Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Tata Cara Jual Beli Online Selama Transaksi

Kegiatan jual beli online memang menjadi hal yang lumrah saat ini. Namun tahukah kamu apa saja tata cara jual-beli online yang disarankan, supaya tidak terjadi kerugian antara kedua belah pihak? Kalau ada yang bertanya, Sebutkan Tata Cara Jual Beli Online selama transaksi, maka kali ini kosngosan akan mencoba membahasnya untuk kalian secara detail.

Jual beli online merupakan salah satu cara belanja yang menawarkan kemudahan dan lebih efisien dalam penggunaannya. Selain lebih mudah dan simple, serta harga yang lebih murah dibandingkan dengan toko konvensional yang secara langsung,

Hal ini lah yang membuat banyak orang (termasuk mimin pribadi) lebih suka dan dalam perkembangannya lebih menggemari jenis transaksi secara online ini. Selain tidak perlu lagi ke pasar, jenis pembayarannya juga beragam.

Bahkan kamu bisa melakukan kredit dengan fitur paylater yang fungsinya sama dengan kartu kredit. Penasaran bagaimana caranya? mari kita bahas satu per satu dibawah ini!


Tata cara Menjual Barang Secara Online

Untuk sobat kosngosan yang mungkin masih pemula dan bingung bagaimana sih tata cara jual beli online itu? Nah berikut penjelasannya dibawah ini, Yang pertama, kita akan membahas tentang tata cara menjual barang secara online dahulu, berikut prosedurnya :

Baca juga : Cara Gadai HP di Pegadaian Terdekat


1. Tetapkan Produk Dengan Strategi Pemasaran Yang Tepat

Pertama – tama, sebagai calon penjual barang, kamu harus memilih dan menetapkan produk apa yang akan kamu jual nantinya. Pastikan juga produk kamu memiliki kualitas yang baik, utamanya jika produk tersebut merupakan hasil produksi sendiri.

Kemudian setelah jenis produk telah diputuskan, kamu juga harus menentukan strategi marketing yang tepat dan kemana tujuan segmen penjualan produk kamu nantinya. Carilah lingkup pasar yang seluas mungkin agar produk kamu lebih mudah dikenal.


2. Kenali Kebutuhan Pasar

Nah setelah menemukan target pemasaran produkmu, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengenali apa saja jenis kebutuhan pasar. Kamu bisa melakukan riset dengan terjun langsung ke lingkungan pasar dan coba cari tahu, apa saja sih barang yang masih belum terpenuhi. Selain dengan riset, kamu juga bisa melakukan hal ini dengan cara bertanya langsung kepada konsumen.


3. Membuat Portal Toko Online

Jika sobat kosngosan masih pemula, buatlah sarana penjualan yang bersifat sederhana, mudah dan gratisan. Contohnya seperti pembuatan blog yang berbasis blogspot atau wordpress seperti yang beredar luas di internet. Jangan lupa juga untuk menyertakan deskripsi produk dengan lengkap, biodata penjual serta nomor hp yang dapat dihubungi oleh calon pembeli nantinya.


4. Promosikan Toko Online

Untuk point ini sebenarnya caranya cukup mudah. Kamu bisa mempromosikan nya dengan menawarkan pada akun sosial media yang kamu miliki. Bisa berupa Facebook, Instagram, Twitter, Whatsapp dan portal web lain sehingga dapat menarik minat pembeli atas produk yang kamu jual.


5. Pelayanan Yang Maksimal

Terakhir, jika kamu sudah berhasil mendapatkan calon pembeli maka berikanlah pelayanan yang terbaik sebisa mungkin. Layanilah dan beri penjelasan yang jelas, tidak berbelit – belit, serta cara bertransaksi yang mudah dan aman supaya dapat meninggalkan kesan yang baik di hati para pelanggan kamu nantinya.


Tata Cara Membeli atau Belanja Online

tata cara jual beli online selama transaksi

Nah, bagi sobat kosngosan yang berperan sebagai pembeli dalam suatu transaksi online, ada beberapa hal sekaligus tata cara yang penting untuk kamu perhatikan. Berikut penjelasannya :


1. Gunakan Situs Belanja Online Yang Terpercaya

Dari seluruh prosedur yang ada, point ini juga termasuk sangat penting lho! Pilihlah situs ecommerce terbaik yang memang sudah terpercaya, memiliki banyak pengguna dengan testimoni yang memuaskan, dan mempunyai keamanan yang terjamin. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses transaksi antara penjual dan pembeli sehingga dapat berjalan dengan aman dan nyaman.


2. Pilihlah Jenis Seller Dengan Reputasi Terbaik

Dalam beberapa situs – situs transaksi online yang besar sekalipun, umumnya menerapkan sistem marketplace. Hal ini bukan tidak mungkin jika tetap saja ada oknum penjual yang tidak professional sehingga dapat menyulitkan dan merugikan pembeli nantinya. Untuk itu, pastikan seller yang kamu pilih memiliki reputasi yang bagus. Hal ini dapat dilihat dari jumlah rating atau bintang yang biasanya tertera pada toko tersebut.


3. Temukan Barang Yang Kamu Inginkan

Setelah menemukan jenis toko dan seller terbaik pilihanmu, maka sobat kósngosan bisa memulai berbelanja sesuka hati. Pilihlah barang yang ingin kamu beli, umumnya dalam beberapa situs belanja online, produk yang diambil otomatis akan dimasukkan ke dalam keranjang terlebih dahulu. Baru kemudian setelah yakin, pembeli akan melakukan proses checkout untuk proses selanjutnya.


4. Hubungi Penjual Untuk Proses Konfirmasi

Setelah selesai menentukan jenis barang yang akan dibeli, maka hubungilah penjual. Kamu bisa bertanya lebih dahulu mengenai barang tersebut, bisa berupa masih adakah ketersediaan produk, warna, ukuran, atau pertanyaan – pertanyaan umum lainnya.


5. Pembeli Mengirim Atau Mentransfer Uang Sebagai Proses Pembayaran Kepada Penjual

Dalam hal ini, pembeli akan membayarkan sejumlah uang sesuai dengan harga barang yang akan ia beli. Harga tersebut bisa berupa harga asli produk, atau bisa juga ditambah dengan ongkos kirim dari pihak penjual tergantung kebijakan dari toko masing – masing.

Metode pembayaran juga bisa bermacam – macam jenisnya. Bisa lewat rekening bank atau transfer, pulsa, Dana, Ovo, atau metode lain yang telah disediakan penjual. Jangan lupa juga untuk menyimpan bukti pembayaran dan laporkan pada pihak penjual bahwa kamu telah melakukan proses pengiriman uang.


6. Tunggu Pihak Penjual Mengirimkan Barang

Setelah proses pembayaran dilakukan, maka pihak penjual umumnya akan langsung memproses barang pesanan mulai dari packing hingga pengiriman. Proses pengiriman sendiri bisa dilakukan langsung oleh penjual ataupun melalui berbagai macam ekspedisi tertentu.

Bila menggunakan jasa ekspedisi, biasanya barang akan diantar ke rumah oleh kurir. Setelah itu, penjual juga akan mengonfirmasi bahwa barang telah berhasil dikirim.


7. Konfirmasilah Barang Yang Telah Diterima dan Cek Kelengkapannya

Jika barang telah benar – benar sampai di tangan sobat kosngósan, maka untuk selanjutnya cek lah isi dan kelengkapan produk tersebut. Apakah produknya sesuai pesanan, kualitas nya bagus, dan adakah kerusakan?

Jika memang ada, hubungi lah penjual supaya mereka dapat memproses keluhanmu. Jangan lupa juga untuk memberikan penilaian terhadap pelayanan yang mereka berikan.

Oh iya untuk tambahan, jika metode pembayaran yang kamu pilih adalah sistem COD (Cash On Delivery) maka langkah 5 s/d 7 tidak perlu dilakukan. Artinya, kamu hanya akan membayar di akhir proses bersamaan dengan datangnya barang.

Biasanya pihak penjual akan mengadakan rencana untuk bertemu di suatu tempat, sehingga nantinya pengecekan sekaligus pembayaran barang dapat dilakukan secara langsung oleh pihak pembeli.


8. Jadilah Pembeli Yang Cerdas

Semakin berkembangnya teknologi, segala kegiatan tentunya terus mengalami peningkatan dan kemudahan. Hal ini tentunya juga menuntut tiap masyarakat agar mampu memilah dan menyikapi mana informasi yang baik dan benar. Dalam transaksi online, usahakan menjadi pembeli yang bijak dan cerdas.

Kumpulkan informasi tentang toko dengan sebaik mungkin. Pilihlah tempat yang menawarkan harga dan kualitas barang yang baik. Jika sobat kosngosan menemukan suatu tindak hal yang mencurigakan, ada baiknya dihindari saja. Berbelanja online mungkin merupakan kegiatan transaksi yang lebih efektif dan mudah, namun juga harus disertai dengan ketelitian dalam melakukannya.


9. Tetap Waspadai Penipuan

Kamu juga harus tetap berhati – hati dalam memilih toko yang akan kamu jadikan tujuan pembelian. Bukan tidak mungkin, zaman sekarang pun sudah banyak oknum – oknum tidak bertanggung jawab yang meminta informasi rekening dengan alasan yang beraneka ragam. Hal ini tentunya rawan berhubungan dengan penipuan.

Jangan mudah tergiur dengan promo menarik yang ditawarkan apalagi sampai tidak masuk akal. Jika memang tidak meyakinkan, lebih baik cari toko lain yang lebih mampu menjamin keamanan belanjamu.

Baca juga : Contoh Deskripsi Jual Beli Online yang Menarik


Kata Penutup

Saat ini kegiatan transaksi jual beli secara online memang menjadi salah satu gaya hidup yang tidak terpisahkan oleh masyarakat modern. Kemudahan yang kita peroleh untuk bertransaksi secara online, merupakan salah satu kelebihan dari e commerce atau toko online.

Demikian beberapa materi mengenai tata cara pembelian dan penjualan secara online, semoga bermanfaat dan bisa jadikan sebagai referensi buat teman-teman kosngosan.com sekalian. Jangan lupa untuk share artikel ini ke sosial media kalian dan bagikan ke teman-temanmu yang lain

Oleh rezaharahap