini.

Langkah keenam, tulis paragraf terakhir yang menyatakan bahwa kamu sangat menginginkan posisi ini dan kamu akan bersedia dipanggil sewaktu waktu dan menyanggupi untuk melakukan tes atau tahapan seleksi selanjutnya.

Kemudian diakhiri dengan bubuhan tanda tangan yang diakhiri nama lengkap mu. Kamu juga bisa menyertakan materai 6000 apabila diminta.

Baca juga : Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign)


Penutup

Setelah kamu Klik tombol download di atas kamu akan dibawa ke halaman safelink tunggu beberapa detik sehingga tombol download muncul, dan kamu akan dibawa ke media penyimpanan Google Play.

Selamat mendownload semoga contoh file diatas dapat membantumu dalam mengirim surat lamaran lebih cepat sehingga kamu diterima bekerja sebagai buruh di perusahaan atau pabrik idamanmu.

Demikianlah pembahasan mengenai Contoh lamaran kerja pabrik sebagai buruh kali ini, semoga bisa membantu mu dalam mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan. Jangan lupa bersyukur dan teruslah mencari kerja. Bagikan tulisan ini kepada teman teman mu yang lain.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya