Contoh Kata Pengantar Makalah, Skripsi, Laporan dan Proposal Lengkap

Sedang mencari contoh kata pengantar untuk karya tulis yang baik dan benar? Baik skripsi, makalah, laporan dan proposal membutuhkan kata pengantar sebagai salah satu bagian pembukaan dari karya tulis tersebut. Lantas bagaimana cara membuatnya? kali ini kosngosan akan memberikan panduannya kepada kalian

Kata pengantar dalam karya tulis ilmiah adalah salah satu bagian pembuka dari karya tulis ilmiah yang berisi ungkapan sepatah dua kata dari penulis mengenai karya tulisnya, kemudian disertai dengan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang berperan dalam proses pengerjaan karya tulis tersebut.



Membuat kata pengantar pastinya juga cukup sering kamu lakukan ketika membuat makalah atau laporan praktikum. Tentu saja kata pengantar yang dibuat dalam skripsi disertasi atau tesis sedikit berbeda dengan kata pengantar yang yang biasa kamu tulis di tugas makalah.

Untuk pertama ucapan terima kasih tentu saja diberikan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan nikmat kesempatan yang diberikan kepada penulis untuk dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah nya. Barulah kemudian sobat kósngosan bisa menyertakan nama seperti orang tua dosen atau guru Ru teman-teman seperjuangan serta keluarga lainnya.

Baca juga : 20 Contoh Pertanyaan Sidang Skripsi untuk Mahasiswa dan Jawabannya

Pada umumnya, kata pengantar dibagi menjadi beberapa tingkatan ucapan terimakasih, yaitu :


  • Ucapan Syukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Penjelasan adanya tugas penulisan karya ilmiah
  • Penjelasan pelaksanaan penulisan karya ilmiah
  • Penjelasan adanya bantuan bimbingan dan arahan dari seorang, sekelompok orang, atau organisasi lembaga
  • Ucapan terimakasih kepada orang-orang yang telah membantu
  • Penyebutan nama kota, tanggal, bulan, tahun dan nama lengkap penulis, tanpa tanda tangan
  • Harapan penulis atas karangan tersebut
  • Manfaat bagi pembaca serta ketersediaan menerima kritik dan saran


Nah biasanya lagi kata pengantar dibagi menjadi 3 bagian yaitu sebagai berikut :

1. Bagian pembuka

Bagian ini merupakan paragraf pertama hingga kedua dari kata pengantar. Sebagai Penganut Agama tentunya kita harus memberikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terselesaikannya karya tulis ilmiah yang sudah sobat kosngosan buat

Setelah itu diikuti dengan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang berkontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung dalam penyelesaian karya tulis ilmiah tersebut, terutama kepada dosen atau guru bidang pengampu mata kuliah atau mata pelajaran yang bersangkutan

2. Bagian isi

Berbicara mengenai bagian isi maka penulis bisa memberikan gambaran atau deskripsi mengenai isi dari karya tulis ilmiah tersebut secara ringkas dengan menyebutkan judulnya, lalu bagaimana sobat kosngósan menyusun karya tulis ilmiah tersebut. Ingat untuk tidak menulis seluruh hasil penelitian disini namun hanya sekedar menggambarkan saja

3. Bagian penutup

Pada bagian penutup tentu saja kamu bisa memberikan permohonan maaf karena masih belum bisa membuat karya tulis ilmiah yang sempurna dan memberikan kalimat pengharapan, supaya proses pengembangan penelitian yang sobat kosngosan lakukan bisa dilakukan lagi oleh Junior dan untuk menyempurnakan karya tulis ilmiah mu yang sudah ada


Kata Pengantar


Contoh Kata Pengantar Skripsi / Proposal


Nah tiba kita pada pembahasan utama yaitu contoh atau sampel dari kata pengantar yang biasa dibuat untuk karya tulis ilmiah yang bernama skripsi atau proposal. sebenarnya keduanya hampir sama karena proposal juga merupakan bagian dari skripsi keseluruhan. Mari melihat beberapa contohnya di bawah ini :

Contoh 1

Kata Pengantar

Penulis memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, taufik dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “Kekuatan Impak Tulang Mandibula Tikus Wistar Jantan yang Diberi Diet Tambahan Ikan Teri (Stolephorus sp.)”.

Skripsi ini disusun guna memenuhi salah satu syarat menyelesaikan pendidikan strata satu (S1) pada Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember. Penyusunan skripsi ini tidak terlepas dari bantuan, bimbingan dan dorongan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis kosngòsan menyampaikan terima kasih kepada:

1. drg. Hj. Herniyati, M. Kes, selaku Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember yang telah memberikan kesempatan penulis untuk melakukan penelitian hingga selesainya penulisan skripsi ini

2. Dr. drg. IDA Susilawati, M. Kes, selaku Dosen Pembimbing Utama dan drg. Tecky Indriana, M. Kes., selaku Dosen Pembimbing Anggota yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan pengarahan dan bimbingan sejak awal hingga selesainya penulisan skripsi ini, drg. Suhartini, M. Biotech selaku Sekretaris Penguji yang telah memberikan saran demi kesempurnaan skripsi ini

3. drg. Amandia Dewi Permana Shita dan drg. Suhartini, M. Biotech, selaku Dosen Pembimbing Akademik yang telah memberikan motivasi dan nasehat selama ini

4. Kedua orang tuaku, Ayahanda Irpan, S.Pd. dan Ibunda Asmaul Husnah atas limpahan cinta dan kasih sayang, serta doa restu, nasehat dan dorongan semangat yang tidak pernah terhenti tercurah untukkux

5. Adikku Rizki Dwi Cahyani Wulandari yang menjadi pelita hatiku dan penyemangatku selama ini

6. Muhammad Iqbal terima kasih atas perhatian, dukungan, bantuan, semangat dan motivasinya selama ini

7. Sahabat-sahabatku Ayung, Megen, Fani, Nana terima kasih kalian selalu ada untuk membantuku, membuatku tersenyum; dan partner penelitianku Rizal ”papi”, Sinta dan Taufiq terima kasih bantuannya selama penelitian

8. Shinta T.D, Ari Agustinawati dan seluruh teman-teman angkatan 2008 yang tidak dapat disebutkan satu persatu terima kasih atas semangat yang diberikan

9. Warga kost “AMARIN” terima kasih atas semangat yang diberikan

10. Mas Agus, terima kasih atas segala bantuan yang diberikan selama pelaksanaan penelitian

11. Semua pihak yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung yang telah membantu dalam penyelesaian skripsi ini.

Penulis menyadari akan keterbatasan dan kekurangan dalam penulisan skripsi ini, oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan penulisan selanjutnya. Penulis berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amiin.

Jember, 10 Februari 2020

Penulis


Contoh 2

Kata Pengantar

Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT atas rahmat dan pertolongan-Nya, dalam menyelesaikan Skripsi dengan judul “Potensi Isolat Bakteri Selulolitik Untuk Produksi Dekomposer Kòsngosan”. Skripsi ini disusun berdasarkan penelitian yang dilakukan di Laboratorium Mikroba dan Bioproses Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan Indonesia di Jalan Taman Kencana No.1 Bogor Jawa Barat.

Skripsi ini disusun sebagai kelengkapan salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana sains, Progam Studi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pakuan Bogor.

Penulis menyadari bahwa Skripsi ini jauh dari sempurna, oleh karena itu penulis mengharapkan saran dan masukan untuk penyempurnaan Skripsi ini. Akhirnya penulis berharap agar Skripsi ini bermanfaat bagi semua pihak.

Pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada :

1. Bapak Dr. Darmono Taniwiryono, M.Sc. selaku Kepala Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan Indonesia.

2. Ibu Dr. Prasetyorini, MS selaku Dekan Fakultas MIPA Universitas Pakuan Bogor.

3. Bapak Drs. Husain Nashrianto, M.Si selaku Ketua Jurusan Progam Studi Kimia FMIPA Universitas Pakuan Bogor.

4. Ibu Ade Heri Mulyati, M.Si selaku Sekretaris Jurusan Progam Studi Kimia FMIPA Universitas Pakuan Bogor.

5. Bapak Dr. Tri Panji, MS selaku Pembimbing I yang telah memberikan saran dalam pembuatan makalah rencana tugas akhir ini.

6. Bapak Ir. Suharyanto, M.Si selaku Pembimbing II yang telah berkenan membimbing dan memberikan saran dalam proses penelitian dan pembuatan makalah rencana tugas akhir ini.

7. Kak Haryo, kak Deden, Bu Ida, Mbak Ning, Mbak Uchi, Mbak Wulan, Mbak devi, Pak Ari, Pak Mustari, Pak Jumino, dan Pak Latief yang telah membimbing saat berjalannya penelitian ini.

8. Orang tua tercinta yang selalu memberikan dukungan moril dan materiil.

9. Kakak-kakak dan adik tercinta yang telah memberikan dukungan.ii

10. Teman-teman kimia 2008 yang telah berjuang bersama-sama (Novi, Agung, Oskar, Zaenal, Amen, Deo, Shelvi, Dea, Tiar, Siska, Retno, Anggun, Kania, Desi, Giya, dan Icha).

Bogor , November 2020

Penulis

Baca juga : Contoh Surat Permohonan Penelitian Skripsi yang Baik dan Benar


Contoh Kata Pengantar Makalah


Contoh 1

Kata Pengantar

Syukur alhamdulillah kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul “REALISASI PENGANGGARAN PUBLIK KOSNGOSAN”

Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah “AKUNTANSI PUBLIK”di Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)

Penulis manyadari bahwa Makalah ini jauh dari sempurna. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun dari pembaca, sehingga Makalah ini dapat digunakan dengan baik. Harapan penyusun semoga makalah ini dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan terutama bagi penyusun serta bermanfaat bagi dunia perusahaan.

Banda Aceh, 29 NOVEMBER 2020


Contoh 2

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kepada Yesus Kristus berkat campur tangan-Nya makalah yang berjudul “Manusia Beriman, Bermoral, dan Berbudaya dan Kaitannya dengan Kekerasan dalam Rumah Tangga” ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya.

Penulisan makalah ini bertujuan untuk menyempurnakan tugas mata kuliah MPK Agama Kristen semester genap. Selain itu, tujuan penulis dalam penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui pandangan Alkitabiah mengenai permasalahan kekerasan dalam rumah tangga Kristen.

Kami menyadari bahwa makalah ini masih banyak terdapat kekurangan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran yang membangun agar makalah ini dapat menjadi lebih baik dan berdaya guna di masa yang akan datang.

Akhir kata, kami berharap makalah yang sederhana ini dapat menambah pengetahuan pembaca mengenai pandangan Alkitab dalam hal kekerasan dalam rumah tangga serta bermanfaat bagi rekan mahasiswa dan semua kalangan masyarakat.

Depok, 18 Maret 2020

Tim Penulis


Contoh Kata Pengantar Laporan


Contoh 1

Kata Pengantar

Segala puji bagi Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat dan karunia serta nikmatnya berupa kesehatan, kekuatan, keinginan dan kesabaran, sehingga penulis dapat menyelesaikan kegiatan praktek kerja lapangan dan penyusunan laporan ini dengan baik.

Laporan praktek kerja lapangan ini bersumber dari semua data yang penulis peroleh dalam melaksanakan kegiatan PKL, yang dilaksanakan pada tanggal 16 Oktober 2020 – 5 Januari 2021, di RSUD Kabupaten Karanganyar, Kosngosan.

Penulis menyadari bahwa di dalam penulisan laporan ini masih jauh dari kata sempurna dan masih mempunyai banyak kesalahan dan kekurangan. Untuk itulah dalam hal ini penulis menerima kritik dan saran yang bersifat membangun dan edukatif dalam menyusun laporan ini sehingga dapat menjadi laporan yang baik,mudah di pahami, dan dapat digunakan pada masa yang akan datang.

Selanjutnya penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada:

1. Direktur ATEM Semarang, Bapak Patrisius Kusi Olla,ST.MT.
2. Pembimbing praktek kerja lapangan, Bapak Martinus Setya,A.Md.TEM.
3. Pembimbing akademik, Bapak Patrisius Kusi Olla,ST.MT.
4. LPFK
5. Orang Tua yang selalu memberi semangat.
6. Teman praktek kerja lapangan ATEM Semarang.
7. Karyawan RSUD Kab Karanganyar di dalam mensukseskan program

Praktek Kerja Lapangan

Karanganyar, Januari 2021

Penulis


Contoh 2

Kata Pengantar

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. Bahwa penulis telah menyelesaikan laporan praktikum mata kuliah Sistem Informasi Geographi.

Dalam menyusun laporan ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi tidak lainberkat bantuan, dorongan dan bimbingan orangtua, sehingga kendala-kendalayang penulis hadapi dapat tertasi. Oleh Karena itu penulis mengucapakan terimakasih kepada :

1. Orang tua yang telah turut membantu, membimbing dan mengatasikesulitan sehingga tugas ini terselesaikan.

2. Teman- teman yang memberikan petunjuk kepada penulis sehinggapenulis termotivasi dalam menyelesaikan tugas ini.

Semoga laporan ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak yang membutuhkan, khususnya bagi penulis sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai.

Penyusun

Suci Bella Lestari
151105150979


Baca juga : Contoh Kata Halaman Persembahan Skripsi yang Menyentuh Hati


Kata Penutup


Membuat kata pengantar tidaklah sulit namun juga membutuhkan struktur penulisan yang baik untuk membuat kata pengantar terlihat komprehensif dan terstruktur.

Oleh karena itu sobat kosngosan harus memperhatikan tingkatan ucapan terima kasih mulai dari Tuhan Yang Maha Esa sampai kepada pihak yang berperan dalam pembuatan karya tulis ilmiah tersebut

Semoga dengan membaca pembahasan kosngosan kali ini dapat menambah wawasan dan referensi mengenai pembuatan kata pengantar yang baik dan benar. mimin memohon supaya kalian bisa membagikan artikel ini ke media sosial dan membantu teman teman yang lain juga membuat kata pengantar yang berkualitas.
By

0 Response to "Contoh Kata Pengantar Makalah, Skripsi, Laporan dan Proposal Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel