Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia untuk Lamaran Kerja

Apa itu cover letter? Cover letter adalah suatu bagian pembuka dari Curiculum Vitae yang mendeskripsikan mengenai profil singkat calon pelamar. Bagian ini amat krusial perannya dalam menarik perhatian rekrutmen perusahaan. dari sini para HRD perusahaan akan melihat seberapa bagus Daftar riwayat hidup yang kamu miliki

Buat kamu para fresh graduate atau yang baru lulus pastinya sering bingung membedakan antara cover letter, Curiculum vitae dan juga resume. Ketiga persyaratan dokumen ini sering sekali diminta oleh pihak perusahaan.

Secara singkat kita bisa membedakan curiculum vitae yang menyajikan beberapa lembar informasi mengenai Latar belakang pendidikan, pengalaman dan skillmu. Sementara resume adalah berkas satu lembar yang berisi apa yang ada di CV secara singkat dan jelas.

Sehingga biasanya perusahaan akan langsung mengetahui apakah sobat kosngosan telah masuk kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan dari melihat resume milikmu. Sementara untuk cover letter seperti yang telah dijelaskan sebelumnya ini merupakan bagian pembuka dari daftar riwayat hidup itu sendiri


Contoh Cover Letter


contoh cover letter lamaran kerja

Baiklah langsung saja kita akan bahas beberapa contoh cover letter yang bisa kamu jadikan sebagai referensi dalam menulis bagian ini nantinya. Mimin harap kamu juga bisa menyesuaikan beberapa bagian dibawah dengan pengalaman, kemampuan dan skill mu masing masing ya.

Baca juga : Contoh Resume Lamaran Kerja Umum


COVER LETTER

Muhammad Reza Harahap
Jl. Garuda Sakti, No. E34, Panam, Pekanbaru
0823902570900
kosngosan@gmail.com

APLIKASI UNTUK HRD
PT KOSNGOSAN

Dengan hormat, Bersama ini saya menyampaikan kepada Bapak/Ibu pimpinan, mengenai minat saya untuk posisi yang saya sebut diatas. Saya melihat iklan lowongan pekerjaan terpasang di website JobId tertanggal 14 Februari 2021.

Saya menyelesaikan studi S2 di Fakultas Pertanian Universitas Riau, Pekanbaru, tahun 2020.

Pekerjaan terakhir saya adalah sebagai Staff HRD pada sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Pupuk Perkebunan. Sebelum itu, saya bekerja di PT. UKMSUMUT, sebagai asisten kebun selama kurang lebih 1 tahun dan di PT. SIBAKUA sebagai ketua asisten kebun selama 2 tahun.

Saya sangat tertarik dengan manajemen perekrutan karyawan, sehingga dalam setiap kesempatan saya selalu ingin belajar lebih untuk meningkatkan kemampuan saya tersebut. Saya sudah memperkenalkan diri dengan berbagai keterampilan pendukung seperti pengetahuan komputer saya yang cukup baik dibidang hardware dan software.

Selain standart kemampuan perkantoran, saya cukup banyak mengenal beberapa aplikasi design dan pengolahan data. Saya sangat mudah beradaptasi dengan budaya organisasi, dan senang bekerjasama secara tim maupun individu untuk mencapai tujuan yang lebih maju.

Pada masa kuliah, saya aktif terlibat dalam kegiatan kemahasiswaan. 0rganisasi kampus yang pernah saya ikuti diantaranya BEM Fakultas Pertanian sebagai Wakil Ketua periode 2018-2019, serta HMI sebagai ketua Divisi Perekrutan. Saya yakin kombinasi pengalaman dan pendidikan yang saya dapatkan akan menguntungkan organisasi perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Saya memiliki antusiasme yang tinggi dalam berbagai kegiatan baik didalam dan diluar akademik. Saya telah mendapatkan pelajaran baik dalam meningkatkan kepemimpinan dan keterampilan komunikasi, dan yang terpenting saya selalu berusaha menjadi selalu lebih baik.

Saya melampirkan resume saya bersama dengan sertifikat lainnya untuk referensi. Saya berharap berkesempatan untuk berbicara secara langsung dengan Bapak/Ibu pimpinan dalam waktu dekat dan menjelaskan mengapa saya adalah calon yang kompatibel untuk posisi tersebut

Hormat saya,

Muhammad Reza SP, MP


Contoh Cover Letter Bahasa Inggris

Dear Sir/Ms/Mrs,I am a 21 year old student of University of Riau, majoring in Accounting. I am writing to inquire about possible internship opportunities which will be started on September 2014.As a final year student, I am very passionate to experience the real working environment and implement the lessons

I’ve learned during my study at the university. My area of interest is Corporate Finance. I believe that HSBC is a perfect place to accommodate my desire.

I’m a fast learner and hard worker. I am also enthusiastic and willing to learn new things to enhance my knowledge.I have always enjoyed and been strong in areas that require problem solving.I participate in many activities.

I am very comfortable working as a team. Experience has taught me how to buildstrong relationships with all departments at an organization . I am able to work within a team as well as well ascross-team.For more details about my background and my experience I had attached my CV with recent photograph.

Really look forward to hearing news from you. I can be reached anytime via email kosngósan@yahoo.co.id or my cell phone, 0852627295xx.

Thank you for your consideration.


Download Cover Letter Fresh Graduate Format DOCX


Jangan khawatir, bila kamu seorang fresh graduate, masih bisa kok membuat cover letter yang keren dan menarik, bisa kamu lihat pada contoh file yang sudah mimin kosngosan sematkan dibawah ini. Kamu bisa download filenya dibawah ya secara gratis!



Kamu bisa (Download contoh file cover letter disini) Untuk diketahui, setelah kamu klik link tersebut, maka kamu akan diarahkan pada tab baru safelink, tunggu beberapa detik hingga muncul tombol download, klik tombol downloadnya dan kamu akan diarahkan ke Google Drive, sekarang kamu sudah bisa mendapatkan file nya dalam format Word yang bisa diedit sesuai kebutuhan sobat kosngosan.


Contoh cover letter lainnya

contoh cover letter

September 10, 2021
Mr. Ira Silva
Kósngosan Companies
4897 Red Hawk Road Willmar,
MN 56201

Kepada Mr Silva, saya menulis surat lamaran ini untuk mengajukan permohonan untuk posisi insinyur perminyakan. Saya yakin bahwa Anda akan menemukan kualifikasi saya yang paling cocok untuk posisi yang diiklankan ini.

Untuk memulai, izinkan saya memperkenalkan diri. Saya memiliki gelar Master di bidang Engineering, dengan lebih dari sembilan tahun sebagai insinyur perminyakan. Dalam waktu ini, aya telah bekerja keras pada dua produsen paling terkenal di daerah ini: BP America Inc dan Collarini Energy Staffing Inc

Saya telah membawa pengalaman kerja, pengetahuan, dan keterampilan untuk perusahaan Anda. Sebagai insinyur perminyakan, saya telah belajar bahwa tidak hanya banyak pengetahuan tentang bagaimana untuk bekerja yang sukses, tetapi juga kreativitas untuk merancang tentang bagaimana untuk melakukan pekerjaan seefisien dan dengan biaya minimum.

Saya memiliki latar belakang pendidikan, dan keterampilan komunikasi yang besar, posisi terbuka. Saya dengan senang hati ingin bertemu dengan Anda secara pribadi untuk membahas lebih lanjut tentang posisi ini, dan bagaimana saya sangat cocok untuk itu. Bisa tolong hubungi saya di nomor (123)-686-579

Terima kasih banyak untuk waktu dan pertimbangan Anda.

Dengan Hormat

Reza Harahap

Baca juga : Contoh Penulisan Surat Lamaran Kerja


Cara Membuat Cover Letter


Paragraf pertama dengan merkenalkan dirimu secara jelas

Bagian ini merupakan kesempatan kamu untuk menciptakan kesan yang kuat bagi calon atasan Kamu. Bagian ini harus menjelaskan siapa kamu, posisi yang Kamu minati, dan dari mana Kamu menemukan peluang itu.

Perkenalan juga kesempatan yang bagus untuk menyebutkan hubungan yang mungkin kamu miliki dengan organisasi yang bersangkutan. Misalnya, kamu mengenal orang yang pernah magang di situ atau orang yang pernah bekerja di organisasi tersebut, pastikan untuk menyebutkan namanya dalam perkenalan Kamu.

Contoh isi paragraf pertama:

Nama saya Reza Harahap dan saya baru lulus dari Universitas Riau. Saya lulus pada bulan Februari dengan gelar Sarjana Pertanian (SP) di bidang Perkebunan. Salah satu alumni meneruskan kepada saya tentang informasi posisi yang tersedia di PT. Kosngosan. Saya sangat tertarik dengan peluang ini dan saya akan sangat cocok untuk perusahaan Kamu."


Paragraf kedua dengan menyebutkan keterampilan dan pencapani yang relevan

Bagian ini adalah tantangan terbesar bagi pencari kerja dengan sedikit pengalaman atau bahkan tanpa pengalaman sama sekali. Ini juga bagian di mana banyak pencari kerja melakukan kesalahan karena mereka tidak tahu cara menonjolkan skill yang relevan dan pengalaman di kelas.

Ketika Kamu menjelaskan mengapa Kamu memenuhi syarat untuk posisi itu, maka penting untuk menghubungkan titik-titik dengan calon atas Kamu. Misalnya, jika Kamu tidak memiliki pengalaman magang di marketing tetapi Kamu telah memiliki banyak pengalaman marketing melalui pekerjaan paruh waktu saat Kamu masih mahasiswa, Kamu dapat menonjolkan skill komunikasi dan pengalaman yang Kamu peroleh pada posisi itu.

Contoh paragraf kedua:

"Saya mengerti bahwa perusahaan ]mencari kandidat yang memiliki keterampilan komunikasi tertulis dan lisan yang kuat juga pengalaman dengan perencanaan acara dan pengembangan strategi. Sebagai asisten kantor di Universitas Riau, saya bertangung jawab untuk merencanakan dan mempromosikan dan mempromosikan malam film kampus kepada para mahasiswa. Proyek ini mengharuskan saya mempromosikan acara di media sosial, mengirimkan banyak email kepada para mahasiswa, dan mendesain flyer untuk dipasang di sekitaran kampus."


Paragraf ketiga dengan menonjolkan kualitas terbaik dan menjelaskan mengapa kamu cocok untuk posisi tersebut

Sebagian besar perusahaan ingin mempekerjakan kandidat yang merupakan pemain tim yang kreatif dengan skill manajemen waktu yang kuat. Meskipun Kamu menganggap diri Kamu sangat sesuai dengan posisi itu, Kamu perlu menggunakan contoh-contoh yang mengilustarasikan bahwa memang cocok untuk pekerjaan itu. Misalnya dengan menyatakan bahwa sobat kosngosán memiliki kemampuan manajemen waktu yang luar biasa.

Contoh isi paragraf 3:

"Di semester akhir saat saya di UNRI, saya memimpin sebuah kelompok yang terdiri dari lima mahasiswa untuk membuat kampanye pemasaran untuk event kampus. Saya bertanggung jawab untuk memimpin sesi brainstorming, mengomunikasikan dengan klien kami, dan mengedit versi akhir dari kampanye. Selama proyek ini, saya belajar cara bekerja sama dengan orang lain dan bekerja secara efektif dalam tim untuk mencapai tujuan bersama.


Paragraf terakhir menyimpulkan dengan ajakan untuk memilih mu dan melakukan proses interview selanjutnya

Paragraf terakhir adalah bagian yang akan mengunci persetujuan untuk wawanacara kerja. Kamu perlu meninggalkan kesan terakhir bagi pembaca surat lamaran Kamu, sehingga memastikan kesimpulan Kamu meyakinkan, mengena, dan mendorong manajer SDM untuk menghubungi Kamu.

Contoh isi paragraf terakhir:

"Dengan kombinasi pengalaman marketing saya dan skill kepemimpinan yang saya miliki, saya yakin saya cocok untuk pekerjaan yang bapak/ibu tawarkan. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca lamaran saya dan mempertimbangkan saya sebagai kandidat. Saya akan menindaklanjuti Rabu mendatang untuk menjadwalkan waktu berbicara dengan Kamu lebih lengkap tentang posisi ini. Saya menunggu jawaban bapak/ibu secepatnya"


Cek kembali cover lettermu

Jangan lupa pastikan bahwa surat lamaran atau cover letter mu benar dan bebas kesalahan, sebelum kamu siap mengirimkan ke manajer HRD. Pastikan Kamu telah melengkapi dokumen mu  dengan informasi kontak dan akun LinkedIn mu. Jika sudah siap, sobat kosngosan sudah bisa menyimpanya di PDF dan melampirkannya ke email manajer HRD tujuan.

Baca juga : Contoh Surat Pengalaman Kerja Umum


Kata Penutup


Cover letter adalah salah satu dokumen untuk melamar kerja yang banyak disyaratkan oleh perusahaan. Pada bagian ini kamu harus membuatnya sekreatif mungkin sehingga bisa menarik perhatian pihak rekrutmen

Semoga dengan membaca beberapa panduan pembuatan cover letter di atas serta contohnya bisa menjadikan referensi buat teman-teman yang ingin membuat cover letter berkualitas. sebagai bentuk partisipasi sobat kosngosan, mohon untuk membagikan artikel ini ke sosial media masing-masing. Terimakasih sudah berkunjung!
By

head ads

inline ads

inline ads 2

bottom ads