2 Cara sederhana mengamankan akun Google dan Blogger dari pencurian

2 Cara sederhana mengamankan akun Google dan Blogger dari pencurian

mengamankan akun blogspot

Kali ini kosngosan akan membahas mengenai Cara Mengamankan Akun Blogspot dari Pencurian. Karena kita sebagai blogger tidak tahu kapan musibah akan datang, maka lebih baik untuk mempersiapkan diri. Ada pepatah mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati,

Begitu pula seorang blogger, mencegah dan mengamankan akun blogspot yang kita miliki lebih baik daripada mengalami pencurian tanpa persiapan yang ada. Berikut akan dibahas beberapa langkah preventif untuk mencegah hal tersebut.

Bagi seorang blogger, website atau blog miliknya adalah suatu pabrik penghasil uang yang harus dijaga keamanannya. Ibarat memiliki satu unit pabrik, pengusaha pasti akan menjaga keamanan pabrik miliknya dengan memperkerjakan security yang mengawasi pabrik 24 jam non stop. Bedanya, kita para blogger tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mengamankan akun blogspot milik kita.

Baca juga : Layanan Domain dan Hosting Murah Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Karena memang pada dasarnya blogspot adalah milik Google, dan siapa juga yang meragukan sistem keamanan Google. Meskipun sudah melakukan verifikasi email kontak, akan tetapi secanggih apapun sistem keamanan itu, bila yang melakukan kesalahan adalah kita, maka sudah pasti ada celah untuk para pencuri dalam melakukan aksinya.

Solusi Keamanan Akun Blogspot dari Pencurian


Istilah Blog sendiri pertama kali diperkenalkan pada halaman What’s New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen di tahun 1993. Pitas (salah satu perusahaan penyedia blog premum terbesar saat itu) merilis Blogger.com pada Juli 1999. Kemudian pada Februari 2003, akhirnya Pyra Labs dibeli oleh Raksasa Google yang menjadikan fitur premium ini menjadi gratis dan bebas kita gunakan sampai saat ini.

Akun blogspot memang terintegrasi dengan akun google lainnya. Blogspot merupaan salah satu produk google yang bisa dijadikan sebagai mata pencarian, sama seperti youtube yang sekarang lebih terkenal.

Baiklah, potensi masalah yang mungkin jarang terlintas dipikiran para blogger adalah mengenai pencurian. Yang mimin maksud pencurian disini bukan merupakan pencurian konten, plagiat, copy paste artikel atau AGC (Auto Generate Content). Akan tetapi pencurian dalam bentuk fisik. Memang bisa ? Tentu saja bisa.

Bayangkan, bila kamu menulis di blog menggunakan laptop atau smartphone, ada potensi musibah yang akan kamu hadapi nantinya. Yups betul sekali, kehilangan atau kecurian perangkat hardware tersebut. Jika sudah begitu, bagaimana nasib akun google kita didalam nya?

Kita tentu lebih menyukai menyimpan password google kita di browser bukan? Supaya lebih mudah login tanpa repot mengisi email dan password. Dan ini adalah suatu kecelakaan terbesar yang kita hadapi.

Beruntung bila pencuri itu tidak tahu menahu mengenai akun google (blogspot) kita. Tetapi bagaimana bila mereka tahu dan malah mengambil alih mesin pencetak uang kita tersebut?

Blog yang selama ini kita kembangkan bertahun tahun dan memberikan penghasilan per bulannya kini harus raib ditangan pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, kita harus melakukan beberapa langkah preventif seperti dibawah ini :

1. Setting Pengaturan Keamanan Login 2 Langkah di Akun Google

verifikasi 2 langkah

Banyak para blogger tidak tahu mengenai pentingnya pengaturan login 2 langkah ini. Singkatnya, verifikasi 2 langkah ini merupakan sejeni bentuk proteksi tambahan, yang mengharuskan kita untuk memasukkan kode enam digit setelah kita login ke akun online seperti Gmail, Youtube, Blogspot, Google Schoolar dan sebagainya.

Jadi nantinya pola nya akan seperti ini :
Login + Username dan Sandi + Kode verifikasi 6 digit yang dikirim ke HP
Bila kamu belum men-setting akun google mu, segera lakukan secepatnya untuk meminimalisir bahaya pencurian yang akan merugikan kita.

2. Tambahkan 2 atau 3 Izin Administrator ke dalam akun Blogspot Kita

Cara ini mimin lakukan sendiri setelah menyadari bahwa langkah pertama belumlah sepenuhnya aman. Karena para pencuri profesional pasti akan mulai mencoba untuk mem-phishing kode verifikasi dengan cara yang sama.

Bagaimana sistem kerjanya? Kamu harus punya 2 akun gmail berbeda dengan kepemilikan atau otoritas penuh. Setelah itu masukaan keduanya pada akun blogspot milik kita dengan level administrator.

Ada dua jenis level akses ke blogspot, yaitu penulis dan administrator. Bedanya adalah :
  • Penulis : Hanya bisa menulis post baru, tidak bisa mengedit post yang bukan buatannya, tidak memiliki akses edit blog, tidak memiliki akses menghapus akun dan tidak memiliki full akses
  • Administrator : Memiliki izin akses full.

akun blogspot

Nah, buat dua emailmu tersebut memiliki akses penuh dengan status administrator. Dengan demikian, kamu akan memiliki dua Email yang bisa mengakses akun blogspot milikmu. Kenapa hal ini begitu penting? Logikanya seperti ini :

Bila laptop atau smartphone mu dicuri, pada saat itu email google pertama yang terintegrasi dengan blogspot tersimpan didalam browser milikmu. Maka kamu bisa segera login ke akun akun blogspot milikmu menggunakan gmail kedua, lalu kemudian menghapus kepemilikan admistrator email pertama yang ada di akun blogspot milik mu tersebut.

Sebenarnya kamu juga bisa langsung login ke akun gmail pertama mu menggunakan smartphone (bila laptop-mu yang kecurian), kemudian sesegera mungkin mengganti password, nomor handphone dan email pemulihan.

Baca juga : Cara Membuat Email Kampus Ac.id Secara Gratis

Dengan melakukan kedua langkah diatas, maka diharapkan pencuri tersebut tidak akan memiliki akses lagi menuju akun blogspot milikmu.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mencegah Akun Blogspot dari Pencurian. Semoga kamu yang seorang blogger bisa mengantisipasi dengan menerapkan langkah diatas secepat mungkin. Kita tidak tahu kejahatan apa yang sedang mengintai kita.

Oleh karena itu mencega lebih baik daripada terlanjur kecurian. Toh kita tidak dirugikan sama sekali dengan langkah diatas. Bila kamu ada solusi lain, silahkan lontarkan melalui kotak komentar dibwah ini. Mimin akan dengan senang hari memasukkannya ke postingan ini. Terimakasih telah berkunjung.
Buka Komentar