Contoh surat lamaran kerja pabrik sebagai buruh

Contoh surat lamaran kerja pabrik sebagai buruh

contoh surat lamaran kerja pabrik buruh

Bekerja sebagai buruh di pabrik memang membutuhkan ketelatenan yang tinggi. Saat ini, banyak sekali tenaga kerja di Indonesia masuk dalam kategori buruh. Dan bila kamu memang tertarik untuk mencoba pentungan sebagai buruh kamu bisa membuat surat lamaran kerja untuk pabrik incaranmu. Karena buruh juga digaji cukup tinggi, sesuai standar UMR dan pabrik masing masing.

Lowongan kerja buruh memang menjadi solusi bagi tingginya angka pengangguran saat ini. Disaat banyak perusahaan multi nasional yang gulung tikar, pabrik besar atau pabrik skala rumah tangga yang menghasilkan produk siap pakai bisa memperkerjakan para buruh dengan gaji yang lumayan.

Kita pasti sering mendengar istilah buruh, pekerja, tenaga kerja dan juga karyawan. Istilah tersebut sebenarnya sama. Di indonesia sendiri profesi buruh selalu dipersepsikan dengan pekerjaan rendahan, kasar dan membutuhkan tenaga lebih ketimbang karyawan atau pekerja. Bila dibandingkan dengan buruh, jauh lebih tinggi.

Seperti misalnya buruh pabrik sepatu yang ada di kota Batam. Mereka di gaji berdasarkan UMR kota Batam dengan waktu kerja yang sebenarnya sangat berat bila dibandingkan dengan waktu kerja para karyawan kantoran.

Hal ini lah yang membuat profesi buruh hanya di gandrungi oleh mereka yang kurang memiliki skill atau latar belakang pendidikan yang rendah seperti tamatan SMP dan SMA. Tapi menjadi buruh tidaklah terlarang dan justru akan memberikan pengalaman terbaik untuk kamu.

Baca juga : Cara Pinjam Uang di PNM Untuk Modal Usaha

Bila nantinya gaji dari profesi buruh tersebut bisa kamu kumpulkan, kamu tentunya akan lebih senang membuka usaha atau bisnis sederhana bukan? Ini lebih baik dan lebih bebas dalam bekerja. Tidak mengalami keterikatan dan kita bebas bekerja kapan pun kita mau.

Cara membuat lamaran kerja pabrik sebagai buruh


Pada dasarnya membuat surat lamaran kerja untuk buruh pabrik sama saja dengan membuat surat kerja pada umumnya. Hanya saja yang membedakan adalah tujuan maksud surat serta persyaratan dokumen yang lebih lengkap.

Kamu harus mempersiapkan hal hal sebagai berikut :

format surat lamaran pabrik


Langkah pertama, buatlah lembar kerja baru di word atau aplikasi pengolah kata lainnya. Buat margin 3-3-3-3 dengan ukuran font 12 dan jenis font arial atau times new roman. tentunya ini tidak baku, sesuai dengan selera kamu atau permintaan pabrik (bila ada).

Langkah kedua, mulailah mengetik bagian kepala surat yang terdiri dari tanggal pembuatan surat pada kanan atas, tujuan surat, nama pabrik dan tempat pabrik.

Langkah ketiga, berikan paragraf pembuka yang berisi pernyataan kamu mendapatkan informasi pekerjaan itu dari mana, akan melamar posisi apa dan selanjutnya menawarkan diri untuk bekerja yang diikuti dengan pencantuman list biodata singkat mengenai diri kamu.

Langkah keempat, berikan paragraf inti yang bercerita mengenai prestasi, pengalaman dan pencapaian positif mu yang masih berkolerasi dengan pekerjaan ini.

Langkah kelima, cantumkan poin per poin untuk syarat dokumen yang diperlukan atau dokumen yang kamu lampirkan bersamaan dengan surat lamaran ini.

Langkah keenam, tulis paragraf terakhir yang menyatakan bahwa kamu sangat menginginkan posisi ini dan kamu akan bersedia dipanggil sewaktu waktu dan menyanggupi untuk melakukan tes atau tahapan seleksi selanjutnya.

Kemudian diakhiri dengan bubuhan tanda tangan yang diakhiri nama lengkap mu. Kamu juga bisa menyertakan materai 6000 apabila diminta.

Baca juga : Tips Melamar Kerja Lewat Aplikasi Line Jobs


Contoh lamaran kerja pabrik sebagai buruh



Seperti pada gambar diatas, kamu bisa melihat contoh form surat lamaran kerja pabrik untuk buruh langsung yang mimin sematkan dalam dibawah ini dalam format word :



Atau kamu bisa mengunduh file word -nya dengan mengunjungi tautan surat lamaran kerja pabrik disini.

Demikianlah pembahasan mengenai Contoh lamaran kerja pabrik sebagai buruh kali ini, semoga bisa membantu mu dalam mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan. Jangan lupa bersyukur dan teruslah mencari kerja. Bagikan tulisan ini kepada teman teman mu yang lain.

Buka Komentar