Cara Melamar Kerja di Bank Menjadi Teller untuk Lulusan Fresh Graduate

Banyak lulusan fresh graduate yang melamar kerja menjadi teller bank. Apakah masih prospektif? Bagaimana tips melamar supaya diterima? Apakah kamu sudah mempersiapkan surat lamaran menjadi teller bank ? Kamu yang seorang fresh graduate atau baru lulus kuliah, tentunya melamar pekerjaan adalah salah satu yang harus kamu lakukan. Dan salah satu yang paling banyak diminati, serta tidak membutuhkan kualifikasi khusus adalah teller bank.

Pesatnya pertumbuhan digital memberi efek terhadap aktivitas perekrutan tenaga kerja termasuk dalam bidang perbankan. An bank-bank swasta ataupun negeri memang selalu membutuhkan yang namanya teller bank

melamar kerja menjadi teller bank

Faktanya menurut menteri PPN, saat ini terjadi penurunan perekrutan tenaga kerja dalam jumlah besar setiap tahun. Hal ini lebih disebabkan karena banyak bank yang menggunakan digital isasi dalam operasionalnya.

Sehingga tenaga kerja seperti teller bank akan tergantikan oleh proses digitalisasi di perbankan. Hal ini Tentunya berdampak terhadap peluang kerja yang diberikan oleh dunia perbankan.

Lalu pertanyaannya apakah teller bank masih menjadi tujuan pelamaran kerja bagi kalian yang masih berstatus fresh graduate atau lulus? Hal ini tergantung dari berbagai kondisi yang ada

Hal ini ini menjadikan pemerintah harus memperbaiki penyediaan angkatan kerja di berbagai instansi atau lembaga pendidikan untuk mencocokkan kebutuhan dunia usaha di masa mendatang.

Sebenarnya kamu yang memiliki basic di bidang sains, teknologi, engineering atau matematika tetap akan dibutuhkan, namun bukan teller bank, akan tetapi dibidang ini dari digitalisasi yang mendukung teknologi suatu perusahaan.


Tips Melamar Kerja di Bank


Jika kamu tetap bersikukuh hendak mencoba melamar kerja di bidang perbankan melalui jalur umum, maka teller bank adalah salah satu yang bisa dicoba. Ikuti beberapa tips yang akan mimin kosngosan berikan kepada kalian dibawah ini :

Langkah 1

Carilah informasi di berbagai portal penyedia lowongan kerja, koran maupun kantor pos atau situs resmi langsung dari bank tersebut. Kamu bisa membaca daftar situs penyedia lowongan kerja terbaik di Indonesia di sini

Setelah itu, persiapkan beberapa berkas dokumen yang sudah menjadi persyaratan umum untuk melamar kerja. Kalian bisa membaca daftar berkas yang harus dipersiapkan sebelum melamar kerja di sini

Pilihlah metode pengiriman surat lamaran apakah dikirim secara online, melalui kantor pos, atau justru langsung memberikannya ke kantor.

Langkah 2

Jangan lupa untuk memperhatikan waktu pengiriman supaya tidak melewati batas rekrutmen yang sudah ditetapkan

Anggaplah kamu lolos di tahap verifikasi administrasi, kemudian kamu mengikuti tes selanjutnya yaitu interview atau wawancara. Maka ikuti beberapa tips yang sudah kosngosan berikan mengenai daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh HRD ketika interview berlangsung di sini.

Langkah 3

Tips terakhir, jangan berpuas diri dengan hanya melamar kerja 1 atau 2 lembaga saja, sembari menunggu pengumuman kamu juga bisa melamar pekerjaan di instansi lain dengan posisi yang berbeda. Ada hal ini untuk memperbesar peluang mau diterima bekerja secepatnya

Apabila kamu harus menunggu, maka ada waktu ideal yang harus kamu ketahui, dalam mengetahui kamu sebenarnya ditolak atau tidak.

Karena kebanyakan bank tidak mengumumkan penolakan, hanya memberikan kabar kamu diterima. Oleh karena itu, baca postingan kosngosan mengenai waktu ideal paling lama menunggu pengumuman kerja

Contoh surat lamaran bank


Selain menerapkan beberapa tips di atas kamu juga harus membuat surat lamaran yang baik sehingga nanti pihak HRD bank lebih tertarik dengan pembanding dengan dokumen yang lain. Karena surat lamaran yang berkualitas juga dapat mempengaruhi proses seleksi administrasi

Pekanbaru, 02 Desember 2020

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada :
Yth. Pimpinan PT. Bank Mandiri, Tbk. (Persero)
Kantor Cabang Pekanbaru
Jl. HR. Soebrantas No. 26, Tampan
Kota Pekanbaru 28293

Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:
Nama : Syarah Pitaloka, S.E.
Tempat, Tanggal Lahir : Pekanbaru, 24 Agustus 1994
Jenis Kelamin : Perempuan
Pendidikan Terakhir : Sarjana Ekonomi Universitas Riau Program
Studi Manajemen
Telepon : 0852230660xx

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak/ Ibu, dengan harapan agar saya dapat diterima menjadi Teller Bank di lingkungan PT. Bank Mandiri, Tbk (Persero).

Dengan bekal pengalaman serta kemampuan yang saya miliki diantaranya mampu mengoperasikan komputer terutama MS. Office (Word, Excel, Power Point, dll) serta kemapuan bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan. Saya dapat berkomunikasi dengan baik, teliti, jujur, dan dapat bekerja baik secara individual maupun tim.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan berberapa syarat yang diperlukan:

1. Fotokopi Ijazah Pendidikan Terakhir (terlegalisir)
2. Fotokopi Transkrip Nilai (terlegalisir)
3. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian/ SKCK (terlegalisir)
4. Daftar Riwayat Hidup
5. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
6. Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 sebanyak 1 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat berdasarkan informasi yang sebenarnya. Apabila dikemudian hari terdapat perbedaan, maka saya sepenuhnya siap bertanggung jawab. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Suci Bella Lestari, S.Sos

Baca juga : Cara Melamar Pekerjaan Lewat Job Fair (Bursa Kerja)

Kesimpulan


Sebagai seorang fresh graduate tentunya pengalaman kamu bisa tergolong masih minim Oleh karena itu Perbanyaklah belajar dan mengikuti seminar atau pelatihan untuk menambah skill dan keahlian mu. Selain itu tidak ada salahnya juga untuk mengikuti magang atau menjadi sukarelawan di berbagai lembaga Amal

Terima kasih sudah berkunjung di blog kosngosan, Jangan lupa untuk subcsribe channel kosngosan di youtube, bookmart halaman utama kosngosan dan share artikel ini di media sosial kalian.
By

0 Response to "Cara Melamar Kerja di Bank Menjadi Teller untuk Lulusan Fresh Graduate"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel