Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Kelebihan dan Kekurangan VPN yang Perlu Diketahui

Apa itu VPN? Pengertian Virtual Private Network merupakan suatu koneksi antar satu jaringan dengan jaringan yang lain dan sifatnya privat melalui jaringan publik atau internet sehingga media perantaranya tidak terlibat secara langsung. Dengan demikian, VPN sendiri hanya bisa diakses oleh orang tertentu saja. Lalu apa saja keunggulan dan kelemahan VPN? kali ini kita akan bahas pada artikel dibawah

Fungsi VPN sebenarnya sangat penting untuk konektifitas internet. Dalam penggunaan sehari hari, kita bisa memanfaatkannya untuk berbagai kepentingan bisnis maupun hiburan. tentu saja VPN yang kita gunakan juga harus terjamin keamanannya.

Ada berbagai jenis jenis VPN yang bisa kamu gunakan. Misalnya seperti vpn situs, PPTP (Point-to-Point Tunneling Protocol), L2TP (Tunneling Protocol), IPsec, SSL dan TLS dan masih banyak lagi. Cara menggunakan VPN cukup mudah, bisa dengan menginstall aplikasi pihak ketiga, menambah konfigurasi atau menambah add on di perangkat lunak.


Keuntungan dan Kekurangan Menggunakan Aplikasi VPN

Ada keuntungan ada juga kekurangan. Dalam instalasi aplikasi ini, tentu saja kamu harus bijak dalam penggunaannya. Tidak bisa sesuka hati, ada resiko dan manfaat juga. Dan kita akan bagi pembahasan ini menjadi dua bagian besar, simak saja terus ke bawah. 

Kelebihan Menggunakan VPN

Berikut akan mimin kosngosan rangkum beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan pada aplikasi VPN dan tentu saja perlu kamu ketahui, sebelum memutuskan untuk menggunakannya dalam kebutuhan sehari hari, yaitu :

kelebihan kekurangan VPN


1. Adanya Remote Access

Remote access atau yang biasa disebut Virtual Private Dial-up Network (VPDN) ini dapat memudahkan pengguna dalam mengakses jaringan atau komputer dari mana saja selama tetap terhubung ke internet. Remote access umumnya digunakan oleh pegawai yang ingin terhubung dengan jaringan khusus perusahaannya walau dari lokasi yang jauh. 

Tapi untuk mengakses jaringan lokal perusahaan tersebut, pegawai terlebih dahulu harus terhubung ke NAS dengan men-dial nomor telepon yang sudah ditentukan dan selanjutnya menggunakan media software klien agar dapat terhubung.

Baca juga : Daftar AntiVirus Terbaik Android tanpa Iklan


2. Menghemat Biaya Setup Jaringan

Dengan adanya VPN sebagai teknologi alternatif, sobat kosngosan dapat mengakses jaringan lokal yang luas dengan kemungkinan biaya yang relatif kecil. 

Hal ini dikarenakan VPN dalam penggunaan transmisi datanya antar satu dengan yang lain menggunakan media jaringan publik yang sudah tersedia sehingga kita tidak perlu lagi membangun jaringan pribadi.


3. Keamanan Dalam Mengakses

Penggunaan VPN saat browsing lebih menjamin privasi kita untuk searching dan berselancar dengan aman di dunia maya bahkan saat menggunakan jaringan internet publik seperti wifi café.

Dengan begini, aktivitas atau data pribadi kita akan disembunyikan dan sulit dibaca oleh pihak – pihak tertentu yang ingin memantau transfer data melalui wifi publik.


4. Kemampuan Untuk Membentuk Jaringan LAN Tanpa Dibatasi Tempat dan Waktu

LAN merupakan suatu jaringan komputer yang memiliki wilayah dengan cakupan yang sangat kecil dan terbatas. Nah, dengan adanya VPN ini, kita dapat mengakses jaringan LAN tanpa harus memperhatikan batas tempat dan waktu karena koneksitas yang dilakukan melalui via internet.

Apapun macam koneksinya entah itu 3G, Dial-up, Cable Modem, Wifi, ADSL, GPRS dan lain sebagainya, membuat kita tetap bisa mengaksesnya dengan mudah.


5. Jangkauan Jaringan Lokal Yang Dimiliki Perusahaan Akan Lebih Luas

Hal ini dikarenakan, waktu yang dibutuhkan untuk menghubungkan jaringan lokal ke tempat lain sifatnya lebih cepat sebab, proses instalasi infrastruktur jaringan yang dilakukan antara perusahaan dan kantor cabang menggunakan ISP terdekat yang ada di daerahnya.

Dengan demikian adanya VPN secara tidak langsung dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi karena membuat perusahaan dapat dengan mudah mengembangkan bisnisnya ke daerah lain.


6. Penggunaan VPN Dapat Mengurangi Biaya Operasional

Hal ini dikatakan lebih efektif karena dalam pembuatan jaringan, VPN tidak membutuhkan kabel (leased line) yang panjang seperti cara tradisional untuk mengimplementasikan WAN.

Perlu diketahui bahwa untuk penggunaan kabel sendiri akan memakan biaya produksi yang cukup besar. Semakin panjang ukuran kabel bagi jarak tertentu yang diinginkan, maka biaya operasional juga akan semakin meningkat.


7. Tidak Mengharuskan Adanya Kepemilikan IP Publik

Jika menggunakan VPN, kamu tidak perlu khawatir akan adanya keharusan memiliki IP Publik yang rentang harganya cukup mahal. Kamu tetap bisa mengakses komputer cukup dengan menggunakan IP dynamic saja atau dengan kata lain, PC kamu tetap bisa berinternet.

Selain itu, VPN juga tidak membutuhkan peralatan / hardware tambahan yang berfungsi sebagai IP forwarder / Post forwarder yang berakibat bisa menambah biaya pengeluaranmu nantinya.


Kekurangan Menggunakan VPN

Ada kelebihan, tentu saja ada kekurangan. Tidak bisa kamu mendapatkan keuntungan saja tanpa adanya resiko yang mengintaimu. Kalau kamu harus memakai vpn ini, maka kamu harus bersiap untuk menghindari beberapa hal dibawah ini, check saja :


1. Koneksi Internet Sulit Diprediksi

Mengingat bahwa jaringan internet yang digunakan oleh VPN adalah bersifat luas (publik), maka kita harus benar – benar memaklumi jika server kadangkala akan mengalami hambatan.

Karena pada dasarnya, saat menggunakan VPN kita bisa dikatakan hanya “nebeng” koneksi terhadap jaringan lain yang mana kita juga tidak memiliki kontrol penuh terhadap jaringan tersebut. Baca juga: Cara Pasang WiFi Internet di Kampung


2. Perhatian Yang Lebih Tehadap Keamanan

Meski ada jaminan keamanan dalam melindungi aktivitas sobat kosngosan selama berselancar di internet, namun kita tidak benar – benar bisa menjamin bahwa keamanan data – data pribadi kita bisa diselamatkan.

Khusunya pada saat ini, banyak layanan penyedia VPN yang tidak bertanggung jawab serta bisa membahayakan privasi yang kita miliki. Oleh karena itu, jangan sembarangan menggunakan aplikasi VPN ya, terutama yang sifatnya gratisan. Pilihlah VPN yang aman dari pengembang yang terpercaya.


3. Rawan Akan Penyadapan Data Perbankan

Saat memakai VPN, sebenarnya lalu lintas internet yang digunakan sifatnya kurang aman dan itu bisa menjadi kesempatan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab.

Hal ini hampir sama seperti yang dibahas sebelumnya yaitu rentan mengalami pembajakan, penyadapan data perbankan, kasus penipuan, dan kebocoran data pribadi yang berpotensi untuk dijual. Oleh karena itu, hindari menggunakan VPN saat melakukan transaksi perbankan ya.


4. Berpotensi Mengalami Gangguan Malware dan Adware

Malware merupakan istilah untuk virus berbahaya yang umumnya menyebar di internet. Malware bisa menyerang perangkat siapapun, dimanapun, dan kapapun selama terhubung ke jaringan internet.

Sedangkan adware adalah salah satu varian dari malware namun jenisnya lebih spesifik karena virus ini biasa muncul berupa iklan pada perangkat kita yang berasal dari pihak ketiga. Malware dan adware tentunya sangat berbahaya karena dapat membuat sistem keamanan lemah, perangkat menjadi lelet, dan bahkan dapat merusak sistem software mu loh!


5. Penurunan Koneksi Internet

Hal ini biasa ditimbulkan saat kita menggunakan jenis VPN gratis. Itulah alasannya mengapa kamu harus benar – benar memilih VPN yang aman agar tidak mengganggu kualitas koneksimu. 

Cara kerja VPN sendiri adalah dengan menambah jalur lalu lintas data baru sehingga nantinya kita bisa mengakses berbagai macam situs yang telah diblokir. Dalam hal ini, jika semakin banyak jalur lintas data yang dibuka, maka akan semakin lambat pula cara kerja ponselmu untuk mengakses website yang kamu tuju.


6. Beresiko Terkena Blokir Oleh Jenis Jasa Tertentu

Ada beberapa jasa yang tidak memperbolehkan penggunaan VPN. Hal ini biasanya terjadi pada jenis jasa streaming yang tidak seharusnya diakses, namun sobat kosngosan dapat melakukannya dengan menggunakan VPN.

Contoh sederhananya adalah Netflix. Mereka secara otomatis akan memblokir alamat IP pengguna yang mengakses jasa mereka secara bersamaan. Larangan penggunaan VPN ini dikarenakan perusahaan memiliki ikatan kontrak dengan pengedar film yang hanya mengizinkan penayangan konten di beberapa negara yang spesifik.


7. VPN Tidak Selalu Legal Di Semua Negara

Meski penggunaannya dianggap legal di beberapa negara, namun tidak sedikit juga yang melarang penggunaan VPN secara tegas, contohnya Korea Utara. Dengan demikian rakyat dilarang menggunakan VPN sama sekali dengan alasan apapun.

Hal ini juga tidak bisa dipungkiri mengingat penggunaan VPN cukup mencurigakan, bahkan melampaui sensor pemerintah, serta sangat dilarang untuk digunakan pada negara – negara yang sifatnya totaliter.

Baca juga : Cara Daftar Aplikasi Ajaib Sekuritas


Kata Penutup

Apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan aplikasi VPN memang menjadi pertimbangan tersendiri buat kamu untuk memilih aplikasi ini dijadikan dalam mengakses situs atau website yang diblokir di Indonesia. Setelah membaca mengenai manfaat dan juga resikonya, apakah kamu benar benar bisa mempertimbangkan dengan matang?

Semoga beberapa penjelasan diatas bisa bermanfaat buat teman teman kosngosan.com sekalian. Supaya teman yang lain juga bisa mengetahui mengenai VPN ini, kalian bisa share atau bagikan URL nya ke sosial media masing masing, supaya yang lain tercerahkan dan tahu mengenai VPN apa adanya.

Oleh rezaharahap