Contoh Soal HOTS UNBK SD, SMP, SMA 2019 dan Ciri Pembelajarannya

Apa itu HOTS? Arti soal High Order Thingking Skill ini tentu bukan "panas" dalam arti bahasa Indonesia. Ada banyak contoh soal hots yang dibuat oleh Kementrian Pendidikan dalam ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun lalu, dan menurut kabarnya untuk tahun ini juga akan lebih ditingkatkan lagi. Kali ini kita akan membahas jenis pembelajaran yang satu ini.

Salah satu karakteristik atau ciri ciri pembelajaran HOTS yang paling menonjol adalah penjabaran soal yang lebih mengutamakan daya analisis pikir ketimbang materi yang dihapal dan penggunaan rumus rumus.

Untuk kamu yang duduk di kelas VI SD, kelas IX SMP dan kelas XII SMA akan ada banyak jenis soal hots pada ujian yang akan kamu hadapi sebentar lagi. Percayalah, dengan belajar dan berlatih maka kamu juga tidak perlu risau dengan soal ini, karena pada dasarnya soal hots memang hanya membutuhkan latihan dan persiapan yang matang.

Baca juga : Tips belajar menghadapi USBN untuk Pelajar

Pemerintah, dalam hal ini adalah pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menaruh harapan besar bagi para peserta didik agar dapat mencapai beberapa kompetensi dengan diterapkannya soal HOTS atau Keterampilan Bepikir Tingkat Tinggi ini. Beberapa kompetensi tersebut diantara lain :

  • Daya pikir kritis (criticial thinking)
  • Kreatif dan inovasi (creative and innovative)
  • Kemampuan berkomunikasi (communication skill)
  • Kemampuan bekerja sama (collaboration)
  • Kepercayaan diri (confidence)

Sehingga dengan adanya soal soal jenis ini para lulusan pendidikan di Indonesia bisa bersaing dan memiliki skill yang kompetitif dalam menghadapi dunia kerja di masa mendatang. Apalagi seperti yang kita ketahui era pasar bebas akan semakin menuntut akan keahlian yang terspesifikasi.

Ciri Pembelajaran Soal HOTS


Apa sih karakteristik dari soal HOTS itu sendiri? Mungkin bagi kamu yang lulus di bawah tahun 2016 tidak akan merasakan jenis soal ini yang begitu menarik daya pikir kita. Namun bagi adik adik yang sebentar lagi akan ujian, jenis soal ini sudah pasti akan dihadapi.

Kendati demikian, sebenarnya tidak ada permasalahan yang berarti bagi adik adik apabila tetap semangat belajar dan berlatih. Soal ini juga nantinya akan memberikan tantangan baru. Beberapa ciri khas dari soal ini antara lain :

  • Soal HOTS mengukur kemampuan menggunakan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
  • HOTS memiliki ciri soal yang mengarahkan kepada hal menerapkan, menggunakan, menentukan, menghitung, dan membuktikan.
  • Tujuan HOTS membuat kamu mampu mengingat, memahami, dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual dan memiliki logika penalaran
  • Soal HOTS berdasarkan situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari atau bersifat kontekstual
  • Soal HOTS mengukur dimensi metakognitif diantara lain kemampuan menghubungkan beberapa konsep berbeda, meng-interpretasikan dan memecahkan masalah (problem solving).
  • HOTS mengajarkan kamu untuk bisa memilih strategi pemecahan masalah, menemukan (discovery) metode baru, berargumen (reasoning), dan mengambil keputusan tepat.

Contoh Soal HOTS UNBK Terbaru


soal hots unbk

Dalam menghadapi soal dengan jenis HOTS, para siswa diharuskan untuk menelaah dan berpikir kritis terhadap pemecahan masalah yang diberikan pada soal. Beberapa contoh soal hots di berbagai mata pelajaran pada tingkat sekolah antara lain :

Contoh soal hots unbk bahasa inggris sma disini
Contoh soal hots unbk bahasa indonesia sma disini
Contoh soal hots unbk biologi sma disini
Contoh soal hots unbk matematika sma disini
Contoh soal hots unbk fisika sma disini
Contoh soal hots unbk kimia sma disini
Contoh soal hots unbk ipa smp disini
Contoh soal hots unbk matematika smp disini
Contoh soal hots unbk bahasa indonesia smp disini
Contoh soal hots unbk bahasa inggris smp disini
Contoh soal hots unbk ipa sd disini
Contoh soal hots unbk matematika sd disini
Contoh soal hots unbk bahasa indonesia sd disini

Kesimpulan


Pada soal hots sebenarnya kamu akan sering merasakan materi yang tidak dipelajari di sekolah tiba tiba dimasukkan dalam ujian. Maka dari itu tugas mu adalah banyak berlatih di internet, karena sekolah memang minim membahas soal soal jenis ini. Salah satu situs aplikasi yang bisa kamu manfaatkan adalah Simulai Soal HOTS dari Puspendik.

Klik saja link nya, tunggu beberapa saat hingga kamu dialihkan ke halaman safelink dan tunggu 5 detik. Klik tombol download dan mulai lah berlatih soal soal hots berbagai jenis pelajaran yang sudah disediakan.

Demikianlah pembahasan mengenai Contoh Soal HOTS UNBK dan Ciri Pembelajarannya. Menurut mimin salah satu faktor keberhasilan kalian dalam ujian adalah berlatih dan terus berlatih soal. Dengan demikian kalian akan terbiasa menghadapi soal hots ini. Jadi, selamat ujian buat adik adik semua!
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel