Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Contoh Motivasi Ikut Organisasi Sekolah bagi Pelajar

Apa alasan kamu masuk organisasi di sekolah? tentu saja ada motivasi tertentu untuk mau terlibat aktif di salah satu kegiatan ekstrakulikuler tersebut, bukan? Misalkan saja kamu masuk jadi anggota OSIS atau Pramuka, maka kamu bisa menambah pengalaman dan manajemen organisasi mu

Mengikuti kepanitiaan suatu event atau menjadi pengurus di salah satu organisasi ekstrakulikuler bisa menjadi pilihan buat kamu yang ingin mencari budaya organisasi baru di luar kegiatan belajar di dalam kelas.

Manfaat organisasi bagi siswa sangat banyak untuk mendukung karir mu kedepannya. Karena akan meningkatkan softskill dan pengalaman organisasi yang akan bermanfaat buat kamu ketika bekerja nanti

Saat kamu kuliah, kamu bisa meneruskan kegiatan organisasi yang undangan masuk di Himpunan Mahasiswa, BEM, organisasi Rohis atau organisasi positif lainnya. Bahkan apabila berhasil sobat kósngosan bisa menjadi Presiden Mahasiswa (Ketua BEM Universitas).

Mengapa organisasi sangat penting bagi perkembangan karir mu? Nantinya kamu akan memiliki kemampuan manajemen organisasi dan public speaking yang bagus, tentu saja ini menjadi modal utama untuk melamar kerja nantinya.

Selain itu pergaulan yang luas karena memiliki teman-teman di organisasi bisa mempermudah kamu untuk mendapatkan informasi lowongan kerja setelah wisuda kelak

Beberapa ciri khas organisasi nirlaba di sekolah diantara lain sebagai berikut :

  • Terdiri dari sekelompok orang
  • Memiliki Tujuan bersama
  • Adanya Pembagian tugas dan tanggung jawab
  • Tidak fokus pada profit atau mencari uang

Salah satu unsur iklan berupa orang atau organisasi yang memberi dana untuk pemasangan iklan disebut sebagai Sumber  atau advertiser (pengiklan). Walaupun sebenarnya kamu tidak bisa mengambil keuntungan secara komersial dari aktif di organisasi sekolah 

Namun ada banyak keuntungan yang pastinya akan bermanfaat untuk pengembangan dirimu kedepannya. Beberapa organisasi atau kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah yang bisa menjadi referensi seperti :

  1. Organisasi Intra Sekolah (OSIS)
  2. Praja Muda Karana (Pramuka)
  3. Palang Merah Remaja (PMR)
  4. Koperasi Sekolah
  5. Patroli Keamanan Sekolah (PKS)
  6. Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)
  7. Pecinta Alam
  8. KIR (Karya Ilmiah Remaja)
  9. Dll

Baca juga : Kata Kata Motivasi Organisasi


Keuntungan Masuk Organisasi Sekolah

pengalaman organisasi di cv

Baiklah langsung saja mimin akan membahas mengenai beberapa keuntungan dan sisi positif yang bisa sobat kosngosan ambil ketika kamu masuk ke dalam organisasi dan terlibat aktif di dalamnya.

Melatih jiwa kepemimpinan


Organisasi adalah media yang tepat untuk memupuk jiwa kepemimpinan sejak dini. Jika kamu dipercaya untuk memegang tanggung jawab terhadap divisi keagamaan misalnya

Kamu akan melatih dirimu untuk memimpin dan memanajemen anggotamu untuk turut aktif di bidang keagamaan. 

Di sinilah kamu bisa belajar Bagaimana cara memimpin yang baik dan benar belum nantinya sobat kośngosan bekerja dan mendapatkan tanggung jawab penuh terhadap projek

Mengembangkan kemampuan public speaking


Semua orang juga sepakat bahwa apabila aktif berorganisasi maka kemampuan untuk berbicara di depan umum semakin sering terasah. 

Karena ada banyak sekali interaksi antara anggota, dan organisasi sering mengadakan event. Apabila kamu aktif menjadi panitianya, maka lambat laun kamu akan terbiasa dengan kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking

Melatih Kerjasama tim


Kamu tidak mungkin menjadi seorang individualis atau egois ketika menjadi anggota suatu organisasi di sekolah. 

Manfaat positif lainnya yang dapat kamu ambil adalah kamu bisa bekerjasama dengan beberapa anggota untuk melakukan sesuatu kegiatan. 

Kerjasama tim akan sangat dibutuhkan, hal ini sesuai dengan keahlian yang diharapkan perusahaan nantinya ketika sobat kosngośan melamar kerja

Meningkatkan daya pikir Kritis


Tidak mungkin seseorang yang sudah dipercaya untuk memegang satu kegiatan dalam organisasi, untuk tidak memikirkan detail kegiatan yang akan dilakukan. 

Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan daya pikir analisismu sehingga menjadi lebih baik. Kamus sudah mempersiapkan diri dalam mengerjakan suatu Project ketika berada di organisasi sekolah

Menambah pengetahuan dan wawasan


Kamu tidak hanya mendapatkan pengetahuan dari proses belajar mengajar di kelas. Tetapi kamu juga bisa mendapatkan wawasan ketika aktif dalam organisasi. 

Apabila kegiatan belajar dikelas bersifat teori, maka sobat kosngosan bisa mendapatkan pengalaman dalam organisasi dalam bentuk praktek atau kerja nyata

Bisa Manajemen waktu


Kemampuan me-manajemen waktu adalah suatu keahlian yang harus dimiliki oleh setiap orang untuk meraih kesuksesan di masa depan. 

Dan ketika kamu aktif dalam kegiatan di organisasi maka kamu bisa belajar bagaimana cara mengatur waktu yang tepat, supaya kamu bisa belajar dan berorganisasi sesuai dengan porsinya masing masing.

Kemampuan bersosialisasi


Ketika kamu menganggap dirimu adalah seorang introvert yang sangat susah untuk bergaul, maka mimin sarankan untuk masuklah kedalam organisasi sekolah. 

Di sana sobat kosngosan akan mendapatkan teman baru dengan berbagai karakteristik yang berbeda. Ini akan memudahkan kamu untuk bersosialisasi dan bergaul dengan orang-orang baru sehingga akan mengubah persepsi mu terhadap cara bergaul. Baca juga tips bergaul ala introvert disini.

Meningkatkan bakat dan kemampuan


Tentu saja apabila kamu memiliki suatu bakat atau keahlian sobat kosńgosan bisa mengalirkannya di dalam organisasi. Oleh karena itu penting untuk memilih organisasi yang sesuai dengan passion mu. 

Di beberapa kesempatan kamu bisa menyumbangkan keahlian mu untuk suatu kegiatan atau acara organisasi. Selain itu kamu juga bisa belajar hal-hal baru sehingga akan menambah keahlian di bidang yang lain

Memperluas relasi dan pertemanan


Semuanya pasti akan setuju apabila dikatakan berorganisasi akan menambah teman dan memperluas relasi. Fakta ini tidak bisa dipungkiri.

Bahkan apabila kamu hanya seorang anggota yang terlihat pasif, sobat kosngosan tetap akan mendapatkan lingkungan baru yang akan mengenalkan mu kepada orang-orang yang baru kamu kenal. 

Manfaatkan ini sebagai salah satu momen untuk memperluas relasi, karena relasi dan pertemanan merupakan aset berharga yang yang biasa kamu manfaatkan di kemudian hari

Meningkatkan kedisiplinan


Ketika kamu terlibat di organisasi sekolah maka secara tidak langsung sobat kosngosan sudah belajar disiplin dan mengatur waktu. 

Seperti misalnya Pramuka yang mengajarkan nilai cinta alam dan tepat waktu dalam menjalani tugas. Kedisiplinan erat kaitanya dengan kemampuan dirimu untuk manajemen waktu, serta mematuhi aturan yang sudah ditetapkan oleh sekolah

Mencoba pengalaman baru


Saat kamu hanya fokus belajar di sekolah dan tidak terlibat aktif dalam suatu organisasi, maka pengalamanmu hanya itu-itu saja dan tidak menemukan sesuatu yang baru dalam kehidupan SMA/SMP mu. 

Dengan mengikuti organisasi maka kamu akan mendapatkan segudang pengalaman baru yang siap mengisi hari harimu menjadi lebih berwarna.

Belajar mencintai organisasi


Menjadi anggota OSIS sekolah misalnya, berarti kamu harus mencintai organisasi tersebut dan siap untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan untuk mengembangkan organisasi tersebut menjadi lebih baik. 

Dengan demikian sobat kosngosan bisa belajar membuang sifat egoisme dan mengedepankan kepentingan bersama sesama anggota.

Baca juga : Cara Mencari Pengalaman Kerja buat Fresh Graduate


Kesimpulan


Organisasi dan kegiatan ekstrakurikuler di luar aktifitas belajar di kelas adalah salah satu pilihan yang bisa kamu ambil untuk menambah pengalaman dan keahlian dalam hal manajemen dan kedisiplinan. 

Oleh karena itu sebaiknya kamu memilih satu atau beberapa organisasi yang menjadi passion mu, supaya aktif didalamnya menjadi suatu kesenangan tersendiri, bukan paksaan

Semoga pembahasan kita kali ini bisa bermanfaat untuk teman-teman kosngosan sekalian. Jangan lupa bookmart blog ini, tekan tombol share di bawah untuk membagikannya ke linimasa media sosial teman-teman, terimakasih.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya