Cara mengumpulkan uang dengan cepat bagi pelajar smp dan sma

Cara mengumpulkan uang dengan cepat bagi pelajar smp dan sma

Baca juga :

Menabung dan mengumpulkan uang merupakan cara terbaik untuk berinvestasi jangka panjang untuk menghadapi masa depan yang serba tidak pasti. Bagi kamu yang seorang pelajar sd, smp atau sma, menabung bisa mempersiapkan masa depan mu kelak. Nah kali ini kosngosan akan membahas mengenai bagaimana cara menabung untuk kalian para pelajar. Yuk simak pembahasannya dibawah ini.

Ada banyak motif buat kamu untuk menabung seperti untuk membeli hp smartphone iphone atau android, ingin jalan jalan liburan atau menabung untuk persiapan kuliah. Salah satu sumber tabungan yang rutin kalian sisihkan adalah menabung dari uang jajan, mungkin dengan nominal yang berbeda beda seperti 2000 hingga 10000 rupiah.

Well, itu semua memang menjadi pilihan mu. Mimin disini hanya memberikan beberapa tips saja seputar menabung yang lebih efektif dan efisien. Tentunya kamu juga ingin dong menabung dan terkumpul dengan cepat?

Cara menabung cepat untuk pelajar sd, smp dan sma sebetulnya bisa kamu lakukan dengan tips yang sederhana. perhatikan, jangan sampai kamu berhemat semaksimal mungkin hingga kebutuhan mu terlupakan.

Lihat juga : 5 Contoh Peluang Investasi untuk Pelajar yang patut dicoba

Menabung dan terus belajar adalah dua hal yang harus dilakukan beriringan. Jangan sampai kamu terlalu berperilaku hemat (dibaca pelit) sehingga menggangu kehidupan belajar mu. Oleh karena itu diperlukan berbagai strategi agar proses menabung mu bisa berjalan sukses. Penasaran? kepoin terus dibawah ini.

Bagaimana tips menabung buat pelajar smp dan sma?


Ketika kamu ingin membeli sesuatu misalnya, dan dana yang kamu miliki belum mencukupi, maka salah satu cara untuk merealisasikannya adalah dengan menabung atau mengumpulkan duit setiap harinya.

cara mengumpulkan uang

Selain tentunya kamu juga bisa memulai bisnis kecil kecilan ala pelajar yang akan menambah penghasilanmu. Jadi kamu tidak harus fokus mengharapkan duit dari orangtua saja. Klik disini untuk lebih detailnya.

Berikut adalah beberapa tips dalam mengumpulkan duit ala pelajar yang berhasil mimin rangkum,

1. Manajemen finansial yang matang dan berkelanjutan


Kamu harus bisa mengatur keuanganmu sendiri. Bila kamu diberi jajan per hari, maka usahakan 30% dari jajan mu disisihkan untuk ditabung (lebih besar lebih baik). Berbeda bila kamu diberikan uang jajan per bulan, kamu harus bisa mengkalkulasikan biaya untuk kebutuhan sehari hari, transportasi, makanan, biaya tak terduga dan untuk ditabung.

Bijaklah mengatur urusan finansialmu. Buatlah catatan keuangan yang beguna nantinya sebagai laporan bulanan terhadap setiap pemasukan dan pengeluaran. Bila tidak ingin repot, cukup download aplikasi laporan keuangannya di smarphone mu.

2. Pilihlah jenis tabungan


Sebagai generasi milenial, kamu bisa memilih jenis tabungan di bank atau tabungan sederhana dengan celengan. Selain itu berinvestasi lewat emas dan deposito juga bisa menjadi pilihan. Konsultasikan jenis tabungan yang akan kamu ambil bersama orangtua dan keluarga.

3. Makan di rumah dan membawa bekal


Meskipun dianggap sedikit norak, kamu tetap harus mengutamakan makan di rumah ketimbang di luar rumah. Selain hemat tentunya, kamu akan terjauhi dari bahan makanan yang bisa membahayakan tubuhmu.

Membawa bekal makan siang juga menjadi pilihan yang menyenangkan untuk dilakukan. Kamu dan teman teman mu bisa berjanji membawa bekal bersama dan makan bersama di dalam lokal ketika jam istirahat tiba. Asyik bukan?

4. Hentikan kebiasaan boros mu seperti merokok atau hang out setiap hari


Merokok dan nongkrong di cafe setiap hari adalah dua contoh kebiasaan buruk yang akan merusak finansialmu. Kamu harus tahu bahwa ada banyak efek negatif merokok bagi pelajar. Nongkrong yang keseringan juga akan menghabiskan jajan mu sebulan. Jadi pikirkan kembali bila teman ingin mengajak nongkrong. Carilah tempat nongkrong yang bersahaja dan tidak boros.

5. Cari paket data murah dan beralihlah ke wifi gratisan


Penggunaan smartphone di kalangan pelajar tidak bisa lagi dihindari. Rata-rata biaya data dari smartphone mu bila dikalkulasikan per tahun nya bisa mencapai jutaan rupiah. Tentunya ini berdampak pada kemampuan mu dalam menyimpan uang.

Baca tips paket data 4G dan 3G disini

Maka carilah paket data yang harganya masuk akal. Kamu juga tidak perlu beli pulsa banyak karena bisa menelepon menggunakan aplikasi Line, Whatsapp dan telegram. Kamu juga bisa mencari operator yang menawarkan telepon gratis ke sesama operator.

6. Jual barang secondhand yang masih bernilai


Menjual barang yang tidak dipakai tetapi masih memiliki nilai bisa menjadi solusi menambah pemasukan mu. Perhatikan di kamarmu, adakah barang yang tidak terpakai lagi seperti gitar, playstation, hp jadul, tas, sepatu, helm dan lainnya.

Kamu bisa jual barang barang tersebut di forum online seperti grup facebook dan olx. Setelah mendapatkan uangnya, maka sisihkan ke dalam tabunganmu. Lumayan bukan untuk menambah simpanan?

7. Memulai bisnis sampingan  ala pelajar


Membuka bisnis memang selalu menjanjikan. Memulai bisnis bagi kalian pelajar adalah pilihan bijak apabila tidak ingin membebani kedua orangtua. Selain bisa menambah passive income dan mempercepat simpanan uang kalian, kalian juga akan belajar mengenai dunia kerja yang sesungguhnya

Baca tips bisnis pelajar disini

Hanya saja sebagai seorang pelajar, jangan lupa bahwa prioritas utama kalian adalah belajar, bukan berbisnis. Kelak nantinya apabila bisnis kalian berkembang pesat, kalian bisa melanjutkannya dan fokus menekuni bisnis setelah lulus sekolah. Ada banyak pengusaha sukses dari lulusan sma atau smp. Jadi jangan takut untuk mencoba.

8. Berdoa, memberi dan selalu bersyukur


Ini adalah tips terakhir yang sangat manjur. Jangan menyepelekan doa, sedekah dan rasa syukur. Ketiganya adalah unsur internal yang bisa mem-boost rezeki mu. Bila kamu selalu bersyukur yang diwujudkan dengan kegemaran mu dalam berdoa dan bersedekah, maka yakinlah Tuhan akan memberikanmu rezeki yang tidak disangka-sangka.

Kesimpulan


Bagaimana, apakah kamu sudah bisa memulai mengumpulkan dan menabung uang demi masa depanmu? Setidaknya kamu sudah mencoba. Walaupun dengan tabungan yang sedikit, asalkan konsisten maka kemudian hari akan bertambah juga.

Oh iya satu hal lagi, saran mimin jangan menyimpan harta mu dalam bentuk uang terlalu lama. Bila sudah sampai diatas 5 tahunan maka alangkah lebih baik bila kamu menyimpan dalam bentuk emas atau deposito. Hal ini untuk menghindari kemerosotan nilai uang dari tahun ke tahun yang biasa kita sebut sebagai inflasi.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara mengumpulkan uang dengan cepat bagi pelajar smp dan sma kali ini, semoga bisa membantu kamu dalam mewujudkan impianmu membeli sesuatu. Bagikan tulisan ini kepada teman teman mu yang lain agar mereka juga membacanya.

Buka Komentar