11 Cara Menjadi YouTuber Pemula yang Sukses di tahun 2019

Bagi anak muda milenial, menjadi youtuber dengan jumlah subscriber jutaan dan penghasilan ratusan juta perbulan merupakan salah satu impian. Sebagai content creator yang menghasilkan video, youtuber menjadi profesi baru yang menjanjikan kesejahteraan bagi para generasi saat ini. Tapi benarkah demikian?

Pertanyaan mendasar untuk para pemula adalah bagaimana tips supaya menjadi youtuber profesional di tahun ini? Bukanlah youtube sama saja pada tahun tahun sebelumnya? Salah satu yang membedakan youtuber zaman sekarang dibanding zaman dulu adalah dengan kualitas konten yang semakin ketat

Artinya menjadi youtuber pada saat sekarang harus lebih ekstra lagi usahanya menghasilkan konten video yang berkualitas dan dicari banyak orang. Lalu apa langkah yang bisa kamu ambil supaya sukses dalam bidang media sosial platform video ini?

Terima kasih buat kalian yang sudah mampir di blog kosngosan ini. Berbicara mengenai youtuber, sebenarnya sudah ada dipikiran mimin ingin menjadi seorang youtuber sejak beberapa tahun yang lalu, namun hingga saat ini masih belum turun gunung juga, karena harus fokus mengurus blog terlebih dahulu.

Baca juga : Tips Jitu Membuat Vlog YouTube yang Menarik dan Populer

Hal lain yang sering melanda pemilik channel youtube adalah bingung mau mengisi konten. Benar tidak? menjadi seorang youtuber memang tidak mudah dan tidak juga sulit jika ada kemauan. Dan dengan modal kepercayaan diri itu lah yang membawa mimin bisa memulai menulis postingan ini.

Sebenarnya sebelum memutuskan membuat konten hari ini, kamu harus sudah merasakan luar biasa membahagiakan ketika kamu melihat banyak konten yang bermanfaat untuk dibagikan di youtube. Bayangkan kamu bisa menjadi salah satu content creator yang bisa memberikan manfaat kepada orang lain.

Tips Menjadi YouTuber Terkenal


cara youtuber

Salah satu kendala menjadi seorang youtuber harus memiliki banyak pengetahuan. Kemudian diikuti oleh kemauan yang tinggi, kepercayaan diri dan didukung dengan peralatan yang harus memadai tentunya.

Selain itu hal yang paling penting untuk menjadi seorang youtuber pemula adalah memulai dengan niat. Ya, niat yang harus kuat didalam hati. Apabila niatnya sudah ada selanjutnya harus konsisten menghasilkan konten secara berkala untuk dibagikan.

Hal lain yang mesti kamu lakukan sejak awal membangun channel adalah sebagai berikut :

#1. Persiapan peralatan teknis dan pendukung lainnya


peralatan youtuber

Sebelum memutuskan untuk menjadi youtuber profesional, kamu harus memulainya dengan sedikit modal untuk merekam videomu. Perlengkapan minimal yang harus kamu punya adalah smartphone dengan resolusi kamera yang mumpuni dan laptop atau komputer.

Mimin kira semua orang di zaman ini pasti sudah punya keduanya bukan? Jangan pikirkan dulu mengenai kamera, microphone, drone, penyaring suara dan sebagainya ya, nanti dulu. Fokus dulu membangun channel mu dari awal, nanti setelah kamu sudah mulai mendapatkan monetize adsense dari channel youtube mu, baru deh kamu beli.

Baca juga : Kumpulan Kata Kata YouTube Bijak yang Memotivasi

Sedikit tips dari mimin, apabila kamu mau vlog kamu terlihat profesional? Pakai Tripod saja, maka dijamin Vlog mulus minim guncangan. Jangan lupa pakai headset untuk memfokuskan suaramu, dan juga pilih perangkat laptop yang sesuai dengan kebutuhanmu.

#2. Fokus pada satu atau beberapa niche dahulu


Niche YouTube merupaan istilah lain untuk mengartikan topik atau pembahasan pada suatu channel YouTube. Apa yang dimaksud dengan niche YouTube adalah konten video khusus yang mengenai topik tertentu atau topik spesifik atau membahas satu topik saja. Untuk pemula, mimin sarankan untuk fokus pada satu atau beberapa niche, jangan gado gado.

Seperti misalnya jika kamu fokus pada konten musik, maka berarti channel kamu bisa dibilang channel musik, saat kamu fokus pada konten tutorial maka, bisa dibilang channel kamu adalah channel tutorial dan ketika kamu sering membuat konten game, bisa jadi channel kamu channel youtube gaming, dan sebagainya.

#3. Belajar editing dan teknik public speaking


editing video

Sebagai youtuber kamu pasti akan sering menemui perkara editing dan public speaking (kecuali konten video mu hanya menampilkan gambar, teks atau suara robot). Maka seorang youtuber harus menguasai paling tidak atau setidaknya satu software editing video

Hal ini agar kamu bisa untuk mengolah hasil rekaman videonya. Berbicara tentang alat yang digunakan untuk editing tidak selalu dengan menggunakan komputer, terlebih jika seorang youtuber seperti mu masih dikatakan pemula.

Untuk public speaking, kamu bisa belajar pada postingan kosngosan sebelumnya mengenai cara berbicara didepan umum. Ikuti tips tips yang mimin sampaikan pada postingan tersebut. Ciptakan gaya bicara atau aksen yang khas, yang membuat orang tertarik dan ingin kembali lagi menonton video youtube mu.

#4. Belajar SEO YouTube


seo youtube

Sudah capek capek membuat konten video yang berkualitas, namun video mu gagal nangkring di halaman pertama pencarian serta tidak direkomendasikan oleh Youtube? Nyesek gak tuh? Maka dari itu sebagai youtuber, kamu juga perlu mempelajari yang namanya SEO youtube, dengan segala langkah optimasi teknisnya.

Kamu bisa baca postingan kosngosan mengenai cara membuat video youtube nangkring di halaman pertama pencarian disini. Mulai dari kamu harus riset kata kunci, memakai judul berdasarkan kata kunci dari langkah pertama.

Selain itu kamu juga harus mulai menulis deskripsi menarik yang mengadung keyword, memakai TAG yang relevan, mengucapkan keyword dalam video, membuat subtittle video, hingga Share di berbagai media dan sebisa mungkin untuk menghindari spam.

#5. Berikan ciri khas pada konten-mu


Sebagai content creator youtube yang ingin dikenal lama oleh subscriber mu, maka kamu wajib memberikan bumbu kekhasan terhadap setiap video yang kamu publish. Bagaimana contohnya? Seperti misalnya kamu selalu mengucapkan "yoyoyo whatsapp yo" pada pembukaan videomu, menyelipkan meme pada bagian scene lucu, membuat salam khas cempreng seperti Ria Ricis dan sebagainya.

Nantinya dengan membuat ciri khas tersebut, akan bisa menaikkan brand mu dan mudah untuk dikenal orang. Channel yang memiliki keunikan dan banyak dicari orang konten kontennya, adalah channel yang mampu bertahan dari badai banned dan kekalahan persaingan di dunia per-youtube-an.

#6. Menjalin hubungan dengan youtuber lain


hubungan youtuber

Tidak ada manusia yang bisa hidup individualis. Ibarat kata, manusia selalu membutuhkan manusia lain, tidak perduli seegois apa kamu. Begitu juga dengan youtuber, dia membutuhkan yang namanya relasi sesama youtuber supaya bisa berbagi pengalaman, sharing dan berdiskusi mengenai konten konten dan sebagainya.

Selain itu kamu bisa kolaborasi, menghasilkan konten gabungan yang nantinya akan bisa juga mengangkat brand channelmu di subscriber partner mu tersebut. Jadi memiliki banyak teman sesama youtuber adalah keuntungan, aset dan sesuatu yang harus kamu miliki bila tetap ingin bertahan di dunia youtube yang keras ini.

#7. Menjalin hubungan dengan subscriber


Selain youtuber, ada juga yang harus kamu jalin silaturahim-nya, yaitu adalah para subscriber yang membuat mu besar dan aka membutmu lebih besar lagi bila kamu bisa menjalin ikatan emosional yang kuat bersama mereka.

Seperti pada media sosial lain, kamu bisa menjalin komunikasi yang berkualitas dengan menjawab setiap komen yang mereka kirimkan, jawab dengan berkualitas sekaligus bersahabat. Sukai komentar mereka, berikan give away untuk beberapa pencapaian misalnya 100 k subscriber dan hal lain yang bisa membangun ikatan dengan subscriber-mu.

#8. Promosi channel anti mainstream


Berbagai cara bisa kamu lakukan untuk mempromosikan channel dan video youtubemu. Ada banyak manfaat dari mempromosikan ini, salah satunya demi membangun channel, menjadi brand yang akan dikenal oleh banyak orang. Promosi yang baik akan mendapatkan lebih banyak penonton untuk berlangganan dan mendapatkan informasi dari channel mu.

Beberapa tips yang mimin rangkum bisa kamu lakukan adalah mempromosikan video youtube via forum online, promosi melalui situs reddit, lewat kolaborasi dengan youtuber lain, membuat blog untuk channel kamu, kembangkan lebih dalam media sosial, membuat t-shirt channel kamu, membuat iklan di media lokal, berkomentar di video yang relevan dan promosi lewat sosial bookmark

#9. Konsisten menghasilkan content


konsisten youtube

Menjadi youtuber sukses bukanlah sebulan dua bulan langsung siap. Sebagai pemilik channel kamu harus konsisten menghasilkan konten video secara rutin dan berkala, misalnya seminggu 3 kali, setiap hari 1 video atau sebulan 4 kali.

Baca juga : Tips Membuat YouTube Stories Keren dan Kreatif

Buatlah jadwal yang mengatur kapan kamu harus membuat video dan kapan waktu editingnya. Buat outline, perencanaan, draft serta konsep sebelum membuat video.

#10. Membuat playlist video


playlist video

Biasanya para penonton hanya melihat satu video kemudian beralih ke video lain. Dengan kata lain video mu hanya sekali saja ditonton mereka. Ahar mereka bisa betah berlama lama menonton video di channelmu, maka kamu bisa membuat playlist dari berbagai video yang ada di youtube kemudian masukanlah video dalam playlist tersebut.

Nantinya saat penonton menonton playlist itu maka secara otomatis video kamu akan muncul juga didalam deretan video tersebut secara sengaja atau tidak sengaja pasti ada kemungkinan video kamu ditonton. Maka ini juga sebuah peluang untuk mempromosikan video kamu bersama video lainnya yang relevan atau berkaitan.

#11. Bersyukur dan perbanyak doa


Apa yang sudah kamu dapatkan hari ini? Subscriber yang masih 100 biji atau yang sudah ribuan bahkan jutaan? Teruslah berkarya dan jangan lupa untuk merendah. Artinya apa yang sudah kamu dapatkan tidak terlepas dari yang Tuhan berikan kepada mu.

Jangan lupa sebagai youtuber yang beriman, kamu perlu bersyukur dengan kondisi mu saat ini. Masih banyak lo orang diluar sana yang menganggur dan tidak tahu harus berbuat apa. Selain itu perbanyak doa dan sedekah untuk memperlancar rezeki kita.

Baca juga : Rahasia Terhindar dari CopyRight Video dan Musik di YouTube

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Menjadi YouTuber Sukses Mulai Dari Pemula kali ini, semoga kamu bisa segera memiliki subscriber dan viewer jutaan dengan penghasilan yang memuaskan ya. Jangan lupa terus berusaha dan pantang menyerah!
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel