-->

Contoh Surat Tidak Resmi untuk Guru, Orangtua, Sahabat, Saudara

Apa yang dimaksud dengan surat undangan tidak resmi? Ini adalah jenis surat non formal atau biasa disebut juga surat pribadi, yang isinya adalah mengenai kepentingan dalam situasi yang informal biasanya ditujukan kepada seseorang yang kita kenal secara personal dan ditulis menggunakan bahasa yang santai atau tidak menggunakan struktur baku

Surat sebagai salah satu media komunikasi memang sudah mulai ditinggalkan, karena perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat saat ini sudah menggantikan keberadaan kertas sebagai media surat, apalagi untuk kepentingan surat tidak resmi.

Namun masih ada sebagian yang menyukai mengirimkan surat fisik, atau hanya sekedar mengingat kenangan untuk menulis di secarik kertas kemudian mengirimkannya lewat kantor pos menggunakan perangko

Lalu apa perbedaan antara surat tidak resmi dengan surat resmi? Sobat kosngosan bisa mengetahui surat tersebut isinya tidak resmi apabila menemukan beberapa elemen di bawah ini :

  • Menggunakan bahasa yang tidak baku, informal dan terkesan santai
  • Menggunakan struktur penulisan yang tidak baku, tidak ada format khusus dalam menulis surat tidak resmi (berbeda dengan surat resmi)
  • Digunakan untuk perihal yang bersifat personal, tidak resmi dan biasanya ditujukan kepada orang terdekat

Baca juga : Contoh Surat Undangan Setengah Resmi


Contoh Surat Undangan Tidak Resmi


Pada kesempatan kali ini kosngosan tidak akan membahas hal teknis mengenai surat tidak resmi. Tetapi kita akan fokus untuk memberikan beberapa contoh surat tidak resmi pada penggunaan situasi tertentu yang mungkin bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Yuk kita simak dibawah ini

contoh surat tidak resmi


Contoh Surat Tidak Resmi Untuk Sahabat


Padangsidimpuan, 20 Agustus 2022

Hai Sahabatku,
Apa kabarmu hari ini? Aku berharap semuanya sehat-sehat ya. Sahabat, aku merindukan kalian! Kangen ketemu dan berkumpul bersama lagi pada waktu seperti dulu. Bagaimana dengan liburan akhir semester depan? Apakah kita bisa bertemu?

Kebetulan pada kesempatan kali ini, aku ingin mengundang kalian untuk bisa menghadiri pesta ulang tahun adikku yang ke-17. Pesta ini akan kami adakan pada :

Hari/Tanggal : Minggu, 26 Agustus 2022
Jam : 18.00 WIB- Selesai
Tempat : Kediaman Pribadiku
Jl. Nusa Indah, No. 3C, Kosngosan Selatan, Padangsidimpuan

Aku berharap kalian semua bisa datang menghadiri acara ulang tahun adikku tersebut supaya kita bisa bertemu kembali dan melepas rindu karena sudah lama tidak bersua. Ini adalah hal yang paling menggembirakan buat aku pribadi. Jadi aku tunggu kehadiran kalian ya!

Sahabatmu,

Reza Harahap


Contoh Surat Tidak Resmi Untuk Guru


Untuk Bu Aisyah, S.Pd tersayang
Salam hormat,

Assalamu’alaikum Warohmatullahi WabarokatuhBagaimana kabar Bu Aisyah saat ini? Masih ingkat nggak ibu dengan saya? Saya adalah murid ibu yang tidak mengerti pelajaran IPS hehehe. Saya dan teman-teman juga sering membuat keributan dikelas ketika pelajar Ibu sudah dimulai, tetapi ibu selalu sabar menghadapi kami

Ibu adalah sosok Ibu guru idaman saya sejak saat itu. Ibu tidak pernah mengeluh dan terus berusa supaya mendidik kami dengan kasih sayang yang tulus. Terus terang sejak saat itu, saya sangat mengidolakan Bu Aisyah.

Dan kini saya sudah kuliah mengambil jurusan IPS juga bu, hehehe. Ini karena ibu yang sangat sabar dalam mendidik kami. Maafkan saya apabila ada kesalahan terdahulu ya Bu, segala perbuatan yang saya lakukan berharap Bu Aisyah mau memaafkan saya.

Sekian dari saya, mantan muridmu yang kelakuannya tidak mengenakkan. Kurang lebihnya saya ucapkan terimakasih karena sudah meluangkan waktu untuk membaca surat singkat ini.

Wasalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Pekanbaru, 20 April 2022

Hormat saya,
Reza Harahap


Contoh Surat Tidak Resmi Untuk Orang Tua


Padang, 8 Mei 2022
Yang tersayang, Mama dan Papa
Dirumah terindah

Bagaimana kabar Mama dan Papa saat ini? Anakmu ini benar-benar senang melihat kalian rukun kembali dan hidup dalam satu atap rumah yang sama. Sebentar lagi kan upacara wisudaku, dan aku berharap kalian berdua bisa pulih dari permasalahan pribadi kalian dengan segera.

Apakah kalian tidak keberatan jika harus menemani hari wisudaku pada hari Sabtu ini? Aku benar-benar ingin menunjukkan toga terbaikku saat itu. Aku pikir kalian berdua akan menyukainya.

Dan aku juga ingin memperkenalkan banyak teman teman baruku selama kuliah disini. Aku juga mendapatkan kesempatan untuk berpidato mewakili kelasku dan juga organsasi kosngosanku.

Sebagai informasi untuk kalian, jatah undangan wisuda untuk masuk ke gedung hanya untuk 1 orang, jadi aku harap kalian memilih siapa yang paling tepat untuk menemaniku nanti. Aku sangat bersemangat supaya kalian datang dan menemuiku segera. Beritahu aku jika Sabtu kalian bisa datang ya!

Salam Cinta dari anak tertuamu

Reza Harahap


Contoh Surat Tidak Resmi Sekolah


SURAT HIMBAUAN KEPALA SEKOLAH

Salam hormat,
Kepada seluruh guru dan staff karyawan ditempat,

Saya kepala sekolah SD Swasta Kosngosan Padangsidimpuan menyatakan bahwa benar saat ini sekolah sedang mengalami defisit keuangan karena adanya pandemi seperti saat sekarang ini.

Oleh karena itu kami menghimbau kepada seluruh staff pegawai, guru aktif yang melaksnakan tugas sebagai guru mata pelajaran begitu juga guru wali kelas di SD Swasta Kosngosan Kecamatan Batunadua, Kota Padangsidimpuan untuk mematuhi hal hal sebagai berikut :

1. Melaksanakan pembelajaran daring secara lebih efektif dan efisien dari rumah dengan tidak memberatkan murid murid dengan tugas rumah yang sifatnya tidak relevan dengan materi saat pembelajaran

2. Menerima keputusan pengurangan gaji sebesar 30% untuk guru dan karyawan terhitung sejak tanggal 01 Oktober sampai 30 Novermber 2022.

3. Ikut membantu sosialisasi pelaksanaan pemungutan uang sekolah untuk seluruh murid SD Swasta Kosngosan melalui transfer online ke rekening sekolah yang telah ditetapkan

Demikian keputusan ini dibuat supaya diterapkan sebaik-baiknya. Kami sadar bahwa keputusan ini cukup berat mengingat untuk memperbaiki kondisi defisit keuangan yang dialami oleh pihak sekolah

Padangsidimpuan, 03 Desember 2022

Kepala Sekolah SD Swasta Kósngosan

Muhammad Reza Harahap, S.Pd


Contoh Surat Tidak Resmi Untuk Saudara


Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rezeki yang seluas-luasnya pada kita semua, shalawat dan salam kepada Nabi besar Muhammad SAW.

Alhamdulillah, saat ini walaupun kita belum bisa bertemu, namun masih diberikan nikmat berupa kesehatan untuk kita sebagai keluarga. Dear Abangku yang ganteng, adikmu ini ingin memberitahu beberapa hal mengenai undangan manis buat merayakan tahun baru buat minggu depan, yang detail acaranya sebagai berikut :

Hari/Tanggal : Kamis, 31 Januari 2022
Jam : 20.00 WIB Setelah Isya
Tempat : Rumah bapak Erhan
Jl. Nusa Indah, No. 2C, Kosngosan, Padangsidimpuan

Merupakan suatu kebahagiaan dan kebanggaan bagi kami sekeluarga kalau Abanganda dan Kaka ipar, juga keponakan tersayangku itu engkau ajak datang untuk sekedar membakar ikan dan pesta kembang api di halaman rumah Bapak dan Ibu.

Dan jikalau Abanganda sekelurga berkenan untuk menyempatkan diri menghadiri undangan dari kami ini, maka kami sangat mengucapkan banyak banyak terimakasih (heheheh). Atas perhatian dan waktunya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh


Adikmu yang ganteng,
Muhammad Reza


Contoh Surat Tidak Resmi Bahasa Inggris



Dear Andina
to Jl. Malioboro
Yogyakarta

Hi my dear, how are you there? I hope you are alright. I miss you on the grounds that we have not met in quite a while. Do you miss me as well? if there is a chance you come to Pekanbaru.

Do not you remember as a child we often climb trees and at that moment I was farthest from the tree
At that time, you and I wanted to eat mango in front of you house. The tree was very high. We could not climb it because at that time we were little.

Because no one dared to climb the tree, I braced myself to climb it. I knew that I could not climb the tall tree. However, I want to show them that I was great. Then I climbed the tree. Having reached the top, I started looking for fruit which I would take.

I saw you from the bottom praised me. “Great, you are awesome!” said you. Then I tried to reach the fruit. However, when I was about to pick it up, the trunk where I stand broken. I felt from the tree. “Gubrak” My body crushed the ground. I cried in pain. I see blood was coming out of my head.

At that moment, I was ushered by you my home. They told my mother that I fell out of a mango tree. Then my mother treated my wounds. Until now the wound is still seen in my arm. Every time I see it, I remember my childhood that careless and love to be praised.

I will never forget that experience, I want to see you again and be able to do other craziness with you. I hope you reply to the letter that I sent this

Your best friend,

Suci Bella Lestari


Contoh Surat Tidak Resmi Docx


Dan kamu pastinya sudah merasa sedikit repot karena harus meng-copy teks surat diatas lalau kemudian mem-paste-kan ke ms word. Tapi tenang saja, karena mimin kosngosan akan memberikan contoh file surat tidak resmi nya dalam format word yang bisa kamu download dan tinggal edit sesuai kebutuhan seperti dibawah ini



Catatan :

Kamu bisa Download Contoh file surat tidak resmi disini. Setelah meng-klik link tersebut, maka kamu akan diarahkan ke halaman safelink otomatis, tunggu beberapa detik sampai url download-nya muncul. Pilih itu kemudian kamu akan diarahkan ke halaman google drive, Silahkan download filenya secara gratis


Contoh Surat Tidak Resmi untuk Pacar/Pasangan


Kepada yang tercinta,
Calon istriku
Calon ibu anak-anakku,
Calon menantu Orangtuaku,
Ditempat,

Assalamu'alaikum Wr Wb

Mohon maaf kalau kamu tidak berkenan. Tapi aku  mohon bacalah surat ini hingga akhir. Baru kamu silahkan dibuang atau dibakar. Aku yang bernama reza harahap, telah menginginkan kamu Butet Marpaung untuk menjadi istriku kelak.

Kamu tahu, aku bukan siapa-siapa. aku hanya manusia biasa. Saat ini pun aku hanya punya pekerjaan kecil yang hanya bisa mencukupi diriku saja. Akan tetapi aku tidak tahu apakah nanti aku akan tetap bisa membahagiakanmu dengan pekerjaanku saat ini sebagai content creator di blog kosngosan.

Tapi yang pasti, aku akan berusaha untuk meningkatkan penghasilan dan karierku untuk mencukupi kebutuhan istri dan anak-anakku kelak. Aku akan selalu berusaha agar istri dan anak-anak saya tidak kepanasan dan tidak kehujanan.

Aku hanyalah manusia biasa, yang punya banyak kelemahan dan beberapa kelebihan. Aku menginginkanmu untuk mendampingi ku sampai syurga nanti kita kembali bersama. Untuk menutupi kelemahanku, dan mengendalikan kelebihan ku, maka aku butuh kehadiranmu

Aku hanya manusia biasa, cintaku juga sudah pasti biasa, namun spesial. (eh tunggu dulu, biasa tapi spesial? gimana ceritanya? hehee) tapi Oleh karena itu aku menginginkan supaya kamu mau membantuku dalam memupuk dan merawat cinta ini, dan kita membangun bahtera rumah tangga bersama

Yang pasti aku akan berusaha sekuat tenaga menjadi suami dan ayah yang terbaik buat rumah tangga kita kedepannya. Kenapa aku memilih kamu sebagai calon istriku? Karena aku sudah sholat istikharoh berkali-kali, dan saya semakin mantap memilih dirimu. Walaupun kita terbilang jarang berbicara, apalagi berinteraksi, namun aku sudah yakin untuk memilihmu dalam menemani masa tuaku nanti.

Aku hanya berusaha sekuat mungkin menjadi lebih baik dari saat ini. Aku juga memohon kepadamu supaya sholat istikharoh terlebih dahulu sebelum memberi jawaban pada ku nantinya. Semoga Allah senantiasa  meridhoo dengan jalan yang kita tempuh ini. Amin.

Wassalamu'alaikum wr wb

Baca juga : Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia


Contoh Surat Tidak Resmi untuk Nenek


Medan, 5 Februari 2022

Kepada Yang Tercinta,
Kakek dan Nenek
di Padangsidimpuan

Assalalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh,

Singkat saja untuk Kakek dan Nenek tersayang, ketahuilah bahwa saya, cucumu yang paling imut ini berada disini dalam keadaan sehat wal afiat. Dan semoga Kakek, Nenek beserta adik Rafiq juga diberikan kesehatan oleh-Nya.

Dan dengan surat ini pula aku ingin memberitahu kepada kalian berdua, bahwa Ayah dan Ibu, telah melarang cucumu ini untuk berkunjung pada liburan semester nanti, dikarenakan khawatir pandemi masih berlangsung. Aku harap kalian berdua mengerti.

Sebagai gantinya, aku kirimkan kepada kalian smartphone kosngósan supaya nantinya kita bisa Video Call-an bersama ya, Nek, kek! aku sayang kalian berdua! Sampai segini dulu surat nya, aku harap kalian bisa mengerti.

Wassalalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh,

Cucu tergantengmu,

Reza Harahap


Contoh lainnya

contoh surat tidak resmi


Cara Membuat Surat Tidak Resmi


Surat undangan tidak resmi memang berbeda dari surat resmi yang harus membutuhkan kop surat, tanda tangan penanggung jawab serta materai. Ini adalah surat "sesuka hati" yang sebenarnya tidak perlu metode khusus dalam penulisannya. Namun sobat kosngosan tetap harus memperhatikan beberapa hal seperti yang akan mimin jelaskan dibawah ini :

Penggunaan tata bahasanya harus pas

Mengapa harus pas? karena penggunaan bahasa dalam surat tidak resmi harus seperti dalam pergaulan sehari-hari yang sederhana dan dekat dengan masyarakat kita. Namun itu semua terletak pada pilihan si penulis, karena sebenarnya bahasa tidak terikat disini


Gaya bahasa terkesan santai

Surat undangan tidak resmi pasti menyelipkan kata kiasan, ungkapan dan juga doa selamat sehingga penyampaian isi surat tidak langsung tepat sasaran, namun tetap bisa dimengerti tujuannya. Jadi hindari sebisa mungkin menggunakan bahasa yang lebay, dan yang berkemungkinan bermakna ganda


Struktur surat yang fleksibel, tidak ada aturan

Dalam surat tidak resmi, struktur penulisannya tidak terlalu mementingkan aturan sistematika. Kamu tidak perlu membuat kop, tanggal, nomor surat, alamat yang dituju, salam, kalimat pembuka, isi dan penutup, karena ini adalah "surat sesuka hati"


Membatasi tujuan dari penulisan surat  tidak resmi

Yang namanya surat tentu ada tujuannya, bukan? Baik itu surat tidak resmi atau surat resmi. Nah untuk surat tidak resmi biasanya dibuat untuk mengundang seseorang, memberi kabar yang bersifat pribadi, atau juga bisa memberikan informasi lainnya yang personal

Baca juga : Contoh Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan


Kata Penutup


Surat tidak resmi memang banyak jenisnya. Intinya adalah surat ini tidak memiliki keterikatan tekniks seperti surat dinas atau surat formal pada umumnya. Jadi kamu bebas menuliskan apa saja yang kamu inginkan pada media surat baik itu kertas atau secara online melalui email, chat atau pesan.

Surat ini sebenarnya sudah tergantikan dengan adanya chatting atau email, namun walaupun begitu tetap akan diperlukan untuk kepentingan seni dan ekspresi kreatif. Demikian beberapa contoh dan materi pembahasan mengenai surat tidak resmi kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa buat sobat kosngosan untuk share artikel ini ke teman temen mu ya yang ada di media sosial
By