12 Langkah Wajib Blog Setelah Ganti Domain TLD Custom

Salah satu cara untuk meningkatkan traffic dan menerapkan optimasi SEO secara maksimal adalah dengan mengganti domain bawaan blogspot dengan domain TLD seperti .com .net .id .me dan sebagainya. Kali ini kosngosan akan membahas Bagaimana cara mengoptimasi kembali blog yang sudah diganti domainnya agar tidak jatuh trafik dan pagerank-nya di pencarian Google.

tips custom domain blogspot

Seperti yang kita ketahui banyak sekali blogger yang masih menggunakan platform blogspot sebagai salah satu platform blog yang menyediakan hostingan gratis. Pada awalnya ketika kita membuat blog dengan platform blogspot atau blogger, kita akan memiliki alamat default yang beratnya adalah blogspot.com.

Tentunya dalam teknik SEO hal ini cukup mempengaruhi pagerank, DA dan PA dari sebuah blog dimata mesin pencari. Oleh karena itu ada Banyak vlogger profesional yang membeli domain TLD dan meng-Custom domain tersebut kedalam blog milik mereka.

Apabila kita melakukan custom domain TLD ke blog yang sudah kita kelola, itu artinya kita sama saja membangun blog baru dari awal kembali dengan konten yang sudah ada. Artinya nama blog yang kita punya benar-benar baru di mata mesin pencari seperti Google. Ada banyak pemula yang merasakan trafik turun setelah menggunakan domain TLD

Baca juga : 8 Kesalahan Menulis Artikel Blog yang Dibenci Pengunjung

Hal ini sangat wajar karena domain yang kita beli benar-benar baru dan tidak bisa langsung dikenali oleh Google. Oleh karena itu diperlukan beberapa optimasi dan teknik yang bisa diterapkan untuk mempercepat mesin pencari seperti Google dalam mengembangkan alamat blog baru kita. Oleh karena itu kamu bisa membaca pembahasan kosngosan kali ini.

Langkah Wajib Penerapan Blog Setelah Custom Domain TLD


Tidak mengherankan memang, ketika kita sudah punya traffic pada blog dengan alamat blogspot.com dan ketika kita menggunakan custom domain TLD, tiba tiba saja traffic terjun bebas. Supaya meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan itu, kamu perlu menerapkan beberapa langkah dibawah ini :

1. Daftar ulang blog di mesin pencari


Hal ini adalah langkah yang paling wajib kamu lakukan, yaitu mendaftarkan blog mu ke mesin pencari google, bing, yandex pada setiap mesin pencari daftar blog masing-masing dengan http:, https:, tanpa meski sudah setting direct dari http ke https di blog tetap harus dibuat seperti ini agar lebih memudahkan robot mesin pencari melakukan crawling

2. Melakukan verifiaksi blog ulang


Sebenarnya dengan kamu mendaftar ulang blog mu, maka kamu juga wajib melakukan verifikasi ulang pada blog dengan tag html, analytic. Jika menggunakan google domain akan otomatis di verifikasi tapi sebaiknya verifikasi juga menggunakan tag html dan analytic

3. Submit peta situs sitemap.xml


Kamu harus melakukan submit sitemap dengan sitemap milikmu dengan ekstensi XML, apabila muncul pesan error seperti sitemap adalah html, dan https error maka sebaiknya check dns terlebih dahulu dengan dns checker. Apabila masih error update robot txt default di blog, buat juga page khusus sitemap untuk blog  dan submit kembali sitemap tersebut

4. Berikan backlink yang sehat


Backlink sehat mimin dapatkan dari hasil interaksi sesama blogger dari luar negeri dan dalam negeri yang mempunyai DA dan PA bagus, bisa cari blog untuk interaksi kebanyakan mimin melakukan blog walking ke blog mereka yang menggunakan commentluv dan memberikan komentar bermutu. untuk sosial media mimin menggunakan twitter dan pinterest.

Kedua media sosial ini terbukti memberikan trafik yang baik dan massif ke blog untuk twitter, biasanya dihubungkan dengan para blogger, entrepreneur, influencer, dan digital marketer. cara yang masih bagus yaitu membuka timeline mereka kemudian RT minimal 10 tweet mereka.

Cara ini juga akan mendatangkan followers baru yang pensaran dengan akun twitter kalian, dan melakukan pencarian ke blog dengan hal terkait apa yang sedang di-tweet. Untuk pinterest tidak usah mimin jelaskan. kunjungi blog neil patel. Check kompetitor dengan tools gratis di blognya. hal ini akan memberika backlink yang bagus.

5. Membuat content bermutu yang berdampak viral


Apa gunanya blog custom TLD tanpa content bermutu? tak ada gunanya. pelajari cara membuat content yang baik dari klikmania, panduanim, juragancipir, kompi ajaib, dan berbagai blog tersebut yang mimin rekomendasikan. Atau kamu bisa membaca postingan kosngosan disini mengenai cara membuat artikel yang berpotensi viral

6. Hapus broken link dan check kesehatan blog


Blog bagi mimin adalah investasi masa depan, merawat dia dengan baik akan memberikan hal yang baik bagi kita pula. untuk itu lakukan cek secara berkala blog di webmaster kalian. Kalian juga bisa mengecek apakah terdapat broken link atau link mati dengan memasukkan url homepage blog kalian ke situs broken link checker.

7. Jangan terlalu banyak iklan, apalagi popup


Penggunaan iklan sah sah saja, asal memenuhi syarat dan tidak menggangu pengalaman pengunjung. Blog mimin ada juga yag dipasang popup dan popunder tapi mimin hapus karena kuranngnya pengunjung. karena terganggu. Jadi penting untuk mengutamakan kenyamanan pengujung ketika hendak meningkatkan traffic. Baca disini alternatif iklan selain google adsense yang legit.

8. Menghapus script yang tidak dibutuhkan


Kebanyakan blogger pemula ingin membuat tampilan yang berbeda di blognya sehingga memasang banyak script keren. Kendati demikian hal tersebut sungguh menganggu dan memperlambat loading blog. Cukup menggunakan script dan widget seperlunya saja, jangan sampai membuat pengunjung tidak betah berlama lama di blog mu.

9. Mengetahui etika promosi (menghindari spam)


Mimin punya jam promosi. sudah pernah mimin jelaskan sebelumny, jaga etika juga dalam berpromosi sehingga tidak merusak kepercayaan dari banyak orang. Hindarilah melakuan share atau membagi artikel secara serampangan, artinya kamu akan dicap sebagai spammer dan resiko terburuknya kamu bisa terkena banned oleh facebook, misalnya.

10. Bangun trust dan branding yang kuat


Jangan terlalu memikirkan soal gajian dari blog terlebih dahulu. Kamu harus membangun kepercayaan dan branding, supaya banyak orang tahu. makin banyak pembaca dan trafik makin baik blog kita di mata pembaca. Semakin bagus brand, semakin banyak yang cari di google, semakin besar potensi traffic yang mengarah ke blog kita.

11. Menulis artikel di banyak forum seperti kaskus dan kompasiana


Hal ini sangat penting untuk meningkatkan brand dan awareness yang mengarah ke blog mu. Kamu bisa menambahkan credit link atau backlink dengan berbagai kata kunci yang mengarah ke salah satu postingan di blog mau ketika Kami selesai Menulis artikel di salah satu forum online seperti Kaskus atau Kompasiana

12. Konsisten dan bangun blog sekunder


Langkah terakhir adalah kamu harus konsiten dalam menghasilkan tulisan minimal 1 artikel setiap harinya, atau bisa juga 3 artikel setiap minggunya. Setelah itu tunggulah hingga beberapa bulan, maka insya allah kamu akan mendapatkan hasil yang tidak akan mengkhianati usahamu selama ini.

Selain itu, sembari kamu build blog utama, ada baiknya kamu buat blog baru lagi dengan niche berbeda yang bsia dibilang sebagai blog sekunder mu. Nantinya ini akan menambah penghasilanmu, dan bisa menjadi sumber backlink yang bagus untuk mengembangkan blog utama.

Baca juga : 12 Teknik SEO Baru untuk Meningkatkan Traffic Blog

Demikian pembahasan kosngosan kali ini mengenai beberapa langkah wajib yang harus blogger ambil untuk mempertahankan traffic ketika sudah mengganti atau custom domain TLD. Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat bagi kalian dan jangan lupa untuk membagikan nya dengan menekan tombol share di bawah, terima kasih
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel