Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengubah Alamat Hosting 000webhost pakai Domain Freenom

Bagaimana cara menghubungkan alamat website dari hosting gratis 000webhost dari domain gratis freenom terbaru yang work 100%? Pada kesempatan kali ini kosngosan akan membahas yang namanya bagaimana cara menghubungkan domain gratisan freenom, seperti .tk .ga .ml .cf dan .gq ke layanan hosting gratis 000webhost.

Seperti yang kita ketahui freenom adalah salah satu perusahaan yang menyediakan layanan domain gratis gTLD yang bisa dipakai untuk berbagai keperluan. Sementara itu perusahaan 000webhost, adalah salah satu layanan yang memberikan hosting gratis terbatas pada penggunaannya.

Lalu ketika kita menggunakan kedua layanan gratisan tersebut, Bagaimana cara menghubungkannya? Caranya cukup mudah, kamu tinggal mengikuti panduan di bawah ini atau langsung menonton videonya yang sudah di-embed dari channel youtube nya kosngosan. Tapi sebelumnya kita akan membahas dulu mengenai freenom dan 000webhost ini.

Freenom sudah lama menyediakan layanan gratis domain yang berasal dari berbagai negara seperti tokelau, gabon, central africa, mali dan Equatorial Guinea. Sementara itu penggunaannya bisa saja digunakan di berbagai negara. Tujuan dari pemberian hormon ini secara gratis adalah untuk memperkenalkan negara-negara tersebut ke dunia.

Lalu banyak dari kamu bertanya Bagaimana sih cara mendaftar freenom yang work saat ini? Seperti yang kita ketahui layanan freenom sudah membatasi penggunaannya dari IP Indonesia, sehingga kamu hanya bisa mendaftar dan menggunakan domain mereka menggunakan IP luar. Berikut postingan yang sudah kosngosan bahas mengenai cara pendaftaran domain freenom terbaru disini.

Baca dulu : Tips Memilih Hosting dan Domain GRATIS untuk Pemula


Menghubungkan Freenom dan 000webhost


menghubungkan freenom

Bagi sebagian web Developer, pastinya mengenal perusahaan hostinger bukan? Nah perusahaan ini adalah induk dari perusahaan 000webhost, yang sudah banyak memberikan layanan hosting gratis. Hosting merupakan tempat penyimpanan yang bisa digunakan untuk menyimpan data-data website ataupun aplikasi.

Namun disini tentunya yang namanya gratisan, memiliki batasan dan syarat yang harus dipatuhi oleh penggunanya.

Tapi jangan khawatir apabila kamu ingin belajar menggunakan website CMS seperti Wordpress, atau mengupload aplikasi bisa menggunakan layanan hosting gratis dari 000webhost ini. Kamu bisa membaca bagaimana cara membuat akun hingga mengupload CMS WordPress di 000webhost disini.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghubungkan domain dan hosting gratisan tersebut

Langkah 1


Buka dashboard 000webhost dan freenom pada browser milikmu. Dalam tahapan ini, mimin kosngosan sudah menganggap kalian sudah membuat website nya terlebih dahulu dan mendaftarkan domainnya. Bila tidak, silahkan ikuti pembahasan kosngosan mengenai cara membuat website dari 000webhost disini dan cara mendaftarkan domain gratis freenom terbaru disini.

Langkah 2


Setelah itu, pilih domain di freenom, pilih Management Tools, pilih Name Servers, dan pilihlah opsi kedua yaitu "Use Custom Name Servers (Enter Below)" masukkan nameserver milik 000webhost, yaitu "ns01.000webhost.com" dan "ns02.000webhost.com" dan klik change nameserver

Langkah 3 


Setelah tersimpan, pergi kembali ke dashboard 000webhost, masuk ke tab "Set web address" kemudian scrool kebawah, pilih Add domain, dan pilih park domain. Pada domain name, masukkan domain freenom yang sudah ditambahkan nameserver tadi, tanpa embel embel www dan http, kemudian pilih park domain.

Langkah 4


Nah pada tahap ini, domain akan berstatus "waiting for nameservers". dan yang perlu sobat kosngosan lakukan adalah menunggu hingga beberapa menit, sambil melakukan refresh pada browser. Setelah terhubung, maka sobat kosngosan bisa segera menginstall website cms seperti wordpress atau aplikasi ke hosting tersebut.


Tonton lewat video, panduannya


Untuk lebih singkatnya kamu bisa menonton video yang sudah mimin upload di YouTube channel milik kosngosan dibawah ini. Jangan lupa subscribe dan like juga ya videonya.



Baca juga : Langkah Wajib Blogger Setelah HIJRAH Domain TLD


Kata Penutup


Freenom merupakan salah satu layanan domain gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk mengubah domain default yang diberikan oleh layanan hosting gratis seperti 000webhost (biasanya berarkhiran webhost) atau blogspot. Selain itu hosting gratis dari 000webhost juga menjadi layanan yang bisa kamu manfaatkan untuk tempat penyimpanan website secara gratis, walaupunt terbatas.

Baiklah, terima kasih sudah berkunjung di blog kosngosan, membaca uraian mengenai cara menghubungkan domain freenom dengan hosting 000webhost. pesan mimin, gunakanlah lain yang gratisan tersebut secara bijak, dan jangan menggunakannya dengan tujuan spam atau hal negatif lainnya. Jangan lupa untuk membagikan tulisan ini di media sosial kalian ya
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya