Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

100 Contoh Makanan Halal dan Makanan Haram

Apa yang dimaksud dengan makanan? Menurut WHO, makanan merupakan kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi setiap saat, membutuhkan pengelolaan yang baik dan benar supaya bisa dikonsumsi dan bermanfaat bagi tubuh. Makanan adalah keseluruhan yang kita konsumsi selain obat. Makanan haruslah higienis dan berguna untuk tubuh. Berbicara mengenai makanan, dalam agama islam ada kaidah halal dan haram. yaitu Makanan halal sesuatu yang boleh dikonsumsi, dan makanan haram adalah sesuatu yang tidak boleh dikonsumsi.

Suatu makanan dikatakan halal dan haram, apabila memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh sumber hukum islam, yaitu al-quran dan hadist. Dalam hukum islam banyak disebutkan beberapa jenis makanan yang tidak boleh di konsumsi oleh umat islam. Dan pada kesempatan kali ini, kosngosan akan mencoba membahasnya untuk kalian.

Makanan yang halal berdasarkan kandungan zatnya adalah makanan yang memang memiliki status halal untuk dikonsumsi dan telah ditetapkan untuk boleh dimakan. Begitu juga dengan makanan yagn haram. Selain dari kandungan makanan haram yang telah dilarang, bahan makanan dan minuman yang terdapat di bumi pada dasarnya diperbolehkan untuk dikonsumsi. 

Akan tetapi selain bahan atau kandungan, makanan tersebut juga masih belum tentu kehalalannya. Karena harus dibarengi dengan cara memperolehnya yang juga harus secara halal.


jenis makanan halal

Contoh Makanan Halal

Baiklah berdasarkan judul dari artikel ini, mimin kosngosan akan coba bagi jenis makanan antara yang haram dan halal. Masing masing keduanya adalah saling bertolak belakang. Berikut beberapa contoh makanan halal secara syariat islam, yang umum kita ketahui dan konsumsi dalam kehidupan sehari – hari :

Baca juga : Jenis Makanan Oriental dan Kontinental


Susu dari hewan halal

Pada dasarnya, susu bersifat halal karena tidak berasal dari bangkai atau hewan babi. Namun penting untuk tetap berhati – hati dalam memilih produk susu karena kerap kali dapat kita temukan bahan – bahan berbahaya dan unsur haram yang terkandung utamanya dalam susu impor dengan merek yang belum terverifikasi secara jelas.


Nasi

Nasi merupakan hasil akhir dari beras yang telah direbus. Nasi juga merupakan jenis makanan halal karena bersumber dari tumbuhan yakni padi. Baik untuk dikonsumsi dan terkenal sebagai makanan keseharian yang mengandung karbohidrat tinggi sebagai sumber energi bagi tubuh.


Telur dari hewan halal

Dalam kehidupan sehari – hari kita telah banyak menemukan aneka olahan telur mulai dari masakan, roti, hingga untuk kebutuhan adonan kue. Telur sangat baik untuk dikonsumsi karena selain mengandung protein, di dalam telur juga terdapat banyak zat vitamin dan mineral yang sangat bergizi untuk tubuh.


Ikan Laut

Ikan laut juga merupakan konsumsi keseharian masyarakat yang kaya akan gizi dan zat – zat penting seperti yodium yang bagus untuk tubuh. Ikan laut ini juga sering kita dapati diolah menjadi berbagai macam aneka masakan yang lezat, baik dengan digoreng, dibakar, atau dipanggang.


Sereal

Sereal identik dengan menu makanan yang cocok disantap di pagi hari. Makanan ini biasanya dapat dimakan secara langsung, dimakan dingin, ataupun dihidangkan dengan air, susu, yoghurt dan sejenisnya. Selain praktis, sereal juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.


Bubur Ayam

Bubur ayam merupakan salah satu olahan makanan Indonesia yang cukup terkenal. Bubur dapat disajikan pada suhu dingin atau panas. Olahan bubur ini berasal dari beras yang dimasak dengan air yang cukup banyak sehingga menghasilkan tekstur yang berair dan halus.


Tahu Tempe

Tahu tempe berasal dari tumbuhan kacang – kacangan yakni kedelai. Meski terlihat sebagai makanan yang sederhana, tahu tempe juga sangat baik dikonsumsi karena banyak mengandung protein dan karbohidrat yang bagus untuk tubuh.


Sayur – Sayuran

Sayuran merupakan sebutan umum secara luas yang diperuntukkan bagi seluruh bahan pangan yang bersumber dari tumbuhan. Sayuran umumnya mengandung kadar air yang cukup tinggi dan lebih baik dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah dengan cara minimal.


Buah – Buahan

Buah – buahan juga merupakan bahan makanan alami yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari karena mengandung banyak vitamin dan mineral serta zat – zat penting lainnya. Kita bisa mengonsumsinya secara langsung atau bisa mengolahnya menjadi jus.


Daging yang Halal

Daging merupakan jenis makanan yang mengandung protein hewani, umumnya tersusun dari gabungan jaringan otot dan ditambah dengan lemak di dalamnya. Daging yang mimin kosngosan maksud disini adalah yang bersumber dari hewan halal. Contohnya sapi, kambing, ayam dan hewan halal lainnya, dan jangan lupa di sembelih juga dengan menggunakan cara cara yang diajarkan oleh islam


Madu

Madu adalah bahan makanan yang berasal dari lebah. Identik dengan rasa manis dan banyak dimanfaatkan sebagai olahan aneka makanan. Selain itu madu juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk obat – obatan dan baik untuk kesehatan jantung.


Roti

Roti merupakan olahan makanan yang berbahan dasar tepung, air, telur dan biasanya difermentasikan dengan ragi. Roti bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi karena juga mengandung karbohidrat tinggi. Bisa disantap secara langsung, atau dihidangkan dengan kopi, selai, atau susu.


Kue Kering

Kue kering mudah kita temukan sebagai camilan keseharian dan di event – event besar seperti lebaran. Kue kering atau biasa kita sebut dengan kukis adalah makanan yang cara pengolahannya dengan dipanggang atau dioven. Bentuknya cenderung kecil dan rasanya manis atau gurih.


Kerupuk

Kerupuk merupakan keluarga makanan ringan yang biasa dihidangkan sebagai pelengkap makanan seperti nasi, mie dan bakso. Kerupuk umumnya dibuat dari adonan tepung tapioka yang kemudian dicampur dengan perasa ikan lalu digoreng dengan minyak panas.


Biskuit

Biskuit juga merupakan anggota kue kering yang memiliki tekstur renyah dan cocok disantap sebagai camilan. Biskuit banyak beredar di supermarket atau warung – warung kecil di sekitar kita dengan harga jual yang cukup terjangkau sehingga mudah didapatkan oleh semua orang.


Siomay

Siomay termasuk dalam jenis dimsum yang berasal dari olahan kulit pangsit. Makanan ini disebut sebut berasal dari Mongolia. Namun di Indonesia, kita bisa menemukan siomay di banyak tempat. Baik di pinggir jalan, di restoran, dan warung – warung sekitar.


Bakso

Bakso merupakan makanan dari olahan daging sapi ataupun daging ayam yang dicampur dengan tepung tapioka dan bumbu – bumbu lain untuk kemudian digiling dan dihidangkan dengan kuah. Bakso memiliki tingkat penggemar yang cukup tinggi di Indonesia. Kita bisa menemukan makanan jenis ini di berbagai tempat.


Mie Ayam

Mie ayam adalah makanan dari Indonesia yang terbuat dari mi kuning dan direbus mendidih kemudian dihidangkan dengan sedikit kuah lalu ditaburi saus kecap dan sambal. Mie ayam juga biasa dilengkapi dengan aneka sayuran seperti acar dan irisan daging tipis – tipis yang diletakkan di atasnya.


Rujak

Siapa yang tidak kenal rujak? Makanan ini identik dengan rasa pedas yang menggigit. Rujak biasanya terbuat dari hidangan salad buah dan aneka sayuran yang diberikan bumbu sambal. Namun seiring dengan perkembangannya, rujak saat ini sudah memiliki berbagai jenis menu baru yang semakin banyak dan digemari oleh masyarakat.


Jus

Jus adalah jenis minuman bergizi yang berasal dari buah – buahan yang dihaluskan. Biasanya diberikan susu atau gula sebagai pemanis tambahan. Jus juga sangat baik dikonsumsi karena mengandung banyak nutrisi dan vitamin alami yang bagus untuk kesehatan tubuh.


Salad

Sobat kosngosan biasa menemui ada 2 macam salad di sekitar kita. Yakni salad buah dan salad sayur. Salad adalah hidangan makanan yang terdiri dari potongan dan campuran buah – buahan maupun sayur mayur yang biasanya diberikan topping tambahan seperti keju dan susu.


Kopi

Kopi termasuk minuman yang sudah tidak asing lagi terutama bagi pecinta kopi. Kopi berasal dari tumbuhan kopi yang ditumbuk halus sampai menjadi bubuk dan umumnya memiliki rasa yang pahit. Kopi cocok dihidangkan terutama di pagi hari dan di cuaca dingin seperti saat hujan.


Teh

Selain kopi, teh juga merupakan jenis minuman terkenal yang cocok dihidangkan dalam suhu hangat. Teh umumnya diseduh dari pucuk atau tangkai daun dari tanaman Camellia Sinensis yang telah dikeringkan dengan suhu panas.


Kolak

Kolak adalah makanan penutup khas dari Indonesia yang biasa pariasikan dengan pisang atau kolang kaling dengan kuah santan dan biasanya dicampur dengan gula aren. Variasi lain juga bisa ditambahkan seperti berupa nangka, singkong, mutiara, dan lain sebagainya.


Martabak

Martabak merupakan sajian halal selanjutnya yang sering kita jumpai di beberapa tempat. Banyak perseorangan yang menjual martabak baik di kedai – kedai maupun di pinggir jalan. Makanan ini umumnya biasa dikenal dengan 2 jenis. Yakni martabak manis, dan martabak telur.

Baca juga : Contoh Menu Masakan 4 Sehat 5 Sempurna


Contoh Makanan Haram

contoh makanan haram

Nah selain bahan makanan halal yang sudah disebutkan diatas (tidak semuanya, hanya sebagian), makanan apapun yang secara kandungannya halal, akan berubah menjadi haram apabila cara mendapatkannya atau proses pengelolaannya tidak dijalankan sesuai syariat islam. 

Tapi mimin kosngosan tidak akan membahas hal tersebut, yang mimin sebutkan dibawah ini adalah makanan yang secara kandungan memang haram, dan jelas hukumnya untuk tidak boleh dikonsumsi oleh umat islam, berikut diantaranya :


Darah atau Dideh

Darah atau dideh atau yang juga biasa disebut saren, merupakan makanan yang berasal dari darah binatang yang disembelih kemudian dibekukan hingga teksturnya keras. Dideh dalam Islam diharamkan karena berasal dari darah serta tidak memenuhi syarat kesehatan.


Bangkai Hewan

Bangkai juga diharamkan dalam Islam karena kematiannya tanpa disembelih dengan cara yang benar sesuai syariat Islam. Termasuk di dalamnya hewan yang tercekik, ditanduk, dipukul, jatuh, dan diterkam binatang buas


Daging Babi

Sudah jelas di dalam Al – Quran bahwa seluruh umat Islam dilarang mengonsumsi daging babi. Hal ini dikarenakan daging babi dipercaya menjadi sumber inang dari banyak macam parasit dan penyakit berbahaya yang menyebabkan penyakit cacingan dan penyakit berbahaya lainnya.


Narkoba

Narkoba diharamkan untuk dikonsumsi karena sifatnya merusak, membahayakan kesehatan dan juga merusak sistem otak. Sesuai dengan kesepakatan para ulama, setiap zat yang dapat menghilangkan akal, haram untuk dikonsumsi baik itu memabukkan, maupun tidak.


Ramen Babi

Disini sudah jelas karena ramen babi juga berbahan dasar dari daging babi, maka haram hukumnya untuk dikonsumsi. Dengan demikian, segala macam makanan yang terdapat unsur daging babi di dalamnya, dilarang keras dalam Islam untuk dimakan.


Daging Anjing

Menurut beberapa ulama dalam Islam, daging anjing diharamkan karena berpotensi menyebabkan berbagai macam penyakit yang membahayakan bagi kesehatan. Makan daging anjing diperkirakan dapat menyebabkan beragam infeksi bakteri antraks, leptospirosis, dan hepatitis akut.


Anggur Merah

Anggur merah merupakan jenis minuman yang diharamkan selanjutnya karena dinilai mengandung kadar alkohol di dalamnya. Adanya alkohol dalam minuman dapat menyebabkan hilangnya kesadaran seseorang. Hal inilah yang membuatnya diharamkan dalam Islam.


Bir (Beer)

Majelis Ulama Indonesia menghukumi bir dengan kadar alkohol 0% juga tetap haram. Proses pembuatan bir non alkohol juga sama seperti pembuatan bir pada umumnya hanya saja diakhir proses alkohol tersebut dihilangkan.


Arak

Dalam hukum agama Islam, arak atau khamr sudah cukup jelas, diharamkan. Bukan hanya meminumnya, namun memproduksinya, menggunakan manfaatnya, mengedarkannya, dan menolong orang untuk memanfaatkannya juga haram hukumnya.


Soju

Soju sendiri terbuat dari hasil fermentasi beras. Bahan bakunya bisa berasal dari gandum, barley, ubi, dan tapioka sebagai pengganti beras. Minuman ini mengandung alkohol dengan kadar yang cukup sedang yakni 20-40 persen. Tentunya, minuman ini tidak dihalalkan dalam hukum Islam.


Vodka

Vodka adalah minuman keras dengan kadar alkohol yang berkisar dari angka 35 hingga 60 persen. Vodka dapat membuat mabuk peminumnya apabila sobat kosngosan konsumsi secara berlebihan. Vodka mudah dijumpai di bar atau kafe yang menyajikannya dalam berbagai sajian minuman.


Sampanye

Sampanye adalah salah satu jenis minuman yang mengandung kadar alkohol dan terbuat dari anggur putih bergelembung. Umumnya dihasilkan di kawasan Champagne di Prancis. Minuman ini juga memabukkan sehingga menurut hukum Islam, sampanye tidak dihalalkan.


Wine

Wine adalah jenis minuman memabukkan selanjutnya dari beberapa jenis minuman keras diatas. Wine dikenal sebagai salah satu minuman beralkohol yang dihasilkan dari hasil fermentasi buah anggur.


Daging Kelelawar

Ulama Hambali dan Syafi'iyah berpendapat bahwa memakan daging kelelawar diharamkan dalam Islam. Hal ini karena kelelawar haram dimakan dan dilarang untuk dibunuh sebagaimana disebutkan dalam hadits.


Daging Gelonggongan

Daging gelonggongan adalah daging yang di peroleh dari sapi yang sebelum disembelih di beri minum air sebanyak-2 nya, dengan tujuan untuk menambah jumlah massa daging dan penjual mampu mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Daging gelonggongan dianggap sebagai suatu gharar (penipuan), dan hukumnya haram


Daging Dari Hewan Tanpa Proses Syar’i

Penyembelihan tanpa proses syar’i disini maksudnya adalah menyembelih hewan tanpa menyebut nama Allah SWT. Menurut pendapat dari mayoritas para ulama mengatakan bahwa, hewan yang disembelih tanpa menyebut nama Allah dianggap najis (bangkai) dan hukumnya haram.


Daging Dari Hewan Yang Diperintahkan Untuk Dibunuh

Beberapa contoh hewan yang diperintahkan untuk dibunuh seperti ular, cicak, kalajengking, tikus, anjing galak, burung elang dan burung gagak. Hal ini dikarenakan sifat mereka yang termasuk dalam jenis hewan pengganggu (fasiq).


Ganja

Menurut syariat agama Islam, semua bahan atau benda yang berpotensi memabukkan haram hukumnya untuk dikonsumsi. Sama halnya dengan ganja karena benda ini juga termasuk ke dalam golongan narkoba yang menyebabkan kecanduan.


Makanan Yang Diperoleh Dengan Cara Tidak Halal

Maksud dari sumber atau cara mendapatkan makanan yang tidak halal disini adalah dengan cara mencuri, hasil korupsi dan cara – cara yang tidak dibenarkan lainnya. Oleh karena itu, makanan yang termasuk dalam golongan tersebut, diharamkan untuk dikonsumsi baik untuk pribadi atau diberikan pada orang lain.


Daging Dari Binatang Yang Bertaring

Ada beberapa hadist yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam melarang melarang memakan setiap jenis hewan bertaring yang buas dan liar. Contohnya seperti, harimau, ular, beruang, anjing, dan lain – lain.


Daging Yang Disembelih Untuk Selain Allah

Hal ini semisal hewan yang disembelih diperuntukkan bagi acara-acara yang berbau kesyirikan dan ditujukan selain kepada Allah SWT, contohnya seperti: sedekah laut, penyembahan berhala, tumbal tanah, tumbal bangunan dan lain sebagainya.


Tequila

Tequila merupakan jenis minuman keras yang mengandung kadar alkohol dan dikenal mampu memberikan semangat bagi peminumnnya. Tequila terbuat dari tanaman agave Meksiko yang berada di Amerika Tengah.


Tuak

Di Bali, Tuak terkenal sebagai minuman beralkohol yang menjadi daya tarik bagi wisatawan asing. Tuak sendiri merupakan jenis minuman keras asli Nusantara yang merupakan hasil fermentasi dari beras, nira, dan bahan minuman/buah lainnya yang mengandung kadar gula.


Wiski

Whisky adalah jenis minuman beralkohol selanjutnya yang terbuat dari fermentasi serealia yang dihaluskan lalu dicampur air dan dipanaskan. Kemudian hasil fermentasi tadi disimpan dalam tong penyimpanan dari kayu selama berbulan-bulan.


Rum

Rum adalah jenis minuman beralkohol terakhir yang dihasilkan dari hasil fermentasi dan distilasi air tebu yang merupakan produk sampingan industri gula. Menurut hadist, sudah diberi kejelasan bahwa rum itu diharamkan. Meski disini air tebu sifatnya halal, namun proses perfermentasiannya menggunakan zat alkohol yang membuatnya menjadi haram.


Mirin

Buat para pecinta makanan jepang, pasti tidak asing dengan yang namanya mirin. Ini adalah produk fermentasi beras yang diberi gula sehingga selain mengandung alkohol rasanya juga manis. Mirin jelas haram, karena mengandung alkohol. Sebagai pengganti bisa dipakai air jeruk nipis atau lemon yang diberi sedikit gula pasar. Aroma asam jeruk bisa membuat makanan menjadi lebih wangi dan enak.


Daging Tiren

Daging tiren merupakan sebutan bagi daging konsumsi yang sudah lama disembelih, para pelaku memberikan pengawet secara berlebihan kepada hewan ternak, bahkan sampai berhari hari. Tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak

Sehingga harga jual yang diperoleh secara curang ini bisa bertahan lama Pada dasarnya daging ini haram, apalagi karena bahan kimia yang berbahaya dan proses mendapatkan dagingnya tidak sesuai syarii, maka bisa menjadi haram

Baca juga : Jajanan Swalayan yang Enak


Kata Penutup

Sebagai umat muslim, kita perlu untuk mengecek makanan yang kita konsumsi. Karena produk yang beredar di pasaran sangat banyak dan bervariasi, maka jangan bosan untuk memilah jenis makanan mana yang aman dan harus diwaspadai. Demikianlah beberapa contoh makanan yang halal dan haram buat umat muslim yang bisa mimin kosngosan sampaikan kepada kalian. 

Buat kamu yang ingin berlibur ke luar negeri yang mayoritasnya non muslim, jangan lupa persiapkan semuanya dengan baik ya. Ayo klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian masing masing. Terimakasih

Oleh rezaharahap