Pengertian Backlink DoFollow dan NoFollow, Manfaat untuk Website dan Cara Mendapatkannya

Backlink atau tautan balik pada suatu blog merupakan salah satu faktor penting dalam optimasi SEO. Backlink yang berkualitas, dan tertarget dapat meningkatkan pagerank, DA, PA dan membuat artikel menjadi gampang pageone di mesin pencari.

Sebagai seorang blogger, mimin kosngosan akan memberikan materi mengenai pentingnya backlink dalam pengembangan blog atau website, apa saja manfaat yang kamu peroleh serta Bagaimana cara mendapatkan backlink yang berkualitas. Sebelumnya, pahami dulu istilah SEO disini.

Backlink sangat berperan penting dalam meningkatkan kualitas SEO dan blog kamu supaya mesin pencari Google dapat menampilkan situs kamu di halaman mesin pencari. Namun terkadang banyak yang tidak peduli dengan backlink ini, atau banyak juga yang perduli, namun backlink yang didapatkannya justru tidak berkualitas, dan akhirnya menjadi bumerang, merusak pagerank blog nya.

Backlink secara garis besar dibagi menjadi dua yaitu backlink dofollow dan nofollow. Apa itu backlink dofollow? Dan apa itu backlink nofollow? Apa manfaat backlink dofollow dan nofollow? Serta bagaimana cara mendapatkan backlink dofollow dan nofollow? mari kita bahas satu per satu.

Baca juga :
12 Teknik SEO Baru untuk Meningkatkan Traffic Blog
Cara Mendapatkan Ribuan Pengunjung Blog dari Niche Sepi Peminat

Pengertian Backlink DoFollow dapat didefinisikan sebagai suatu link balik atau tautan balik yang masuk pada halaman atau post website, yang berfungsi sebagai peningkat SEO. Semakin banyak backlink masuk yang mengarah ke suatu halaman, maka itu merupakan indikasi bahwa halaman tersebut berkualitas.

Backlink dofollow sangat dianggap penting oleh mesin perayap Google. Di dunia SEO, Google menggunakan metrik Pagerank untuk mengukur popularitas suatu situs, yaitu berapa banyak backlink yang didapat situs tersebut. Semakin banyak backlink (tentunya berkualitas dan relevan) maka semakin baik peringkat di halaman pencarian Google.

Backlink Dofollow merupakan sebuah backlink yang memberikan pengaruh ke halaman lain sehingga memiliki dampak langsung pada pemeringkatan halaman di mesin pencarian Google.

Backlink Nofollow merupakan sebuah backlink yang tidak memberikan pengaruh terhadap halaman tujuan backlink. Ini berarti bahwa mesin perayap Google tidak menghitung backlink sebagai pengaruh pemeringkatan. Meskipun ada sebagian ahli yang mengatakan bahwa sebenarnya backlink nofollow tetap dihitung, hanya saja tidak sepenting backlink dofollow.

Backlink nofollow bisa digunakan untuk memberikan link keluar kepada pengunjung sebagai link referensi, link download yang mengarah ke safelink, atau link lain yang dianggap sebagai pelengkap terhadap konten yang kita tulis, namun kita tidak ingin meningkatkan popularitas dan SEO dari situs yang kita arahkan tersebut.

Bagaimana cara mengetahui link yang mengarah ke situs kita DoFollow atau NoFollow?


Caranya cukup buka Chrome, firefox atau microsoft edget milikmu, kemudian kamu bisa ketik CTRL + U atau Klik kanan dan pilih "View Page Source" dan kamu bisa aktifkan kolom pencarian (CTRL + F) dan lihat apakah ada rel = "no follow" dalam kode backlink. Jika tidak ada, maka otomatis backlink-nya adalah backlink DoFollow.

Manfaat Backlink DoFollow dan Nofollow


backlink

Walaupun secara sekilas, kita bisa mengetahui bahwa backlink dofollow lebih bermanfaat, namun bukan berarti backlink nofollow tidak bermanfaat sama sekali. Pada intinya, backlink dofollow itu sangat menguntungkan bagi situs yang dituju oleh backlink, sementara backlink nofollow sangat bermanfaat untuk situs yang memasang backlink tersebut.

Berikut lebih jelasnya :

Manfaat backlink dofollow : Membangun Otoritas Blog


Mendapatkan backlink dofollow dari situs populer sangat baik untuk SEO. Namun hal ini juga harus diimbangi dengan kualitas konten yang ada dalam situsmu. Dengan cara yang sama blog mu akan diindeks oleh Google yang kemudian dapat memberikan informasi yang bermanfaat, pengujung melihatnya sebagai indikasi yang baik bahwa brand blog mu adalah salah satu yang perlu diperhitungkan.

Backlink dofollow yang berkualitas akan sangat menguntungkan SEO untuk blog mu. Kamu juga akan membantu menarik konsumen ke brand mu. Ini juga membantu membuat situs mu sebagai sumber informasi, dan dapat mengarah ke situs yang menautkan ke konten mu, memberi mu backlink dofollow alami, yang disukai Google.

Manfaat backlink dofollow : Sumber lalu lintas rujukan


Tidak semua lalu lintas situs web berasal dari pencarian dari Google, yahoo, Bing, atau mesin pencari lainnya. Lalu lintas rujukan juga bisa menjadi sumber lalu lintas traffic. Artinya banyak pegunjung yang mengklik backlink yang ada, dan mengarah ke blog mu.

Backlink berkualitas tinggi pada situs dengan banyak lalu lintas tidak hanya akan membantu SEO situs Kamu, tetapi kamu juga dapat menautkan lalu lintas bertarget ke situs web Kamu sepanjang waktu. Satu backlink web populer berada berada di situs kamu dapat mendongkrak kualitas dan tingkat SEO Kamu makin berkualitas.

Manfaat backlink dofollow dan nofollow : Membuat hubungan situs menjadi berkualitas


Ketika seseorang membaca konten di blog-mu, dan melihat sebuah rujukan backlink ke sumber atau pembuatnya, ada peluang yang sangat bagus bahwa mereka akan mengklik backlink tersebut untuk mempelajari lebih lanjut tentang siapa dan apa yang disajikan pada backlink tersebut. Hal ini tentunya akan meningkatkan hubungan antar situs yang lebih berkualitas

Manfaat backlink dofollow dan nofollow : Meningkatkan kekuatan brand blog mu


Ketika seseorang membaca kontenmu, kamu dapat dengan cepat mengidentifikasi backlink yang terlihat dalam konten tersebut. Ketika pengunjung melihat nama brand mu terhubung dalam konten yang ada pada salah satu situs besar, tentunya ini akan meningkatkan kekuatan brand mu.

Walaupun sebenarnya fokus utama backlink adalah untuk meningkatkan posisi organik pencarian blog, tetapi hal tersebut tidak lantas membuat hal tersebut menjadi satu-satunya faktor yang bisa kita manfaatkan. Karena backlink, juga sangat berperan untuk pengembangan brand.

Manfaat backlink dofollow : Sebagai Direktori dan Sumber Daya Backlink Jangka Panjang


Internet adalah salah satu sumber data besar yang akan terus tumbuh dan akan selalu diakses sebagai sumber informasi. Jika Kamu mendapatkan backlink berkualitas tinggi, membuat direktori dan situs sumber daya terkemuka dapat membantu mengarahkan lalu lintas ke situs web Kamu. selama bertahun-tahun yang akan datang.

Manfaat backlink nofollow : Mengurangi Spam pada Blog


Jika semua backlink dalam bentuk Dofollow, maka dipastikan setiap orang akan memburu backlink secara membabi buta. Akibatnya, internet akan semrawut karena aksi spammer yang menyebarkan backlink di berbagai tempat untuk kepentingan blog-nya

Dengan adanya backlink nofollow maka internet akan terlindungi dari banyaknya spam yang dapat mengurangi kualitas sebuah blog. Beberapa backlink nofollow yang sering kita manfaatkan untuk keperluan seperti :

  • Link komentar
  • Link menuju situs yang kurang dipercaya
  • Link review
  • Link afiliasi

Jika kamu menggunakan backlink jangan ikuti untuk tiga backlink di atas selain komentar, maka Kamu dapat dikenakan hukuman backlink keluar yang tidak wajar karena mereka sengaja memberikan suara untuk memanipulasi peringkat halaman tertentu.

Manfaat Backlink secara umum


manfaat backlink

Manfaat backlink untuk blogmu, seperti dijelaskan di atas, dalam dunia SEO, backlink sangat penting. Ini adalah tolok ukur bagi keberhasilan suatu blog untuk mendapat peringkat pertama di mesin pencari. Lalu pertanyaannya selanjutnya adalah, apakah backlink DoFollow lebih bagus dari link Nofollow? Sebenarnya jika kita berbicara tentang SEO, tentu saja backlink nofollow tidak berpengaruh.

Tetapi kita harus mempertimbangkan backlink alami yang sering diberitahu oleh Google untuk webmaster, jadi backlink nofollow sejatinya tetap berguna, untuk  beberapa penggunaan seperti link profil aktual, jangan lupakan bahwa backlink nofollow dapat membawa traffic langsung apabila diberikan pada tempat yang tepat, misalnya dalam forum populer atau blog populer. Bahkan jika backlink tersebut bersifat nofollow, setidaknya akan ada pengunjung tambahan dari mengklik backlink tersebut.

Cara Mendapatkan Backlink DoFollow dan NoFollow


Setelah mengetahui berbagai manfaat dan penjelasan mengenai kedua jenis backlink tersebut, maka pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mendapatkan backlink dofollow dan nofollow? akan mimin kosngosan uraikan dibawah ini :

Meminta secara langsung kepada pemilik blog


Tentu saja, ini adalah cara yang paling dasar, dan yang paling berkualitas, karena langsung diberikan oleh empunya. Hanya saja apakah mereka mau? Tentu saja disini kamu harus menawarkan sesuatu yang mereka mau, supaya impas, artinya sistem barter atau apa pun namanya

Apabila kamu melihat ada broken link pada blog nya, kamu bisa menawarkan untuk memberikan url post yang baru dari blog mu, ketimbang dia punya broken link? Atau kamu bisa melakukan guest post, menulis di blog orang lain dengan imbalan backlink gratis.

Melakukan content placement


Cara yang paling manjur, tentu saja membayar pemilik blog untuk menempatkan backlink menuju blog kita. Tinggal pilih, apakah kamu sudah siapkan artikelnya dan dia tinggal menambah backlink saja, atau si pemilik blog yang menulis dan menempatkan backlink-nya. Pastikan untuk memilih anchort text yang tepat, sesuai keyword yang ditargetkan.

Menempatkan backlink pada website direktori "bersih"


Artinya kamu masih bisa menerapkan untuk submit artikel mu ke beberapa website direktori yang masih terbukti bersih secara SEO, artinya masih memiliki reputasi baik bagi google. Hati hati untuk melakukan tips ini, jangan sampai berlebihan dan dikira spam oleh google.

Memanfaatkan website forum


Memiliki forum dan grup online sangat bermanfaat untuk blogger. Kamu bisa aktif di beberapa forum dan berikan post atau thread berkualitas, dan pada akhir artikel sisipkan url menuju blog mu, Ini akan menjadi salah satu sumber backlink dan traffic yang berkualitas, tentunya. Ada banyak contoh website forum seperti kaskus, kompasiana, reddit, dan sebagainya.

Manfaatkan content sharing website


Ada baiknya content yang kamu punya, kamu ubah menjadi beberapa jenis content seperti presentasi, doc, video dan animasi, sehingga kamu bisa upload ke website khusus dan berikan backlink menuju ke post awalnya. Mungkin sebagian backlink nya bersifat nofollow, namun itu tetap bisa menjadi sumber traffic yang lumayan. Piih saja seperti youtube, scribd, academia da masih banyak lagi.

Berkomentar, dengan syarat khusus...


Memberikan komentar yang berkualitas pada blog atau website masih menjadi sumber backlink yang cukup ampuh, namun dengan syarat2 yang harus kamu patuhi. Jangan spam dan jangan memberikan komentar yang tidak bermutu. Intinya berkomentar lah sesuai apa yang kamu baca di post, berkualitas dan elegan.

Mungkin itu saja dari mimin, bila kamu ada saran mengenai sumber perolehan backlink yang lain, jangan sungkan sungkan untuk memberitahu lewat komentar, mimin menambahkannya nanti.

Baca juga : Cara Menghasilkan Ratusan Artikel Unik Setiap Hari Menggunakan Cara Ini

Apakah kamu sudah bertambah pengetahuannya dalam hal backlink, setelah membaca postingan kosngosan diatas? Semoga saja ini dapat memberikan referensi bagi kalian ya. Jangan lupa tekan tombol share dibawah, dan bagikan konten ini di social media milik kalian, terimakasih.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel